Contoh Form Surat Keterangan Kelulusan Tahun Pelajaran 2019 / 2020

Sinau-Thewe.com - Contoh Form Surat Keterangan Kelulusan Tahun Pelajaran 2019 / 2020 - Surat Keterangan Kelulusan / SKL merupakan sebuah surat yang dikeluarkan dari Satuan Pendidikan kepada Peserta Didik di tingkat akhir sebagai tanda bahwa Peserta Didik tersebut telah menyelesaikan serangkaian proses pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. 

Fungsi Surat Keterangan Kelulusan / SKL


SKL berfungsi bukan hanya sebagai tanda Peserta Didik telah selesai menempuh kegiatan pembelajaran pada suatu jenjang pendidikan, tetapi juga digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.  

Surat Keterangan Lulus mencantumkan rata-rata nilai ujian sekolah yang diperoleh dari :

1) untuk SDLB : diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 6 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

2) untuk SMPLB : diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 9 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

3) untuk SMA dan SMALB : diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 12 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

4) untuk SMK :
  • Diperoleh dari nilai ujian sekolah tiap mata pelajaran. Khusus mata pelajaran yang diuji dengan ujian tertulis dan ujian praktik, nilai ujian sekolah dapat dihitung berdasarkan rata-rata nilai ujian tertulis dan ujian praktik. 
  • Khusus untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan nilai ujian sekolah menggunakan nilai kompetensi praktik siswa dari semester 1 s.d semester 5, atau menggunakan penilaian dari praktik industri, atau menggunakan nilai dari uji sertifikasi keahlian siswa. Dalam hal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) belum/tidak dapat dilaksanakan karena keadaan darurat maka ujian sekolah mata pelajaran kompetensi kejuruan dapat dilaksanakan dengan metode lainnya. 

Surat Keterangan Lulus dapat dilakukan penyesuaian daftar mata pelajaran yang ditempuh beserta nilai yang diperoleh peserta didik berdasarkan kurikulum dan/atau stuktur program peminatan/keahlian/ketunaan/kekhususan di sekolah masing-masing. 

Contoh Form Surat Keterangan Kelulusan / SKL Tahun Pelajaran 2019 / 2020


Berikut ini merupakan daftar contoh form Surat Keterangan Kelulusan Tahun Pelajaran 2019 / 2020 :

A. Form Surat Keterangan Kelulusan SMA



B. Form Surat Keterangan Kelulusan SMK



C. Form Surat Keterangan Kelulusan SMALB



D. Form Surat Keterangan Kelulusan SMPLB



E. Form Surat Keterangan Kelulusan SDLB



Demikian informasi tentang Contoh Form Surat Keterangan Kelulusan Tahun Pelajaran 2019 / 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com Silahkan ikuti / follow. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Form Surat Keterangan Kelulusan Tahun Pelajaran 2019 / 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel