Jawaban Cerita Reflektif Modul 3, 3 Dosa Pendidikan: Kekerasan Seksual

Soal & Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik 3 Dosa Pendidikan: Kekerasan Seksual Modul 3 Mencegah dan Menangani Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan - Untuk membantu Ibu dan Bapak dalam menjawab, pada postingan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik 3 Dosa Pendidikan: Kekerasan Seksual Modul 3 Mencegah dan Menangani Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan.




A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Menjadikan Sekolah sebagai Ruang yang Aman



Latihan Pemahaman : Apakah yang dimaksud dengan ruang aman di satuan pendidikan?
a. Saat semua warga sekolah senantiasa merasa aman ketika berada di lingkungan sekolah. Aman tanpa paksaan, aman tanpa ancaman, aman tanpa kekerasan.
b. Saat di sekolah terdapat kamera pengawas dan satpam.
c. Saat sekolah mempunyai layanan pengaduan 24 jam.
d. Saat pendidik dilarang keras menghukum murid dengan sanksi fisik.
Jawab : a


Cerita Reflektif : Apa saja tantangan dalam mengupayakan sekolah sebagai ruang yang aman?
Jawab : Tantangannya adalah menanamkan rasa aman pada benak pribadi seluruh warga sekolah seiring dengan perkembangan teknologi dan kurangnya kesadaran karakter.


B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Sekolah



Latihan Pemahaman : Berikut yang tidak termasuk tiga jenis bentuk layanan dalam bentuk-bentuk pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan adalah…
a. Dasar
b. Responsif
c. Terpadu dan berjenjang
d. Dukungan Sistem
Jawab : c


Cerita Reflektif : Menurut Ibu dan Bapak, bagaimana cara menciptakan bimbingan konseling yang aman untuk peserta didik?
Jawab : Ciptakan dengan menjadi fasilitator peserta didik.


C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa yang Kita Lakukan Saat Menjadi Saksi?



Latihan Pemahaman : Saat kita menjadi saksi peristiwa kekerasan seksual, kita perlu melakukan beberapa cara yang dapat mengintervensi tindak kekerasan tersebut. Berikut yang bukan termasuk tindakan saat menjadi saksi peristiwa kekerasan seksual adalah...
a. Menegur langsung
b. Memukuli pelaku
c. Mendokumentasikan peristiwa
d. Melaporkan peristiwa ke pihak berwenang
Jawab : b


Cerita Reflektif : Menurut Ibu dan Bapak, apa penyebab seseorang yang menjumpai peristiwa kekerasan seksual memilih diam atau pasif?
Jawab : Hal tersebut sebenarnya tergantung pada karakter seseorang, ada yang memilih diam karena merasa takut diancam atau akan menjadi korban selanjutnya, atau bahkan merasa tidak peduli terhadap peristiwa tersebut karena bukan dirinya atau teman/keluarga dekat yang jadi korban. Adapula sebaliknya, peduli terhadap korban dan melaporkan pelaku kepada pihak berwenang.


D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Bagaimana Pendidik Menangani Kekerasan Seksual?



Latihan Pemahaman : Salah satu prinsip penanganan kasus kekerasan seksual di satuan pendidikan adalah berpihak pada korban. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut?
a. Kebenaran cerita mutlak dari sudut pandang korban.
b. Fokus pada dampak yang diderita korban serta upaya pemulihannya.
c. Fokus pada sanksi berat yang harus diterima pelaku.
d. Menyediakan pengacara yang fokus pada kasus kekerasan seksual.
Jawab : b


Cerita Reflektif : Apa saja kira-kira tantangan dalam menangani kekerasan seksual di satuan pendidikan?
Jawab : Pemulihan psikis korban.


E. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa Saja Bentuk Program Pencegahan Kekerasan Seksual?



Latihan Pemahaman : Berikut ini adalah substansi Prosedur Operasional Standar Pencegahan dan Penanganan kasus KS di satuan pendidikan, yaitu...
a. Jenis kekerasan seksual di satuan pendidikan
b. Langkah dan prinsip penanganan kasus KS di sekolah
c. Hak korban dan sanksi untuk pelaku
d. Semua jawaban benar
Jawab : d


Cerita Reflektif : Adakah program pencegahan kekerasan seksual lainnya yang menarik untuk diaplikasikan di sekolah Bapak dan Ibu?
Jawab : Program pencegahan kekerasan seksual di sekolah dapat diawali dengan mempublikasikan tata tertib di setiap sudut sekolah, membentuk tim khusus pencegahan kekerasan seksual, adanya POS dan penanganan yang tepat.


F. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mekanisme Pengaduan dan Penanganan Kasus



Latihan Pemahaman : Jika Bapak dan Ibu Guru hendak melaporkan kasus kekerasan seksual di satuan pendidikan, layanan pengaduan Kemdikbud telah terintegrasi di….
a. Kanal Youtube Kemdikbud
b. Platform Merdeka Mengajar
c. Situs kemdikbud.lapor.go.id
d. Media sosial kepolisian setempat
Jawab : c


Cerita Reflektif : Dengan perbedaan situasi dan kondisi di masing-masing satuan pendidikan, adakah usulan terkait mekanisme pengaduan dan penanganan kekerasan seksual?
Jawab : Mekanisme pengaduan dan penanganan kekerasan seksual dapat diselesaikan oleh satuan pendidikan masing-masing berdasarkan SOP penanganan dan aturan yang berlaku.


Setelah Ibu dan bapak menjawab pertanyaan pada aktivitas Latihan Pemahaman dan menuliskan Cerita Reflektif, aktivitas berikutnya adalah Ibu dan bapak diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pada Post Test. Sebagai bahan referensi bagi ibu dan bapak dalam menjawab Post Test, Sinau-Thewe.com menyediakan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik 3 Dosa Pendidikan: Kekerasan Seksual Modul 3 Mencegah dan Menangani Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan.


Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Jawaban Cerita Reflektif Modul 3, 3 Dosa Pendidikan: Kekerasan Seksual yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Cerita Reflektif Modul 3, 3 Dosa Pendidikan: Kekerasan Seksual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel