Rangkuman Permasalahan Verval Ijazah dan Tips Mengatasinya

Verval Ijazah - Semenjak munculnya informasi tentang Verval Ijazah pada tanggal 10 November 2020 yang menyatu dengan laman InfoGTK menyebabkan banyak pertanyaan, dan kendala. Salah satunya adalah sulitnya mengakses laman InfoGTK. Permasalahan tersebut muncul karena trafic yang tinggi, sehingga menyebabkan susahnya membuka laman tersebut.

Pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membahas serta memberikan solusi berdasarkan dari kumpulan permasalahan yang ada dan mencoba menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh teman-teman.

Berikut adalah rangkuman permasalahan dan pertanyaannya :
  1. Bagaimana jika NIM terdiri dari huruf dan angka?
  2. Bagaimana jika sudah terlanjur melakukan Verval tetapi datanya salah?
  3. Apakah Verval Ijazah untuk GTT dan GTY?
  4. Apakah Verval Ijazah akan berpengaruh terhadap Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Sertifikasi?
  5. Bagaimana jika Universitas tidak muncul?
  6. Bagaimana jika tidak ada tombol upload Ijazah?
  7. Bagaimana jika identitas salah?
  8. Bagaimana jika tidak muncul notifikasi Verval Ijazah di InfoGTK?
  9. Bagaimana jika nomor Ijazah salah atau kosong?
  10. Mengapa riwayat mengajar mulai tahun 2013?

Permasalahan diatas merupakan masalah yang sering dialami pada saat Verval Ijazah, dan tidak semuanya mengalami kendala tersebut. Jadi Sinau-Thewe.com akan menjawab berdasarkan analisis penulis.

A. Bagaimana Jika NIM Terdiri Dari Huruf dan Angka

Memang pada awalnya, Verval Ijazah hanya bisa di inputkan NIM dengan karakter angka, jadi tidak bisa dipadukan dengan karakter huruf. Tetapi karena adanya pengembangan aplikasi Verval Ijazah, sekarang sudah bisa dipadukan antara kedua karakter tersebut.

B. Bagaimana Jika Sudah Terlanjur Melakukan Verval Tetapi Datanya Salah?

Sampai saat ini belum ada petunjuk teknis mengenai hal tersebut, dan belum ada fasilitas untuk perubahan data hasil Verval Ijazah. Jadi sebaiknya cek dan pastikan terlebih dahulu datanya sebelum di klik Simpan.

C. Apakah Verval Ijazah Untuk GTT dan GTY?

Berdasarkan analisis penulis, dan berdasarkan dari Verval Ijazah milik beberapa teman, baik yang statusnya GTT ataupun GTY terdapat notikasi Verval. Jadi Verval Ijazah berlaku untuk semua.

D. Apakah Verval Ijazah Akan Berpengaruh Terhadap Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Sertifikasi?

Verval atau Verifikasi dan Validasi berfungsi untuk mencocokan data antara Dapodik dan data Ijazah di Perguruan Tinggi, jadi menurut penulis tidak ada hubungan antara Verval Ijazah dengan pencairan sertifikasi guru.

E. Bagaimana Jika Universitas Tidak Muncul?

Pada awalnya memang hanya muncul Universitas Negeri, tetapi karena adanya pengembangan aplikasi, sekarang sudah muncul Universitas Swasta. Dan apabila Universitas masih belum muncul, silahkan lakukan Verval Ijazah di lain waktu.

F. Bagaimana Jika Tidak Ada Tombol Upload Ijazah?

Tidak semuanya muncul tombol Upload Ijazah, biasanya tombol tersebut akan muncul apabila ada suatu hal misalnya nama Universitas berganti ataupun nama Prodi berganti. Sehingga membutuhkan bukti fisik yaitu scan ijazah yang harus di unggah.

G. Bagaimana Jika Identitas PTK Salah?

Verval Ijazah merupakan gabungan dua sumber data yaitu data Dapodik dan Perguruan Tinggi. Kalau identitas di Dapodik salah, maka cukup Memperbaiki Residu di VervalPTK. Tetapi apabila data ijazah salah, maka silahkan berkomunikasi dengan Universitas yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video tutorial berikut ini :



H. Bagimana Jika Tidak Muncul Notifikasi Verval Ijazah di InfoGTK?

Jika di InfoGTK tidak muncul notifikasi Verval Ijazah, coba lakukan reloar browser atau clear history browser atau ganti dengan browser lain, dan atau coba gunakan perangkat lain. Apabila langkah tersebut masih nihil, coba cek di lain waktu. Kemungkinan karena sistem belum mengcover secara keseluruhan.

I. Bagaimana Jika Nomor Ijazah Salah atau Kosong?

Jika Nomor Ijazah salah atau kosong, coba cek keabsahan ijazah pada laman https://ijazah.kemdikbud.go.id/, dan cek di PD Dikti pada laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Jika pada kedua laman tersebut datanya salah, silahkan berkomunikasi dengan Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan data dengan membawa dokumen asli sebagai bukti fisik. Sinau-Thewe.com juga menyediakan Video Tutorial jika dirasa masih kurang paham tentang Cara Cek Keabsahan Ijazah

J. Mengapa Riwayat Mengajar Hanya Muncul Mulai Tahun 2013?

Karena mulai tahun 2013 adalah tahun pertama di publikasikan secara masal ke Satuan Pendidikan untuk digunakan. Jadi riwayat mengajar sebelum tahun tersebut tidak ditampilkan karena belum adanya integrasi database seperti saat ini.

Demikian informasi tentang Rangkuman Permasalahan Verval Ijazah dan Tips Mengatasinya yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini, dan jika ingin mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi tentang informasi / artikel / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

159 Responses to "Rangkuman Permasalahan Verval Ijazah dan Tips Mengatasinya"

  1. Mohon maaf, apabila sudah melakukan verval tetapi nama pada ijazah dan tanggal masuk tidak muncul, maka harus bagaimana? Mohon bantuan dan solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong pak pencerahan nya🙏

      Delete
    2. Mohon petunjuknya jika ketika klik verval ijazah muncul Fatal error: Call to a member function result() on array in C:\www\verval_s1\application\views\home\index.php on line 153. apa yang bisa dilakukan? Mohon petunjuknya. Trima kasih

      Delete
    3. Bagaimana klw hasil validasi ijazah hilang..tadinya ada..pas dicek lagi sdh tdk ad..menunya kembali pd saat maw verval ijazah.itu pengaruh apa yah??tlong pencerahannya

      Delete
    4. saya YUSLIA MENDROFA. Ijazah saya sudah verval selama satu minggu, tapi saya cek kembali hilang. diminta lagi untuk verval. Saya verval kembali tidak bisa . saya isi nama perguruan tinggi, tapi tidak dapat akses/tidak jalan. Untuk saya mohon solusinya agar dapat saya verval lagi.

      Delete
    5. Sama mba sy jg jd hilang. Minta berval ulang tp jd g bs

      Delete
    6. Mohon penjelasan, setelah sy entry data Nim dan prodi pd verval ijazah,yg keluar justru nama lain dengan no ijazah beda.

      Delete
    7. Maf tanya kalo mau verval ijasah tp email pasword nya lupa bgm?

      Delete
    8. Nama perguruan tinggi saya sudah ganti ... Nah yang mana kita pakai pak yg lama atau yang sekarang ? Tahun lulus 2008

      Delete
    9. Apakah verval ijazahAda hubungannya sama bop & kesetaraan

      Delete
  2. Bagimana jika hasil verval riwayat mengajar tidak sesuai dengan tmt dapodik punya saya gak masuk 8 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riwayat mengajar yang di munculkan kalo tidak salah dari tahun pertama lahirnya Dapodik kak, jadi menurut saya ngga masalah.

      Delete
  3. Maaf saya salah memasukkan tgl ijasah alhasil tgl masuk tidak muncul kosong
    Bgmn cara benahinya dan apakah itu fatal

    ReplyDelete
  4. Sy mau verivikasi di sivil tdk mncl nama prguruan sy. Bgmn caranya spy bs verivikasi ?

    ReplyDelete
  5. Saya tidak muncul nama prodi. Dana univ pun kurang dilengkapi nama Syarif Hidayatullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di laman ijazah.kemdikbud.go.id, ada nama PT dan Prodi atau tidak, kalau di situ ada, paling coba reload / ganti browser lainnya utk melanjutkan Verval kak

      Delete
  6. Bagaimana jiga sudah melakukan verivikasi ijazah tapi tanghalnmasuk kuliah salah bagaimana cara merubahnya. Please dong, tolong pencerahannya.

    ReplyDelete
  7. Bagaimana jika sudah melalukakn verivikasi tapi tanggal masuk kuliah salah. Bagaimana cara melakukan perubahan. Please dong, tolong pencerahannya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pastikan dulu data Riwayat Pendidikan di Dapodik telah sesuai, dan sampai saat ini belum ada fasilitas edit data Verval Ijazah kak, jadi wait & see aja dulu

      Delete
  8. Kalo misalnya nomer ijazah keluar beserta NIM. TP nama kita tidaj keluar gimana ya mmin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di laman ijazah.kemdikbud.go.id, di situ lengkap atau tidak, kalau tidak lengkap, coba komunikasi dengan PTnya

      Delete
  9. Bagama cara mengatasi salah input prodi tidak sesuai dengan ijazah
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  10. Sudah memasukkan data lengkap tapi data tidak ditemukan. Karena lulusan lama tahun 2000an. Apakah ini hanya berlaku untuk lulusan PT yang baru baru saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. data ijazah pada laman ijazah.kemdikbud.go.id kalau tidak salah mulai tahun 2002/2003 kak, misal lulus sebelum tahun itu dan muncul verval+upload ijazah, lanjutkan saja vervalnya

      Delete
    2. saya sudah mencoba berkali-kali upload dokumen tetapi tidak bisa, hanya muncul lingkaran berputar-putar ketika klik simpan...adakah solusinya?

      Delete
  11. Mohon maaf jika sudah masuk verval ijazah di info gtk, tapi pilihan perguruan tinggi tidak muncul, dan kolom program studi serta no nim tidak muncul jg..solusi ny gmn ya? ketika akan cek perguruan tinggi..selalu muncul jawaban "the results could not be loaded" mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe benyak faktor yg menyebabkan itu, bisa internet kurang stabil, trafic padat dll... Paling coba di reload browserya atau clear history browser atau coba dg browser lain dan atau coba dengan perangkat lain

      Delete
  12. apakah verval ijazah juga untuk OPS / atau Tenaga Administrasi ?

    ReplyDelete
  13. Apabila ijazah terakahir yg dimasukkan, diverval (S2) tidak apa-apa?

    ReplyDelete
  14. Saya sudah sampai verval upload ijazah...lalu Di klik simpan...
    Setelah itu...dibawah tidak Ada note apapun
    .saya tidak menemukan info apapun... Apakah sudah verval atau belum
    Mohon pencerahan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di reload terus login di InfoGTK lagi, disitu ada menu hasil Verval, kalo belum ada, berarti di ulangi vervalnya

      Delete
  15. Mohon penjelasannya, bagaimana kalau salah isi prodi

    ReplyDelete
  16. Saya sudah verval tapi pakeijazah S2
    Pas di cek dia masuk ke kolom Si
    Dan no ijazah S2 belumter input

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Yuslia Mendrofa, bagaimana solusi perbaikan kembali verval ijazah apabila tidak muncul nama dan tanggal masuk. Sudah saya unggah scan ijazah tapi tidak muncul juga.

      Delete
  17. Saya Yuslia Mendrofa, mohon bantuan bagaimana solusi perbaikan kembali apabila Nama dan tanggal masuk tidak muncul pada verval Ijazah. Memang sudah saya unggah scan ijazah, tapi tidak terperbaiki.

    ReplyDelete
  18. pak mohon bantuannya pada saat saya menguplad ijazah, saya kepencet dokumen transkipnya. bagaimana cara verval data kembali ....

    ReplyDelete
  19. mohon bantuannya sampai saat ini belum bisa mengulang data verval S1,..waktu itu salah memasukkan ijazah S2 nya,..bagaiman cara agar bisa kembali mengikuti verval S1 nya,..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilakukan verval ulang kak, coba buka InfoGTKnya

      Delete
  20. assalamualaikum..bagaimana edit data nama yg salah di verval ijazah pdahl nama sudah sesuai dapodik dan nama di ijazah sudah benar tapi kenapa di verval ijzazh nama tertulis slah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jugs sperti itu mlh muncul C:\www\verval_s1\application\views\home\index.php on line 153

      Delete

  21. kalo munculemuncul ini apa artinya pak?
    Fatal error: callacall member function result() on array in C:\www\verval_s1\application\views\home\index.php on line 153
    A PHP Error was encountered
    Severity: Error

    Message: Call to a member function result() on array

    Filename: home/index.php

    Line Number: 153

    Backtrace:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, sering2 dipantau aja dulu, sistem blm stabil kak

      Delete
  22. saya belum ada nama dan tahun masuk, apa harus di edit? untuk fasilitas edit apa tulisan yang berwarna kuning itu ya? diklik dan muncul membuat baru. saat pengisian nama dan tahun masuk tidak muncul

    ReplyDelete
  23. Bagaimana kalau hasil verval ijazah error dihasil validasi. Bisakah diperbaiki

    ReplyDelete
  24. Bagaimana kalau hasil verval ijazah error dihasil validasi. Bisakah diperbaiki

    ReplyDelete
  25. Bagaimana kalau hasil validasi verval ijazah ERROR. BISAKAH DIPERBAIKI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, sering2 dipantau aja dulu, sistem blm stabil kak

      Delete
  26. Assalamu'alaikum, Bagaimana kalau pada waktu verval ijasah tertulis fatal Eror, tidak bisa diedit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, sering2 dipantau aja dulu, sistem blm stabil kak

      Delete
  27. py sya muncul C:\www\verval_s1\application\views\home\index.php on line 153 bgaiman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, sering2 dipantau aja dulu, sistem blm stabil kak

      Delete
  28. Sya terlanur verval ijazah terakhir saya yang s2, setelah saya verval ijazah saya yang s2 saya baru tahu kalo verval hanya yang S1, solusi untuk merubahnya gimana. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di Verval Ulang kak, hanya saja saat ini sistem masih belum sempurna, jd masih eror, paling sering di pantau aja

      Delete
  29. login verval ijazah error padahal user name dan pasword sudah sesuai d dapodik
    mohon solusi agar bisa login untuk verval ijazah

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum, saya sdh verval ijazah tapi tahun lulus berbeda di dapodik. Di dapodik tahun lulus 2010 tapi di verval ijazah kok yang muncul tahun lulus 2019. Mohon pencerahannya dan solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum kak, sya tadi mau verval lewat info gtk, trs lupa ke close dan belum diisi, trs sya buka lagi info gtk tpi notifikasi vervalnya gak muncul kak, kira2x bagaimana caranya kak, atau punya cara lain untuk verval. Terima kasih

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam... Semoga karena trafic kak, kebetulan mulai sore ini InfoGTK tambah padat karena ada info tambahan yaitu Bantuan Subsidi Upah bagi PTK Non PNS. Paling coba clear history atau coba buka pake browser lain

      Delete
  31. Kenapa tidak muncul verval Ijazah di info gtk?

    ReplyDelete
  32. Saya sudah verval Ijazah di Info GTK tapi nama sama tanggal masuk saya tidak muncul.
    Kemudian saya coba cek ke SIVIL hasil verifikasi :Data ditemukan. Nama,no ijazah,perguruan tinggi,nim,jenjang pendidikan,tanggal lulus saya lengkap semua ada.
    Pertanyaan saya apakah berpengaruh kalau di Verval Ijazah Info GTK saya nama dan Tanggal masuk ga muncul?

    ReplyDelete
  33. kak tanya dong, di info gtk muncul 2 verval ijasah. apakah 2 2 nya diisi smua?karena memang punya 2 ijasah s1. trimksh

    ReplyDelete
  34. Apakah yang bisa melakukan verval ijazah hanya dari gtt/ptt yang sudah masuk dapodik ? Mohon pencerahanya. Trimksih

    ReplyDelete
  35. Kak, mau nanya. Di verval ijazah saya kosong. Trus cek di ijazah.kemdikbud tertulis "isilah data kampus dengan baik dan benar". Sudah diulang beberapa kali begitu kak. Bagaimana solusinya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe berarti kemungkinan belum di entri secara lengkap di SIVIL oleh PT-nya, kaya punya saya. hehehe kontak PTnya aja kak, kalo sudah diperbaiki, baru lanjut verval

      Delete
  36. Mohon pencerahan, tdi nya mau edit verval ijazah krn ada yg g sesuai. Tp klik perbaikan hasil validasi nya g bs buka PT dll. Trs hasil validasi nya jg jd hilang. Tp di profil statusnya sudah verval. Apa g knp2 tuh? Trmksh pak

    ReplyDelete
  37. SAYA SUDAH MASUK VERVAL IJASAH LEWAY GTK TETAPI PILHAN PERGURUAN TINGGINYA TIDAK MUNCUL DAN SELALU MUNCUL
    THE RESULTS COULD NOT BE LEODED BAGAIMANA CARA MENGATASINYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena trafic atau internet kurang stabil, coba pake browser lain, mozilla lebih stabil utk Verval Ijazah.

      Delete
  38. Ass..saya mau tanya kk..sy udah verval ijazah cuma belum ada tertera di info gtknya..apa krn nama di verval ijazah salah yg seharusnya nama sy tsb Widia Iranova jd Widia Ira Nova..soal di info gtk nama saya benar yaitu Widia Iranova..yg kedua kok setelah di cek hasil validasinya nggak muncul lagi hasil setelah verval tsb..apakah harus verval lagi soalnya setelah di perbaiki nama PT nggak bisa di load..mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam... Memang saat ini hanya dimunculkan edit vervalnya hanya pada saat itu kak, ngga papa.

      Delete
  39. Asslkm. Saya mau Verval ijazah tapi pilihan universitas nya tidak muncul "The Result could not be loaded" notifikasinya. Nb. padahal nginputnya sudah tengah malam. mohon solusinya Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya juga pernah mengalami, saya coba buka pake browser lain dan akhirnya bisa tertangani

      Delete
  40. Saya lulusan th 2005,ketika sy cek di SIVIL data saya tidak ditemukan. Mgkn ijazah sy dl memakai Penulisan Ijazah Nasional,..apakah itu berpengaruh?trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ditemukan, coba hubungi PTnya, kemungkinan belum di entry, kalau sudah di entry baru dilanjutkan dg verval

      Delete
  41. mohon maaf pak saya sudah verval ijazah dn tersimpan llu kluar th masuk dn th lulus, stlh sy BK info gtk ada tulisan" data hasil verval blm di update ke dapodik, shg bs sj tertera diriwayat pendidikan formal msh blm sama dg ijazah" dn dibawah nya da tulisan lihat hasil validasi dn perbaikan hasil validasi, bgm mksdx it pak dn apa yg hrs sy lakukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mengalami hal tsb Bu. apa sudah mendapat solusi?

      Delete
  42. Pak sy Pustakawan termasuk tendik, sdh msk info gtk tapi di riwayat pendidikan formal S1 tdk ada verval ijasah, edit mohon pencerahan

    ReplyDelete
  43. Maaf tolong punya saya dijawab yaa. Saya kan di dapodik pendidikan terakhir nya s2 dan ternyata data s1 nya baru dimasukkan sama operator sekolah. Saat verval ternyata belum ada keterangan mengenai s1 saya, to saya tetap verval ijazah S1. Dan ketika verval no ijazah masih null tp saya tetap simpan. Selanjutnya saya minta ke PT untuk melaporkan ke Dikti no ijazah saya. Dan saya sudah cek di Dikti no ijazah saya sudah terdaftar. Tp ketika saya cek info gtk lagi tidak ada keterangan verval dan tidak ada menu perbaikan verval. Saya harus bagaimana ya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bisa cek hasil Verval, ada di menu Linieritas S1 pada laman InfoGTK. Disana ada dua tombol yaitu Hasil Validasi dan Perbaiki Hasil Validasi (digunakan untuk verval ulang apabila ditemukan kekeliruan pada verval sebelumnya)
      .

      Delete
    2. sudah bisa login infogtk saat verval ijazah pipihan PT tidak keluar meskipun sudah diketik berulang ulang

      Delete
    3. Coba cek secara online di Dikti dan SIVIL kak, kalo tidak ada berarti komunikasi dg PTnya. Kalau ada, dan di saat verval tidak ada, berarti karena trafic, bisa di cek pakai browser atau perangkat lain kak. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete
  44. Mohon pencerahanya pak . Kemarin sudsh verval ijazah .data sudah betul dan sesuai identitas. Tapi salah klik perbaikan hasil validasi . Trus data yang sudsh diverval hilang . Apa harus mengulang verval kembali . Dan bagaimana jika tidak diperbaiki?kembali.karena slah klik perbaikan hasil validasi. Data jadi hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya kalo perbaikan verval cukup satu kali kak, hanya saja saat logout atau klik tombol perbaikan hasil validasi tidak ditampilkan datanya, tpi kalau dirasa masih kurang puas, bisa diverval ulang kak

      Delete
  45. Kemarin sudah verval ijazah data sudah benar. Tapi salah klik perbaikan hasil validasi .data yang sudah diverval jadi hilang dimenu tampilan hasil validasi . Apakah harus verval lagi atau bagaimana jika tidak melakukan perbaikan? Mohon jawabanya .terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon bantuan agar dapat saya verval ijazah saya, sampai sekarang tidak bisa, mohon solusinya....

      Delete
  46. Saya atas nama YUSLIA MENDROFA, sempat ijazah saya dinyatakan sudah verval, hari ini tidak ada lagi kata sudah verval, tapi diminta saya verval kembali. kucoba verval kembali tidak bisa, setiap saya buka dan kutulis nama perguruan tinggi, hanya sampai disitu, tidak akses/tidak jalan. bagaimana solusinya agar dapat kuverval lagi, mohon bantuan........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi ini sistem dalam perbaikan (maintenance) kak, jadi nanti siang / sore di ulangi vervalnya kak.

      Delete
  47. assalamualikum..
    hallo kak, saya udah verval ijzah dan sesuai semua, hari ini ketika saya buka disuruh verval lagi, saya jadi bingung kak, apakah ada solusinya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya verval cukup satu kali kak, pagi ini sistem dalam perbaikan (maintenance),kalo dirasa kurang puas, nanti siang/sore di edit aja vervalnya kak.

      Delete
  48. saya sudah verval ijazah..terus ada keterangan hasil verval belum di update ke dapodik. bagaimanakah cara update nya? sbb kolom PT dan Prodi di info GTK masih kosong(tidak muncul)..padahal data ptk di dapodik sudah benar dan juga sudah verval
    terimakasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kembali Riwayat Pendidikan di Dapodik kak, kalo belum sesuai, di edit dulu di Dapodik dan sering2 sinkron, terus sambil pantau aja di Verval Ijazahnya

      Delete
  49. Dua kali S1, mana yang di verval?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg sesuai dengan bidang sertifikasinya atau yg sesuai dengan mapel yg diajarkan kak

      Delete
  50. Izin bertanya, Pak. Nama prodi jurusan saya yang dulu (sesuai ijazah) dengan sekarang sudah berbeda. Jika diketik nama prodi yg dulu (sesuai ijazah), tidak keluar tulisan nim-nya. Tapi jika diketik nama prodi yg sekarang keluar tulisan nim-nya. Jadi solusinya bagaimana ya pak? Karena kan harus ditulis sesuai ijazah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau ada kondisi seperti ini, muncul tombol upload ijazah. Tinggal di upload saja kak. Tapi kalau tidak muncul meskipun sesuai dengan ijazah, paling sesuaikan dulu dg sistem dan pastikan data di dapodik telah benar

      Delete
  51. Mau tanya kak.
    Sy sudah melakukan perbaikan hasil validasi ..
    Waktu sy simpan, yg muncul masih data yang lama..kenapa y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini masih dalam tahap penyempurnaan sistem kak. Pantau aja terus

      Delete
  52. Hai kak..sy kan sdh perbaikan hasil validasi..
    Tp waktu sy simpan..yg muncul masih data yang lama..gmn y kak??

    ReplyDelete
  53. izin bertanya pak, apakah ada kesalahan penulisan setelah verval ijasah bisa diedit? tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  54. Saya mau bertanya, saya masuk universitas tahun 2013 (sebelum negeri) tapi di info gtk munculnya masuk tahun 2014 (setelah neheri) l. Mengapa bisa seperti itu ya?

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum, mohon maaf bagaimana jika saya sudah verval dan no ijazah saya kosong dan saya sudah ke kampus dan data ijazah saya baru dimasukin di forlapristekdikti dan ketika cek di verval ijazah data masih belum berubah atau no ijazah masih kosong dan peebaikan hasil verval juga tidak ada kolom perbaikan dan tidak ada no ijazah, jadi mohon maaf saya harus bagaimana ? Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Ada beberapa guru yg belum verval ijzah, tetapi melakukan pengecekan ijazah di SIVIL. setelah data ditemukan ingin masuk ke info gtk dan verval ijazah lagi, ternyata menu verval ijazah tidak ada, mohon pencerahannya kak. terimakasih

    ReplyDelete
  57. saya sudah verval ijazah tgl 12 november. tetapi hasil integrsi nama pada ijazah dan tanggal masuknya kosong.bagaimana solusinya ya....!?trus saya coba cek di SIVIL trnyata prodinya itu salah. harusnya S1 PGSD sumedang, ini hanya PGSD saja. sedang saya di verval milihnya yg S1 PGSD sumedang. mana yg harus saya pilih, apakah yg sesuai SIVIL atau yg sebenarnya yaitu S1 PGSD sumedang yg saya input di Verval Ijazah?

    ReplyDelete
  58. Saya mau verval ijazah, tp nama saya tidak sesuai dgn yg ada pd PDDIKTI..
    Kalo diijazah sudah bnr..
    Gmn solusinya?

    ReplyDelete
  59. saya sudah verval ijazah dua kali, hasil verval nama pada ijazah dan tanggal masuk kosong, saya lulusan 1999, di sivil data tidak ditemukan, apakah saya harus ke kampus untuk lapor? terima kasih

    ReplyDelete
  60. Maaf kak, di GTK saya muncul verval lagi. Saat saya klik verval, data saya muncul tetapi no ijazah "null". Saya harus bagaimana, saya simpan atau dibiarkan dlu? Saya sdh koordinasi ke kampus, tetapi katanya data sdh dikunci krn peralihan dr PTS ke PTN. Sekarang masih diusahakan utk perbaikan data ke pddikti tetapi blm tau kapan selesai. Mohon info verval terakhir kapan? Saya harus bagaimana, saya simpan apa adanya seperti skrg atau nunggu perbaikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data di gtk dan dapodik saya dah benar sesuai dg ktp dan kk
      Sedangkan data pribadi ijazah saya salah pd nama dan tanggal lahir tdk sesuai
      Bagai mana langkah awal saya untuk melakukan verval..mhn pencerahan

      Delete
    2. Kalau di dapodik sudah betul, berarti tinggal kontak PT-nya kak, minta perubahan data

      Delete
  61. Maaf saya mau bertanya hari ini saya periksa hasil verval ijazah saya. Di status verval tertulis menunggu pemeriksaan berkas oleh operator pusat. Berkas apa ya??? Adakah berkas yang harus saya kirimkan???.
    Saya verval ijazah dengan upload ijazah,karena saya tidak terdaftar di Dikti. Dan saya sudah melapor ke kampus, dan pihak kampus cuma memberikan surat keterangan verifikasi ijazah. Karena tahun saya masuk belum terdaftar di Dikti.
    Atas pencerahannya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lulus sebelum tahun 2002/2003 ya kak? Keterangan tsb berdasarkan hasil upload ijazah karena data ijazah blm didaftarkan utk yg lulus sebelum tahun itu kak. Jadi tunggu dan pantau aja

      Delete
    2. kasusnya sama dengan saya. untuk verval ijazah kan paling lambat akhir desember dan yang ingin saya tanyakan bila sampai akhir desember status vervar masih tetap menunggu pemeriksaan pusat apakah itu perpengaruh dengan pendaftaran kita ke p3k?

      Delete
  62. saya sudah verval ijazah menggunakan ijazah s2..tapi di info GTK tidak muncul, bahwa sudah di verval. dan mau verval tidak ada notfikasi untuk vervalnya ? mhn bantuanya

    ReplyDelete
  63. maaf, bgmn yah kalo prodi tempat sy kuliah sdh tdk ada dan tdk muncul di bagian pencarian prodi?

    ReplyDelete
  64. Maaf pak bagaimana dengan no ijazah yg TDK keluar dan tahun lulus salah ? Padahal sudah mengisi data dengan lengkap dan benar.
    Mohon pencerahannya !

    ReplyDelete
  65. mohon maaf sbelumnya, saya verval dengan upload ijazah, tp di sana tidak ada kolom untuk no. ijazah, dan saya sudah laporan ke kampus, tp hanya dapat surat keterangan, mhon solusinya! Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat Keterangan? Maaf, apakah kakak lulus sebelum tahun 2002/2003? Bisanya kalau verval dg kondisi ini diminta upload ijazah. Setelah upload ijazah, tinggal tunggu persetujuan pusat kak, jadi sering2 pantau aja

      Delete
  66. Jija memiliki 2 ijazah S1, yang diverval yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan mapel yang diampu di sekolah kak

      Delete
    2. Saya sudah verval trus diminta lagi verval jadi saya verval ulang hasil verval benar tp riwayat mengajar nya gak ada.gmn tu y

      Delete
    3. Utk Riwayat Mengajar, sementara abaikan saja dulu. Kemungkinan sistem blm stabil. Yg ptg Verval sudah selesai

      Delete
  67. Saya sudah verval tapi diminta verval ulang trus saya verval lagi pas verval ulang hasil nya verval benar tapi riwayad mengajar gak ada.gmn tuh ya

    ReplyDelete
  68. sy lulusan thn 2010, ketika cek di dikti data tidak ditemukan, kemudian sy ke perguruan tinggi dan di kasih surat keterangan. Lanjut verval menggunakan upload dan skrg jawabnya menunggu verifikasi oparator pusat. Sudah hampir 3 minggu. Adakah solusinua...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu saja kak, banyak kok yg seperti kakak. hehe

      Delete
  69. Bagaimana kalau mau edit verval tapi udah cut off alias batas waktu udah habis krn udh tgl 15 desember. Apakah nanti bisa diedit ulang lagi?

    ReplyDelete
  70. Maaf mau tanya kk.
    Jika blm melakukan verval, apa mempengaruhi seleksi p3k yg akan berlangsung kk?
    Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berpengaruh, karena Verval Ijazah sebagai bentuk seleksi awal

      Delete
  71. kak bagaimana jika data verval ijazah sudah benar semua akan tetapi riwayat mengajar kosong?apakah berpengaruh kedepannnya?padahal sebelumnya pada saat verval ijazah pertama kalinya data riwayat mengajar ada,tetapi no ijazahnya yang kosong.kak mohon solusinya?ketika saya mau verval lagi sudah tidak bisa.gimana kak caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riwayat Mengajar kosong sementara abaikan saja dulu kak, kemungkinan karena sistem. Terus pastikan juga data Verval Ijazah sudah di entrykan di Dapodik secara lengkap kak.

      Delete
  72. kak,mau nanya sy punya 2 ijazah S1. akan tetapi waktu verval sy masukkan ijazah S1 yg linier dg mapel yg sy ampu ndak bisa terus. akhirnya sy coba verval dg ijazah S1 yg satunya yg tdk linier akhirnya bisa.sy coba verval ulang dg jazah S1 yg linier koq sdh tdk muncul menu verval ijazah lgi. tpi data ijazah S1 sy dua-duanya terdaftar di dapodik sekolah.itu gmn kak? mohon bantuannya.trima kasih...

    ReplyDelete
  73. Bgmn mengatasi klu hasil verval Tidak muncul tahun masuk

    ReplyDelete
  74. Sy sdh verval, semua data sdh benar sesuai ijazah pendidikan. Tapi sy salah meng-upload ijazah yg sy upload ijazah akta IV bukan ijazah pendidikan. Kemudian masih menunggu proses pemeriksaan berkas dr pusat. Bagaimana yah kalau diperiksa data/no ijazah tidak sama dengan ijazah yg diupload. Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  75. baru sadar yang diverval ijazah s2...mau perbaikan validasi ga respon munculnya data hasil verval...bisa ga ini ya..ikut PPPK?

    ReplyDelete
  76. salam sehat semuanya ....saya sudah verval dan waktu verval ijazah hanya mutar terus dan tidak ada kata atau tanda apapun dan hendak di simpan di klik ya gitu aja tetap muncul kata verval izajah ..bagaimana solusinya ya ketika itu saya verval ketika baru pertama sekali di suruh verval dan berkali kali saya lakukan sesuai dengan perintahnya dan mulai tgl 15 desember tidak muncul lagi .....nah masalahnya sekarang di riwayat pendidikan tidak muncul kata ato informasi apapun tentang hal itu sementara teman saya semua yang seangkatan saya di sekolah muncul tinggal klick kata perbaikan atau ada yang mau di upload sementara saya tidak ada kata apapun sama sekali ...mohon pencerahannya ya temanku ...soalnya saya juga tidak terdaftar di PD dikti , saya sudah urus surat pengesahaan dari kampus atau almamater namun sampai hari ini tetap di tangan saya tidak bisa di upload lagi karna info gtk saya sudah sepi .....gk ada lg yang bisa saya lakukan please pencerahannya sahabat..................

    ReplyDelete
  77. assalamu'alaikum saya verval ijazah dengan metode aploud. untuk verval ijazah kan paling lambat akhir desember dan yang ingin saya tanyakan bila sampai akhir desember status vervar masih tetap menunggu pemeriksaan pusat apakah itu perpengaruh dengan pendaftaran kita ke p3k? tolong dijawab ya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam... Persetujuan / approval Verval Ijazah menjadi hak akses pusat kak, jadi maaf ngga bisa menjawab kapan hasil vervalnya muncul. Yg ptg sudah selesai verval.

      Delete
  78. Idem problem diatas , sampe kaoan menunggu dr pusat ya, mhn penjelasan

    ReplyDelete
  79. Mohon maaf saya sudah mencoba berkali-kali tapi ttp tidak muncul pemberitahuan verval ijazah gimna ya kak?

    ReplyDelete
  80. Mohon maaf saya sudah mencoba berkali-kali tipe i ttp tidak muncul pemberitahuan verval ijazah gimna ya kak?

    ReplyDelete
  81. Pak saya sdh verval ijazah, tapi nda sengaja saya ketik perbaikan validasi, dan data saya hilang pak, mohon pencerayannya. Makasih. Gbu

    ReplyDelete
  82. Apa verval ijazah ada hubungannya sama bop & penyetaraan mohon pencerahannya / jawabannya

    ReplyDelete
  83. Saya sudah melakukan verval , sudah selesai, tetapi.pada nama ada kesalahan satu huruf, seharusnya "y" tetapi tertulis "I"
    Saya sdh menghubngi pihak universitas untuk melakukan perbaikan dan sdh menyerahkan berkas yg dibutuhkan utk perbaikan semisal KTP, Ijazah, KK, Akte dalam bentuk jipeg sesuai petunjuk operator, karena daerah saya jauh dari universitas, saya melapor via telp dan watssap. dan menurut operator sdh diproses..karena lokasi daerah saya jauh..
    Persoalannya..sampai sekarang setiap saya.chek ulang huruf pada nama saya tetap salah. Tapi verifikasi sdh selesai dan di chek.di SIVIl maulun PDDIKTI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Verifikasi sudah selesai berarti sudah dianggap sesuai kak.

      Delete
  84. Saya verval ijazah tpi yg kluar nama orang lain harusnya sriwijayanti warni tpi yg kluar Dwi Setyoadi. Sdah kirim email ke PDDIKTI tpi blum jga berubah sdah kekampus berkali-kali tpi blum juga terganti bgmna itu ya??

    ReplyDelete
  85. Saya sudah melakukan verval ijazah dengan sistem uplaod krn lulus 2008, sampai hari ini statusnya "menunggu cek berkas operator pusat". Solusinya bagaimana ya kak...?

    ReplyDelete
  86. Saya sudah 13 kali verval ijazah dengan cara uploud ijazah dan hasilnnya selalu "lampirkan ijazah s1,lampiran ijazah s1 error".ini kenapa ya mohon pencerahannya.terima kasih

    ReplyDelete
  87. Pak tanya ,NIM saya terdiri dari 13 digit ,bagaimana ya cara input pada ptk.datadik karen yg bisa di input hanya 12 dijit saja

    ReplyDelete
  88. saya GTT di SMA Negeri. Di SMa yang diakui adalah ijazah S1, tapi saya sudah S2. Apakah S2 bisa dicantumkan sebagai pendidikan terkahir?? Apakah akan meninbulkan masalah ketika ada pemberkasan berkaitan tes ke profesionalnalan yg mengacu pada dapodik?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel