Cara Memperbaiki Residu (NIK & Identitas PTK) di VervalPTK New 2020

Cara Memperbaiki NIK & Identitas PTK di VervalPTK 2020 - Salah satu data PTK yang di input dalam Aplikasi Dapodik adalah NIK. Setelah proses input NIK kemudian Aplikasi Dapodik di sinkron, maka data tersebut akan masuk ke VervalPTK. 

Dimana NIK di dalam VervalPTK akan divalidasi secara otomatis dengan database Dukcapil. Ada dua indikator hasil validasi, yaitu validasi dengan indikator Tanda Silang atau Tanda Centang.

JIka NIK data PTK tidak sesuai dengan database Dukcapil, maka data PTK tersebut akan masuk ke dalam Residu dengan indikator validasi Tanda Silang "x". Tetapi apabila NIK tersebut sesuai dengan data Dukcapil, maka indikator validasi data PTK bertanda centang. 

Bagaimana cara mengatasi data residu PTK, terutama NIK? Sebelum mengajukan perbaikan data NIK atau Identitas PTK, siapkan terlebih dahulu bukti pendukungnya. Jika perbaikan NIK, maka bukti pendukungnya adalah KTP atau KK. Sedangkan perbaikan Identitas PTK seperti Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung data pendukungnya adalah Akte Kelahiran.

Berikut ini Adalah Cara Memperbaiki NIK & Identitas PTK di VervalPTK New 2020

1. Silahkan buka Web Browsernya, kemudian kunjungi laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/.
2. Login menggunakan akun Dapodik.
3. Klik menu Perbaikan Identitas
4. Kemudian filter data PTK pada kolom Valid Dukcapil dan pilih Residu, maka akan keluar seluruh data PTK yang masuk ke dalam Residu PTK.


5. Kemudian klik tombol Perbaikan maka akan keluar halaman perbaikan data seperti gambar berikut :


6. Isikan data perbaikannya.
7. Kemudian unggah bukti pengajuan perbaikan data dalam bentuk file (.jpg).


8. Jika sudah dipastikan sesuai, klik Ajukan.
9. Untuk memantau perkembangan pengajuan perbaikan data, silahkan klik menu Status Perbaikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video tutorial berikut :


Demikian tutorial tentang 
Cara Memperbaiki Residu (NIK & Identitas PTK) di VervalPTK New 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah tutorial ini. Apabila ingin mendapatkan notifikasi informasi / tutorial / artikel terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

35 Responses to "Cara Memperbaiki Residu (NIK & Identitas PTK) di VervalPTK New 2020"

  1. Bagaimana cara mengatasi perbaikan verval PTK yang sudah diperbaiki sebanyak 3x.. Karena pada saat perbaikan muncul keterangan tidak bisa diperbaik, karena perbaikan sudah mencapai 3x perbaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kalau masih keluar pernyataan nama nik tidak sesuai dengan dukcapil. Padahal sudah diedit pale nik bener

      Delete
  2. Apabila tidak ditemukan data pada verval ptk gimana

    ReplyDelete
  3. Saya sudah memperbaiki kesalahan NIK PTK, tapi muncul pernyataan data tersebut tidak sesuai pada didukcapil...gimana ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Verval ngga bisa di batalkan kak, kalo tidak sesuai nanti vervalnya ditolak kak

      Delete
  4. Tahun kelahiran saya salah 1962 yang benar 1982 pdhl dr pihak operator sekolah sdh mengajukan dan menyertakan KTP saya , kapan verifikasi pusat merubah tahun lahir saya karena udh beberapa bulan

    ReplyDelete
  5. NIK GTK yg salah sudah diajukan perbaikan dan disetujui. Tetapi setelah sinkrknisasi dan tarik data kok masih tetap salah ya NIKnya. Belum ada perubahan baik di aplikasi dapodik, laman sp.datadik.kemdikbud.go.id dan laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id.
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
  6. Nama di Dapodik pakai gelar akademik tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di info GTK nama saya ada gelar akademik di belakangnya. Bagaimana cara ngapusnya, ya? mohon pencerahannnya. thanks

      Delete
  7. Koq nggak bisa y,memperbaiki NIK, nggak berhasil,capek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah2 Perbaikan seperti tutorial diatas kak, setelah itu tinggal tunggu approve pusat.

      Delete
  8. di verval ptk sudah di setujui oleh operator dinas teryata di dapodik,info gtk,sp.datatik masih belum berubah nomer nik yang salah padahal sudah di singkrokan berkali kali mohon solusinya atau nunggu brp hari setelah data di singkronkan ke perubahan d dapodik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg mengalami seperti itu banyak kak, jd sering2 sinkron aja. Kalo ngga ya coba instal ulang dapodiknya pakai perangkat lain biar bisa dibandingkan hasilnya

      Delete
  9. kalau NIK nama,Tgl Lahir,nama ibu kandung sudah bnr tp tidak valid (x) merah itu apanya yang slh,bagaimana mau mmperbaiki data jika tidak ada yang salah

    ReplyDelete
  10. NIK sudah diganti dan disetujui tp data ti kenapa data tidak berubah di dapodik ataupun gtk... mhon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar masuk Dapodik, sering2 sinkron aja, minimal 1xsehari. Kalo ngga masuk juga, coba instal dapodik pake prefill terbaru di komputer lain agar bisa dibandingkan. InfoGTK akan berubah kalau perbaikan data sudah masuk dapodik dan di sinkron

      Delete
  11. username atau pasword td terdaftar
    padahal ini akunyg saya pakai di dapodik

    ReplyDelete
  12. kenapa username dan password tdk terdaftar

    ReplyDelete
  13. saya sudah perbaikan nama tidak sesuai di ktp karena didapodik pakai gelar tapi di ktp tidak pakai gelar,tetapi sudah lebih sebulan statusnya masih dalam antrian bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih gan, itu admin vervalPTK entah kemana. Data perbaikan sudah 2 bulan lebih statusnya masih dalam "antrian"

      Delete
    2. Kontak Admin Dinas Pendidikan kak. Mungkin karena jumlah permintaan perubahan datanya banyak, jadi lama.

      Delete
  14. Kalau misalnya nik udh benar, tetapi nama ada salah penulisan yaitu pake ada spasinya perbaikannya apakah perlu waktu lama?

    ReplyDelete
  15. Tgl lahir saya salah di dukcapil tp sya sudah perbaiki,tpdi tolak waktu di verval,gmana solusi nya

    ReplyDelete
  16. Trus gmana stlah perbaikan sdah d setujui namun d info gtk NIKnya msih tdak berubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek statusnya di vervalPTK.

      Bisa jadi statusnya masih dalam "antrian"

      Saya sudah update 2 bulan lebih tapi ya masih antrian terus statusnya, ngak kunjung berubah.

      Delete
  17. NIK saya sudah bisa diperbaiki di verval ptk ini... tp di data dapodik masih salah bgaimana solusinya... pdahal dapodik sudah disingkron kemabli setelah Perbaikan NIK saya....

    ReplyDelete
  18. saya tahun lalu mau daftar KIP kuliah tetapi katanya NIK tidak terdaftar dan saya pergi ke dukcapil katanya harus di perbaiki ke sekolah sementara saya datang kesekolah katanya harus di perbaiki ke kampus gimana solusinya mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa jawaban yang bisa diberikan kak, dan hal itu tergantung dari sumber masalah dengan penyelesaian yang berbeda pula. Yang pertama, apakah sudah memiliki KTP (seumur hidup) / EKTP? Jika belum, biasanya hal tersebut yg menyebabkan NIK tidak terdaftar karena belum melakukan pemutakhiran data, solusinya ke Dukcapil dg membuat EKTP. Sekolah bisa melakukan update data dengan catatan masih tercatat sebagai siswa aktif di sekolah, tetapi jika tidak maka dapat diperbaiki di jenjang pendidikan selanjutnya menggunakan sistem pendataan yang berbeda pula.

      Delete
  19. Gimana kalau NIK saya sudah terdata keteraganya.. Apakah NIK saya sudah dipakai orang lain untuk mendafatara didapodik atau bagaimana.. Sedangakan NIK saya sudah benar didukcapil. Mohon

    ReplyDelete
  20. ptk di sekolah saya datanya sudah sesuai tp valid dukcapilnya silang. kemudian guru yg bersangkutan datang k dukcapil minta di aktifkan. dah beberapa kali ke dukcapil tp masih aja silang. gimana solusinya?

    ReplyDelete
  21. Bagaimana kalau nama ibu kandung tidak sesuai dengan kk sudah d perbaiki lewat verfal tp tetap nama ibu kandung tidak bisa di ubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya pastikan dulu vervalnya berhasil atau di tolak kak. Kalau berhasil seharusnya di Verval sudah berubah sesuai dengan dokumen pendukung.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel