Cara Login Web PIP Terbaru (SIPINTAR Enterprise) 2020

Sinau-Thewe.com - Cara Login Web PIP Terbaru 2020 - Kali ini Sinau-Thewe.com akan berbagi tutorial langkah-langkah login di laman PIP terbaru tahun 2020. Berikut penjelasan lengkapnya :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempublikasikan laman baru khusus untuk memanajemen PIP atau Program Indonesia Pintar melalui SIPINTAR Enterprise. Laman tersebut bisa akses oleh beberapa pengguna antara lain oleh Dinas Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota, Sekolah, Kemendikbud dan Pengelola.

Khusus untuk pengguna Sekolah, teman-teman operator Dapodik atau yang bertugas menangani PIP di Satuan Pendidikan bisa melakukan login menggunakan username NPSN dengan password Kode Registrasi Dapodik ataupun menggunakan akun aplikasi Dapodikdasmen.

Meskipun ada laman baru untuk mengelolan PIP, tetapi laman lama yang biasa dipakai untuk PIP pada semua jenjang masih bisa diakses. Berikut beberapa laman PIP lama :

  • Untuk SMK menggunakan laman http://pipsmk.ditpsmk.net/
  • Untuk SMK menggunakan laman http://pip.psma.kemdikbud.go.id/
  • Untuk SMP menggunakan laman https://pipsmp.kemdikbud.go.id/
  • Untuk SD menggunakan laman http://pipsd.kemdikbud.go.id/



Langkah-Langkah Login di Web PIP Terbaru 2020


1. Buka laman https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise menggunakan browser maka akan tampil halaman utama dari SIPINTAR Enterprise seperti gambar berikut :


2. Pada opsi Login Sebagai pilih Sekolah. Isikan username menggunakan NPSN dan password menggunakan kode registrasi dapodik. Atau jika menggunakan opsi Login SSO Dapodik maka username dan password menggunakan akun Dapodik.

3. Klik tombol Login, maka akan terbuka halaman dasboard SIPINTAR Enterprise seperti gambar dibawah ini :



4. Terdapat beberapa menu antara lain :

  • Beranda digunakan untuk menampilkan halaman utama SIPINTAR Enterprise
  • Siswa digunakan untuk menampilkan data penerima PIP
  • Clear Chace digunakan untuk membersihkan isian data
  • Logout digunakan untuk keluar dari SIPINTAR Enterprise

5. Klik menu Siswa untuk menampilkan data penerima PIP, maka akan keluar halaman seperti gambar dibawah ini :



6. Pada pilihan tahun, kita bisa memilih data penerima PIP tahun 2020, 2019 dan 2018. Sedangkan pada pilihan Tahap hanya ada dua pilihan yaitu Tahap 1 dan Tahap 2. Untuk Status Pencairan juga hanya ada dua pilihan yaitu Cair dan Belum Cair. Setelah ketiga isian data tersebut ditentukan, kemudian klik tombol Search untuk memfilter data.

7. Jika ingin mendownload hasil filter data tersebut, klik tombol Download. File yang terdownload adalah file excel, jadi kita bisa dengan bebas mengelola data tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini :




Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial berikut ini :




Demikian informasi tentang Cara Login Web PIP Terbaru 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share, subscribe videonya dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi terbaru lainnya, silahkan ikuti atau follow. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Login Web PIP Terbaru (SIPINTAR Enterprise) 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel