Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Kurikulum Merdeka


Isi Capaian dalam Kurikulum Merdeka Bahasa Sunda yaitu kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif berbentuk narasi. Selain menyelaraskan dengan kurikulum di tingkat nasional, capaian pembelajaran bahasa Sunda sangat memperhatikan kekhasan kearifan lokal masyarakat Sunda.

Capaian Pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi Bapak/Ibu Guru mata pelajaran Bahasa Sunda dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut yang tepat pada proses pembelajaran Bahasa Sunda. Diharapkan pula dapat menjadi penguatan terhadap prinsip teaching at the right level, khususnya bagi guru mata pelajaran Bahasa Sunda.




A. Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Jenjang PAUD



Pada akhir Fase Fondasi usia 5 (lima)–6 (enam) tahun, anak menunjukkan kegemaran mempraktikkan dasar-dasar nilai agama dan budi pekerti; kebanggaan terhadap jati dirinya; kemampuan literasi dan dasar-dasar sains, teknologi, rekayasa, seni dan matematika untuk membangun kesenangan belajar dan kesiapan mengikuti pendidikan dasar.

Elemen Capaian Pembelajaran PAUD secara umum, meliputi (1) nilai agama dan budi pekerti, (2) jati diri, serta (3) dasar-dasar literasi dan STEAM.


B. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Sunda Fase A (Umumnya untuk Kelas I dan II SD)



Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada mitra tutur (teman sebaya, guru, dan orang dewasa) tentang diri dan lingkungan sekitarnya.

Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan (gagasan, perasaan, dan kehendak), serta berperan serta dalam percakapan secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Sunda melalui kegiatan berbahasa dan bersastra Sunda dengan topik yang beragam.


C. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Sunda Fase Fase B (Umumnya untuk Kelas III dan IV SD)



Peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang hal-hal menarik di lingkungan sekitarnya. Secara khusus peserta didik mampu memahami dan menyampaikan gagasan, pesan, dan penokohan dari teks (deskripsi, informasional, dan narasi).

Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan atau pesan dalam kerja kelompok atau diskusi. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra Sunda dengan topik yang beragam. Peserta didik mampu membaca teks berbahasa Sunda dengan fasih.


D. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Sunda Fase C (Umumnya untuk Kelas V dan VI SD)



Pada akhir fase C, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari penyajian lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam beragam teks (fiksi dan nonfiksi).

Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

Peserta didik mampu menulis beragam tipe teks dengan lebih berstruktur untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya. Peserta didik mampu membaca dan menulis kata-kata yang menggunakan aksara Sunda. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, serta menambah pengetahuan, dan keterampilan.


E. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Sunda Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII, dan IX SMP)



Pada akhir fase D, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra.

Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi dari penyajian teks fiksi dan nonfiksi, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu menulis berbagai teks dengan lebih terstruktur untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya serta menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mampu membaca dan menulis kalimat sederhana yang menggunakan aksara Sunda.


F. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Sunda Fase E (Umumnya untuk Kelas X SMA/SMK)



Pada akhir fase E, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial-budaya. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik.

Peserta didik mampu menyintesis informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) dari berbagai sumber. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda sesuai kaidah komunikasi dan kesantunan dalam bentuk monolog, dialog, dan diskusi.

Peserta didik mampu menulis berbagai teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda untuk menyampaikan, mempresentasikan, dan menanggapi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak). Peserta didik mampu membaca, menulis, dan mengkreasikan beragam teks yang menggunakan aksara Sunda.


G. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Sunda Fase F (Umumnya untuk Kelas XI dan XII SMA/SMK)



Pada akhir fase E, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial-budaya, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) dari berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik.

Peserta didik mampu mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang.

Peserta didik mampu menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.


Untuk lebih jelasnya, silahkan Unduh Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda PAUD,SD,SMP,SMA,SMK,SLB Kurikulum Merdeka pada tautan berikut :


Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website.

Capaian Pembelajaran (CP) Seluruh Mata Pelajaran lainnya dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel