MEMBUAT AKUN GTK DAPODIK 2019/2020


Dalam sebuah Satuan Pendidikan pada awal semester gasal / genap, beberapa hal yang dilakukan oleh seorang pendidik adalah PPDB, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lain sebagainya. Namun ada satu hal yang paling menarik diantara beberapa hal tersebut, yaitu Info GTK. Melalui media tersebut, seorang operator Dapodik ataupun PTK dapat mengetahui perkembangan data secara real time terkait dengan Tunjangan Profesi Guru (TPG) melalui Info GTK, simak artikel (Info GTK Semester Genap 2019).
Pada dasarnya akun GTK Dapodik sudah dibuat oleh operator Dapodik melalui Aplikasi Dapodikdasmen. Namun, seiring perkembangan database, akun GTK Dapodik tersebut mengalami perubahan secara signifikan hanya untuk satu tujuan yaitu kelengkapan dan integrasi data. Beberapa kasus terjadi di beberapa Satuan Pendidikan misalnya, seluruh PTK menggunakan akun yang sama, hal ini menyebabkan terkuncinya akun GTK tersebut sehingga tidak bisa membuka Info GTK. Solusinya adalah komunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk melakukan edit data. Kasus yang lainnya adalah akun GTK sudah dibuatkan ketika menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 namun tidak bisa membuka Info GTK, maka solusinya adalah cukup update akun tersebut, jangan lupa lakukan sinkronisasi Dapodik.
Atas dasar hal diatas, artikel kali ini membahas langkah-demi langkah membuat akun GTK Dapodik Versi 2020. Berikut rincian lengkapnya :
1.    Login di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 Versi 2020.a Patch 2. Yang belum melakukan menggunakan Versi 2020.a Patch 2, baca artikel ini (Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.a Patch 2).
2.    Pada menu GTK, klik sub-menu Guru, maka akan menampilkan seluruh data Guru seperti gambar berikut :

3.    Sebelum membuat Akun PTK, pastikan email PTK tersebut sudah di isikan pada rincian data PTK yang bersangkutan.
4.    Klik data salah satu Guru yang akan dibuatkan atau di ubah akun GTK-nya kemudian klik tombol Penugasan.

5.    Klik tombol Buat/Ubah Akun PTK, kemudian akan keluar tampilan seperti gambar berikut :

6.    Ketikan Password dan Konfirmasi Password.
7.    Setelah semuanya selesai di isi, klik tombol simpan.
8.    Klik juga tombol Simpan dan Tutup.
9.    Tahapan terakhir adalah lakukan sinkron Dapodik.
10.  Server GTK mengambil data Dapodik terbaru biasanya dalam rentang waktu 1x24 jam. Namun dengan kondisi tertentu, bisa kurang dari itu. Terkadang proses pengambilan data mengikuti antara pukul 09.00, 12.00, 15.00, 18.00, 21.00 dan 24.00. Jadi, Perubahan data di Info GTK bisa dicek pada jam tersebut. Baca juga (Info GTK Semester Genap 2019).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MEMBUAT AKUN GTK DAPODIK 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel