Soal AKM IPA Kelas 7,8,9 SMP/MTs

Contoh Soal HOTS / Soal Asesmen Mapel IPA Kelas 7,8,9 SMP/MTs K13 Revisi Tahun 2022 - Asesmen Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Peserta Didik. Untuk itu, kompetensi tersebut harus dikembangkan secara lintas mata pelajaran, salah satunya adalah Soal Asesmen Mata Pelajaran IPA Jenjang SMP.

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh Peserta Didik menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.




Unduh Contoh Soal Asesmen Mapel IPA Kelas 7,8,9 K13 Tahun 2022



Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting yaitu :
  • Kurikulum (apa yang diharapkan akan dicapai)
  • Pembelajaran (bagaimana mencapai)
  • Asesmen (apa yang sudah dicapai)

Asesmen dilakukan untuk mendapatkan informasi mengetahui capaian murid terhadap kompetensi yang diharapkan. Atas dasar berbagi, informasi yang akan Sinau-Thewe.com bagikan adalah Contoh Soal AKM Mapel IPA SMP Kelas 7,8,9.


A. Contoh Soal AKM Mapel IPA Kelas 7 SMP/MTs Tahun 2022



1. Perhatikan teks berikut ini!

Kegiatan scientist

Kegiatan para ilmuwan atau scientist mempelajari hal-hal yang terjadi di sekitarmu dengan cara melakukan serangkaian penelitian dengan sangat cermat dan hati-hati. Dengan cara seperti itu, para ilmuwan dapat menjelaskan apa dan mengapa sesuatu yang ada di alam sekitar dapat terjadi, serta memperkirakan sesuatu yang terjadi saat ini maupun saat yang akan datang. Hasil temuan mereka dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia. Hasil temuan dalam bidang teknologi yang ada di alam sekitar seperti komputer, televisi, biji jagung hibrida, pupuk, dan sebagainya. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan. Pengukuran yang dilakukan menggunakan alat ukur thermometer, suhu air sebelum dipanaskan 25²C dan setelah beberapa saat dipanaskan suhu air 75²C. Kegiatan tersebut digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga anak-anak mudah memahami materi yang disampaikan.


Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut, langkah-langkah kegiatan ilmiah yang harus dilakukan peserta didik tersebut adalah...
A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (1) dan (3)
C. (2), (3) dan (1)
D. (3), (1) dan (2)


2. Perhatikan teks berikut ini!

Satuan Baku dan Tidak baku

Kegiatan pengamatan objek dengan menggunakan indra merupakan kegiatan yang penting untuk menghasilkan deskripsi suatu benda. Akan tetapi, seringkali pengamatan seperti itu tidak cukup. Kamu memerlukan pengamatan yang memberikan hasil yang pasti Ketika dikomunikasikan kepada orang lain. Contoh, pernahkah kamu pergi ke penjahit untuk minta dibuatkan baju? Bagaimana cara penjahit dapat membuatkan baju dengan ukuran yang tepat? Atau, pernahkah kamu melihat orang berjual beli buah, misalnya duku? Bagaimanakah menentukan banyaknya duku secara akurat? Semua peristiwa di tersebut terkait dengan kegiatan pengukuran.


Berikut terdapat empat pernyataan tentang kegiatan pengukuran. Pilihlah B jika pernyataan benar dan S jika pernyataan salah.
1. B/S : Hasil pengukuran (1) dan (4) sama untuk setiap orang karena menggunakan satuan baku dan merupakan besaran pokok.
2. B/S : Pengukuran (1), (2) dan (3) menggunakan satuan baku dan setiap orang yang melakukan pengukuran akan memperoleh hasil yang sama.
3. B/S : Hasil pengukuran (2) dan (3) berbeda untuk setiap orang, karena merupakan pengukuran dengan satuan tidak baku.
4. B/S : Hasil pengukuran (2) dan (3) menggunakan satuan tak baku dengan hasil yang sama untuk setiap orang.


3. Pak Andre mengendarai sepeda motor untuk mengantar anaknya ke sekolah. Ia berangkat dari rumah pukul 06. 30 sehingga sampai di sekolah tidak terlambat dengan kelajuan seperti gambar berikut!


Jika jarak antara rumah pak Andre dengan sekolah 6 km, maka pak Andre sampai di sekolah pada pukul...
A. 06.36
B. 06.40
C. 06.50
D. 06.54


4. Ibu Karisma Kurniawati mengajar di kelas VII D SMP Bina Bakti Surya. Beliau mengajar Mata Pelajaran Matematika pada materi bangun ruang. Anak anak diharapkan membawa mistar yang akan digunakan untuk melakukan pengukuran seperti gambar.


Berikut mengenai pengukuran, manakah hasil pengukuran yang benar dalam satuan SI? Beri tanda (✔)
▯ Hasil pengukuran panjang balok (1) = 5,0 x 10-² m
▯ Hasil pengukuran lebar balok (2) = 2,0 x 10-² m
▯ Luas permukaan balok paling kecil = 1,0 x 10-² m²
▯ Volume balok 3,0 x 10-³ m²


5. Perhatikan teks berikut ini!

Pengukuran

Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut massa benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, massa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg. Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknya, berat sangat bergantung pada kedudukan di mana benda tersebut berada. Mengapa? Karena benda akan memiliki gravitasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, saat astronot berada di bulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat di bumi. Dalam SI, massa menggunakan satuan dasar kilogram (kg), sedangkan berat menggunakan satuan Newton (N). Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinumiridium yang disimpan di Sevres, Paris, Prancis. Massa 1 kg setara dengan 1 liter air pada suhu 4⁰C..

Manakah pasangan pernyataan dan jawaban yang tepat untuk tabel berikut!
Pernyataan
1. Massa benda terukur
2. Skala 4⁰C
3. Massa benda di lokasi berbeda
4. Berat benda di lokasi berbeda

Jawaban
A. tetap
B. 197,5 kg
C. Skala 269⁰K
D. berubah
E. Skala 277⁰K
F. 197,5 gram


"Selengkapnya, silahkan Unduh 40 Soal AKM Kelas 7 Mapel IPA."


B. Contoh Soal AKM Mapel IPA Kelas 8 SMP/MTs Tahun 2022



1. Perhatikan bacaan berikut.

Menghitung Kecepatan Lari Muhammad Zohri dan Makhluk Tercepat Lainnya

Lalu Muhammad Zohri memunculkan senyum bangga di wajah banyak warga Indonesia. Sebabnya, pemuda 18 tahun asal provinsi Nusa Tenggara Barat itu berhasil menjadi juara turnamen atletik bertajuk IAAF World U-20 Championships cabang lari 100 meter putra.

Zohri berhasil finis dengan catatan waktu 10,18 detik dan menyabet medali emas. Ia mengalahkan Anthony Schwartz (Amerika Serikat) yang finis 10,22 (.211) detik dan Eric Harrison (Amerika Serikat) di tempat ketiga dengan waktu 10,22 (.220) detik.

Berdasarkan jarak lari (100 meter) dan waktu tempuhnya (10,18 detik), maka bisa dihitung bahwa kecepatan rata-rata Zohri saat berlari dalam pertandingan tersebut adalah 100 meter per 10,18 detik, yakni sama dengan sekitar 9,82 meter per detik.

Meski membanggakan, Zohri belum menjadi manusia tercepat di Indonesia. Rekor pelari 100 meter tercepat di Indonesia maupun di Asia Tenggara dipegang oleh Suryo Agung Wibowo dengan catatan waktu 10,17 detik atau dengan kecepatan rata-rata 9,83 meter per detik.

Jadi, kemenangan Zohri di Finlandia ini bisa dibilang hanyalah awal baginya untuk mencapai rekor yang lebih besar di Indonesia, Asia Tenggara, maupun dunia.

Untuk bisa mencatatkan rekor dunia Zohri harus bisa melampaui catatan waktu atlet lain, yakni Usain Bolt. Pelari asal Jamaika itu adalah orang yang telah dikukuhkan sebagai manusia tercepat dunia. Dilaporkan bahwa Bolt memiliki rekor 9,58 detik untuk cabang 100 meter putra.

Pernyataan yang tepat sesuai dengan informasi tersebut adalah...
▯ Lalu Muhammad Zohri juara pertama turnamen atletik IAAF World U-20 Championships cabang lari 100 meter putra.
▯ Selisih waktu antara Zohri dan Anthony Schwartz adalah 0,4 detik.
▯ Saat ini, Zohri bisa mengalahkan Usain Bolt pelari asal Jamaika.
▯ Usain Bolt memiliki rata-rata kecepatan lari sekitar 10,44 meter per detik.


2. Seorang siswa sedang melakukan percobaan pengaruh cahaya terhadap gerak pertumbuhan tanaman. Siswa tersebut menggunakan biji kacang hijau yang ditanam dalam gelas plastik dengan media kapas basah. Kemudian satu set letakkan di tempat yang terang (di dekat jendela) lalu satu set tanaman lain diletakkan di tempat yang gelap. Setiap hari dilakukan pengukuran terhadap tinggi kedua tanaman tersebut. Pengamatan dilakukan selama 6 hari sehingga diperoleh data sebagai berikut.



Pernyataan yang kurang tepat sesuai dengan hasil percobaan tersebut adalah ....
A. rata-rata pertumbuhan kecambah yang diletakkan di tempat terang 2,5 cm
B. rata-rata pertumbuhan kecambah yang diletakkan di tempat gelap adalah 3,3 cm
C. kecambah yang diletakkan di tempat terang mengalami pertumbuhan tercepat pada hari ke lima
D. kecambah yang diletakkan di tempat terang mengalami pertumbuhan lebih cepat


3. Perhatikan bacaan berikut.

Elang Peregrine, Hewan Terbang dengan Kecepatan Tertinggi di Dunia

Elang peregrine atau yang memiliki nama latin Falco peregrinus adalah hewan terbang tercepat di dunia. Elang ini mampu terbang hingga kecepatan hingga 220 mph (354 km/jam) saat memburu mangsanya di udara. Untuk kecepatan normal, hewan ini terbang dengan kecepatan berkisar antara 64 hingga 97 km/jam. Menurut blog penggerak bio aerial Universitas Boston, bentuk tubuh elang ini disesuaikan untuk kecepatan dengan sayap runcing dan ramping, tulang dada yang dimodifikasi untuk perlekatan otot yang kuat dan bulu kaku yang mengurangi hambatan. Menurut National Wildlife Federation, elang peregrine dapat ditemukan di seluruh dunia dan di setiap benua kecuali Antartika.

Jika elang peregrine tersebut akan menangkap mangsa dengan jarak 2 km, maka perkiraan waktu tercepat bagi elang untuk dapat menangkap mangsanya tersebut adalah...
A. 6 detik
B. 25 detik
C. 74 detik
D. 100 detik


4. Perhatikan bentuk-bentuk tubuh ikan berikut:


Berdasarkan bentuk-bentuk tubuh ikan tersebut, nyatakan Benar (B) / Salah (S) :
Pernyataan
1. B/S : Bentuk tubuh seperti torpedo memungkinkan tubuh meliuk ke kiri atau kanan
2. B/S : Bentuk tubuh yang streamline berfungsi untuk mengurangi hambatan ketika bergerak di dalam air
3. B/S : Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi memberi gerakan mendorong pada ikan
4. B/S : Ikan memiliki gelembung renang yang berguna mengatur gerakan naik dan turun


5. Perhatikan poster berikut.


Berilah tanda centang (√) pada pernyataan yang tepat tentang kesehatan sistem gerak pada manusia berikut !
▯ Tinggi badan tidak diwariskan secara genetik.
▯ Kesehatan tulang dimulai sejak tahap kanak-kanak.
▯ Semakin rendah masa tulang, maka semakin cepat mengalami osteoporosis.
▯ Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi kalsium maka akan mengoptimalkan perkembangan tulang bayi.


"Selengkapnya, silahkan Unduh 40 Soal AKM Kelas 8 Mapel IPA."


C. Contoh Soal AKM Mapel IPA Kelas 9 SMP/MTs Tahun 2022



1. Semangka berwarna hijau berbuah bulat (HHBB) disilangkan dengan semangka berkulit kuning berbuah lonjong (hhbb). Jika F1 disilangkan dengan sesamanya dan dihasilkan 96 pohon semangka, Berilah tanda (✔) pada kemungkinan tanaman F2 yang benar (boleh memilih lebih dari 1)!
▯ Semangka berwarna hijau berbuah bulat 96 pohon
▯ Semangka berwarna hijau berbuah bulat 54 pohon
▯ Semangka berwarna kuning berbuah bulat 18 pohon
▯ Semangka berwarna kuning berbuah lonjong 6 pohon


2. Pak Slamet seorang peternak sapi. Beliau ingin memiliki sapi berkualitas unggul dengan mengawinkan sapi berbadan gemuk berpostur pendek (GGtt) dengan sapi berbadan kurus berpostur tinggi (ggTT) menghasilkan F1 sapi berbadan gemuk berpostur tinggi. Bila F1 disilangkan sesamanya, Berdasarkan pernyataan tersebut, pilihlah B jika pernyataan yang diberikan Benar dan S jika pernyataan yang diberikan Salah.
Pernyataan
1. B/S : Sapi berbadan gemuk berpostur tinggi F1 bergenotipe GgTt
2. B/S : Kemungkinan Sapi berbadan gemuk berpostur tinggi F2 = 56,25%
3. B/S : Kemungkinan Sapi berbadan gemuk berpostur pendek F2 = 6,25%
4. B/S : Kemungkinan Sapi berbadan kurus berpostur pendek F2 = 18,75%


3. Buta warna adalah kelainan seseorang yang tidak dapat membedakan beberapa warna dengan baik, biasanya antara merah, oranye, biru, dan hijau. Penyakit buta warna diakibatkan gen yang berada pada kromoson kelamin X. Buta warna termasuk kelainan yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Perhatikan silsilah keluarga berikut:


Dari silsilah keluarga di atas kita dapat menentukan kemungkinan genotip nenek Wati, kakek Surya dan bapak Adi , Berilah tanda (✔) yang benar (boleh memberi tanda (✔) lebih dari 1)!


4. Rafi memiliki beberapa benda mainan P, Q, R, dan S di rumahnya. Suatu ketika Rafi ingin mengetahui jenis-jenis muatan yang mungkin dimiliki oleh benda-benda tersebut. Ia mengambil penggaris plastik dan menggosoknya dengan kain wol. Selanjutnya ia mendekatkan penggaris tersebut ke benda R. Rafi juga mencoba mendekatkan benda satu dengan lainnya. Hasil interaksi dari percobaan Rafi tertera pada tabel berikut.


Berdasarkan hasil-hasil interaksi ini, jenis-jenis muatan listrik yang dimiliki oleh P, Q, R, dan S adalah...


5. Berikut disajikan data-data hasil simulasi tentang Hukum Coulomb.


Berdasarkan data pada tabel tersebut pilihlah pernyataan yang benar dengan memberi tanda (✔)! (boleh memberi tanda (✔) lebih dari 1)
▯ Simulasi ke-1 dan ke-2 menunjukkan bahwa besarnya gaya coulomb tidak dipengaruhi oleh jarak antara muatan listrik A dan B.
▯ Besarnya gaya coulomb pada simulasi ke-2 lebih kecil dibanding simulasi ke-1 karena jarak antara muatan listrik A dan B lebih besar.
▯ Besarnya gaya coulomb pada simulasi ke-4 lebih besar dibanding simulasi ke-3 karena besar muatan listrik A lebih kecil.
▯ Simulasi ke-3 dan ke-4 menunjukkan bahwa besarnya gaya coulomb dipengaruhi oleh besarnya muatan listrik A dan B.


"Selengkapnya, silahkan Unduh 40 Soal AKM Kelas 9 Mapel IPA."


Demikian informasi tentang Soal AKM IPA Kelas 7,8,9 SMP/MTs yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

37 Responses to "Soal AKM IPA Kelas 7,8,9 SMP/MTs"

  1. Terima kasih.... mantap contoh soalnya
    Perlu di sertai kunci jawabannya

    ReplyDelete
  2. Boleh minta file word nya min?
    Email aktif : inandalinar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kak... Sudah saya kirimkan ke email kakak, silahkan di cek ya kak. Terima kasih kunjungannya dan jangan lupa follow laman ini ya kak.

      Delete
  3. mantap soalnya min bisa kirim file word nya?
    email : basukidwi79@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. File Soal AKM Mapel IPA Kelas 7,8 dan 9 dalam bentuk dokumen sudah saya bantu kirimkan ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Sebelumnya, terima kasih telah berkenan berkunjung.

      Delete
  4. mantap soalnya. bisa kirim file wordnya?
    email ; daengmatutu78@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. File Soal AKM Mapel IPA Kelas 7,8 dan 9 dalam bentuk dokumen sudah saya bantu kirimkan ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Sebelumnya, terima kasih telah berkenan berkunjung.

      Delete
  5. wah... mantap sekali... tolong kirim ke email hiyonyon47@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. File Soal AKM Mapel IPA Kelas 7,8 dan 9 dalam bentuk dokumen sudah saya bantu kirimkan ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Sebelumnya, terima kasih telah berkenan berkunjung.

      Delete
  6. boleh kirim soalnya kelas 7,8 dan 9 ke dodykeren@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. File soal seluruh kelas sudah saya kirimkan ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Sebelumnya, terima kasih telah berkenan berkunjung.

      Delete
  7. Mantap soalnya bang. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. bagus sekali kak soalnya boleh minta file wordnya kak, semua mapel kelas 7,8,9
    terimkasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. File AKM IPA sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  9. bisa minta filenya pak?? untuk kelas 7,8,9 ini alamat emailnya saya marzan.mobonggi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak. File sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  10. bagus sekali soalnya,kak boleh minta soalnya versi word,. minta tolong dikirimi versi word di email saya
    ariktria83@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. File sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  11. Trmksh banyak sharing soal AKM IPA nya. Mohon dikirimkan ke email sy versi word nya, trmksh....

    Email : estee288@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. File sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  12. tolong kirim ke email saya eli3fil@gmail.com soal akm ipa semester 2 kelas 9. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf slow respon kak. File sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  13. Pak mohon kirim file word nya
    rizalhilaluzaman@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf slow respon kak. File sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  14. boleh minta soalnya kak... email saya : muhammadkoharudin@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. File sudah saya kirim ke email kakak. Silahkan di cek ya kak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  15. bagus skalii soalnya. bisa di share pak

    ReplyDelete
  16. BOLEH MINTA FILE NYA KAK ??

    ReplyDelete
  17. share kunci jawaban kalo bisa, ernipuluhulawa@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Terimakasih banyak, apakah boleh meminta file word dikirim ke okta915@gmail.com? terimakasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel