Apa itu NRKS? Bagaimana Cara Mencarinya? Bagaimana Cara Cetaknya?

Sinau-Thewe.com - Apa itu NRKS? Bagaimana Cara Mencarinya? Bagaimana Cara Cetaknya? - NRKS merupakan singkatan dari Nomor Registrasi Kepala Sekolah sebagai pengganti istilah Nomor Unik Kepala Sekolah atau NUKS.

Apa Itu NUKS?


Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) adalah nomor khusus yang dikeluarkan dan dicatat dalam database nasional oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah atau LPPKS. Dengan kata lain NUKS adalah sebuah identitas yang dimiliki oleh Kepala Sekolah setelah berhasil menempuh beberapa tahapan yang dilalui oleh kepala sekolah antara lain adalah :
  1. Tahap rekruitmen
  2. Tahap pelatihan dan pendidikan calon kepala sekolah

Setelah Kepala Sekolah berhasil mengikuti dan menempuh pendidikan dan pelatihan Calon Kepala Sekolah, maka akan mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan atau disingkat dengan STTPP.

A. Cara Mencari NRKS

Berikut ini adalah langkah-langkah mencari NRKS. 
1. Kunjungi laman http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp maka akan terbuka halaman utama seperti gambar dibawah ini :


2. Kemudian klik menu Cari STTPP, kemudian akan keluar halaman isian data seperti gambar dibawah ini :


3. Isikan data pada nomor satu, isikan data pencarian dengan menggunakan NIP, NUPTK atau NRKS. Pada nomor dua, ketikan nama Kepala Sekolah yang dimaksud.
4. Kemudian klik tombol Cari Sekarang.
5. Jika hasil pencarian tidak ditemukan, seperti gambar dibawah ini, pastikan kembali isian data diatas benar. Atau mungkin dari data yang dicari, memang belum memiliki NRKS. Perhatikan gambar dibawah ini :


6. Pencarian data juga bisa di filter berdasarkan wilayah, caranya klik Pilih Berdasarkan Wilayah pada gambar di langkah nomor dua diatas, dan tentukan wilayah yang dimaksud, perhatikan gambar dibawah ini :


7. Klik tombol Cari Sekarang, maka akan keluar seluruh data NRKS pada wilayah tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini :


B. Cara Mencetak NRKS

1. Setelah hasil pencarian NRKS ditemukan, langkah berikutnya adalah mencetak data tersebut, caranya adalah klik tombol Detail pada data tersebut maka akan keluar halaman seperti gambar dibawah ini :



2. Kemudian klik tombol Cetak maka akan terdownload data tersebut dalam bentuk .pdf
3. File tersebut bisa disimpan dalam direktori komputer ataupun bisa sekaligus dicetak sebagai bukti dan serahkan kepada yang bersangkutan.

Untuk lebih detail, silahkan simak video tutorial berikut :


Demikian informasi tentang Apa itu NRKS? Bagaimana Cara Mencarinya? Bagaimana Cara Cetaknya? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com silahkan ikuti / follow. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu NRKS? Bagaimana Cara Mencarinya? Bagaimana Cara Cetaknya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel