Langkah-Langkah Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik 2020.b Patch 1

Kali ini Sinau Thewe akan membagikan langkah-langkah yang benar dalam mengisi nilai rapor di Dapodik Versi 2020.b Patch 1, berikut penjelasannya :

Entry Nilai Rapor di Dapodik 2020.b Wajib atau Tidak?

Pertanyaan yang sering disampaikan oleh operator Dapodik adalah apakah menginputkan nilai rapor di aplikasi Dapodik sifatnya wajib? Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019 / 2020 menyebutkan bahwa Penyelenggara Ujian Nasional diwajibkan mengirimkan nilai rapor semester 1 sampai 5 melalui Aplikasi Data Pokok Pendidikan.
Nilai rapor yang wajib di kirimkan adalah nilai rapor khusus untuk mata pelajaran yang di ujikan dalam Ujian Nasional selambat-lambatnya adalah dua minggu sebelum pelaksanaan Ujian Nasional. Ujian Nasional akan segera dimulai yaitu pada tanggal 16-19 Maret 2020 khusus untuk jenjang SMK / MAK. Yang menjadi pertanyaan kembali, jika Satuan Pendidikan mengirimkan nilai rapor setelah pelaksanaan UNBK apakah bisa? Jawabnya bisa! Asalkan dilakukan dengan segera.
Apa resikonya jika tidak mengirimkan nilai rapor? Khusus untuk pertanyaan ini penulis tidak bisa menjawab. Namun, jika kita kaitkan dengan Peserta Ujian Nasional, mengirimkan nilai rapor merupakan kewajiban Satuan Pendidikan dan merupakan hak Peserta Didik. Selama ini banyak Satuan Pendidikan yang tidak mengirimkan nilai rapor dengan berbagai alasan. Dan selama ini tidak ada teguran ataupun resiko yang harus diterima oleh Satuan Pendidikan. Jadi, mungkin aman-aman saja tidak mengirimkan nilai. hehehehe

Langkah-Langkah Mengisi Nilai Rapor di Dapodik Versi 2020.b Patch 1

1. Login di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1
2. Silahkan download terlebih dahulu prefill rapor di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
3. Letakkan Prefill rapor tersebut di direktori C:\prefill_dapodik
4. Kemudian klik menu Pengaturan
5. Klik tombol Prefill Rapor seperti gambar dibawah ini:


6. Setelah itu akan keluar halaman isian data Konfirmasi Data Prefill Rapor seperti gambar dibawah ini :


7. Isikan Kode Registrasi, Username, Password dan Konfirmasi Password akun Dapodik, setelah itu klik tombol Masukan Data dan tunggu proses mengambil data selesai.
8. Klik menu Nilai kemudian pilih sub menu Rapor
9. Tentukan Semester Per Tahun Ajaran dan tentukan Rombel yang akan di entry seperti gambar dibawah ini :


10. Setelah menentukan Semester dan Rombel, klik tombol Tambah untuk menentukan mata pelajaran. Pada tahapan ini, lebih baik urutan mata pelajaran di sesuaikan dengan struktur kurikulum yang di gunakan oleh setiap Satuan Pendidikan. Perhatikan gambar berikut :


11. Tentukan nomor urut, KKM Pengetahuan dan KKM Keterampilan, kemudian klik Simpan dan Tutup.
12. Lakukan langkah diatas untuk mengentrikan mata pelajaran lainnya. Jika sudah di entrikan semua, maka akan menampilkan record data mata pelajaran sesuai dengan urutan yang telah ditentukan tadi seperti gambar dibawah ini :


13. Untuk mengisikan nilai mata pelajaran berdasarkan semester tertentu caranya double klik di salah satu mata pelajaran. Kemudian akan menampilkan seluruh data Peserta Didik seperti gambar dibawah ini :


14. Kita unduh file nilai mata pelajaran tersebut dengan cara klik tombol Export dan Import kemudian pilih Unduh Format Excel untuk Import seperti gambar dibawah ini.


15. Buka file Excelnya, kemudian mulailah mengisikan nilai rapot untuk mata pelajaran tersebut seperti gambar dibawah ini :


16. Setelah di isi, jangan lupa simpan dokumen tersebut.
17. Tahapan berikutnya adalah upload file rapot tersebut dengan cara klik menu Export dan Import kemudian pilih Import dari Excel.


18. Buka direktori penyimpanan file rapor tadi dengan klik tombol Pilih Excel kemudian klik Import.
19. Jika proses upload file rapor berhasil, maka akan menampilkan daftar Nilai Pengetahuan dan Nilai keterampilan seperti di tunjukan pada gambar dibawah ini :


20. Ulangi langkah-langkah diatas untuk mengentri nilai rapor mata pelajaran lainnya.

Untuk lebih detailnya, simak video tutorial berikut ini :



Demikian artikel yang bisa dibagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Langkah-Langkah Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik 2020.b Patch 1"

  1. Jika rombel tidak ditemukan saat mau entri nilai raport bagaimana solusinya? Rombel mulai kls 5 smt 1 dst ke bawah saat diklik munculnya rombel tdk ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prefill rapor sudah di registrasikan atau belum? Biasanya kalau kasus seperti itu karena gagal registrasi ataupun belum registrasi prefill rapor.

      Delete
  2. Bagaimana untuk entri nilai mapel b.indonesia pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah-langkahnya sama bu, cm bedanya ada deskripsi pengetahuan dan keterampilan. Deskripsi itu bisa diperoleh dari guru mapel

      Delete
  3. Bagaimana untuk entri nilai mapel b.indonesia pak?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel