Gagal Sinkron "Internet Lambat" Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1

Kali ini Sinau Thewe akan sedikit membagikan tips cara mengatasi gagal sinkron Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1 dengan keterangan "Internet Lambat", berikut penjelasannya :


Penyebab Internet Lambat Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1


Percepatan pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah pada semester II Tahun Pelajaran 2019 / 2020 mulai diberlakukan setelah keluarnya Surat Edaran Paud, Dikdas dan Dikmen pada tanggal 19 Februari Tahun 2020. Saat-saat inilah operator Dapodik mulai berlomba dalam mempercepat pemutakhiran data. Siapa cepat, maka rasa nyaman dan tentram akan didapatkan lebih awal. hehehe.
Namun tidak disangka-sangka, rasa semangat yang membara harus luluh karena gagal sinkron. Apalagi dengan keterangan "Internet Lambat". 


Hancur hatiku! wkwkwk...
Coba tanya forum komunikasi, jawabannya "saya juga menemukan kasus yang sama". Tambah galau rasanya. Coba buka youtube, ehhhh lancar. Lantas, apa penyebabnya? Kasus seperti ini biasanya ditemukan pada komputer yang menggunakan provider internet Telkom, Speedy, Indihome.


Langkah-Langkah Mengatasi Internet lambat

A. Test koneksi internet

Bandwidth internet terlalu kecil dan tidak stabil menjadi faktor utama gagal sinkron dengan keterangan "Koneksi Internet Lambat". Jika rekan-rekan belum mengetahui berapa besar bandwidth yang digunakan, rekan-rekan bisa melakukan test koneksi internet. Salah satu cara untuk melakukan tes kecepatan koneksi internet adalah dengan menggunakan speedtest.net. atau yang lainnya. Disana kita bisa mengetahui kecepatan download dan kecepatan upload. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka laman speedtest.net
2. Setelah dashboard laman tersebut terbuka, ada satu tombol GO ditengah-tengahnya. Klik tombol tersebut.



3. Tunggu proses Ping selesai.
4. Setelah proses ping selesai, akan keluar hasil test speed nya seperti gambar dibawah ini :



5. Dari gambar diatas, kita bisa melihat informasi kecepatan download sebesar 11.88 Mbps, sedangkan kecepatan Upload sebesar 1.03. Total bandwidth yang penulis gunakan hanya sebesar 20Mbps, jadi lebih dari separuh kecepatan tertinggi. Dengan kecepatan tersebut seharusnya untuk melakukan sinkronisasi dapodik berjalan lancar dan cepat.
6. Setelah memastikan bandwidthnya, cobalah lakukan sinkron Dapodik.


B. Ganti sumber internet

Gagal sinkron bagi pengguna provider internet yang sudah penulis uraikan diatas. Jika bandwidth tinggi namun tetap gagal sinkron. Cobalah ganti sumber internet lainnya misalnya gunakan tethering GSM. Sering-seringnya dengan memanfaatkan GSM proses sinkron lebih lancar. Bahkan bukan hanya sinkron, download prefill pun juga lancar.

Demikian tips mengatasi gagal sinkron yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gagal Sinkron "Internet Lambat" Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel