40 Soal AKM IPA Kelas 7 SMP/MTs

Contoh Soal HOTS / Soal Asesmen Mapel IPA Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi Tahun 2022 - Asesmen Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Peserta Didik. Untuk itu, kompetensi tersebut harus dikembangkan secara lintas mata pelajaran, salah satunya adalah Soal Asesmen Mata Pelajaran IPA Jenjang SMP.




Contoh Soal Asesmen Mapel IPA Kelas 7 K13 Tahun 2022



1. Perhatikan teks berikut ini!

Kegiatan scientist

Kegiatan para ilmuwan atau scientist mempelajari hal-hal yang terjadi di sekitarmu dengan cara melakukan serangkaian penelitian dengan sangat cermat dan hati-hati. Dengan cara seperti itu, para ilmuwan dapat menjelaskan apa dan mengapa sesuatu yang ada di alam sekitar dapat terjadi, serta memperkirakan sesuatu yang terjadi saat ini maupun saat yang akan datang. Hasil temuan mereka dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia. Hasil temuan dalam bidang teknologi yang ada di alam sekitar seperti komputer, televisi, biji jagung hibrida, pupuk, dan sebagainya. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan. Pengukuran yang dilakukan menggunakan alat ukur thermometer, suhu air sebelum dipanaskan 25²C dan setelah beberapa saat dipanaskan suhu air 75²C. Kegiatan tersebut digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga anak-anak mudah memahami materi yang disampaikan.


Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut, langkah-langkah kegiatan ilmiah yang harus dilakukan peserta didik tersebut adalah...
A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (1) dan (3)
C. (2), (3) dan (1)
D. (3), (1) dan (2)


2. Perhatikan teks berikut ini!

Satuan Baku dan Tidak baku

Kegiatan pengamatan objek dengan menggunakan indra merupakan kegiatan yang penting untuk menghasilkan deskripsi suatu benda. Akan tetapi, seringkali pengamatan seperti itu tidak cukup. Kamu memerlukan pengamatan yang memberikan hasil yang pasti Ketika dikomunikasikan kepada orang lain. Contoh, pernahkah kamu pergi ke penjahit untuk minta dibuatkan baju? Bagaimana cara penjahit dapat membuatkan baju dengan ukuran yang tepat? Atau, pernahkah kamu melihat orang berjual beli buah, misalnya duku? Bagaimanakah menentukan banyaknya duku secara akurat? Semua peristiwa di tersebut terkait dengan kegiatan pengukuran.


Berikut terdapat empat pernyataan tentang kegiatan pengukuran. Pilihlah B jika pernyataan benar dan S jika pernyataan salah.
1. B/S : Hasil pengukuran (1) dan (4) sama untuk setiap orang karena menggunakan satuan baku dan merupakan besaran pokok.
2. B/S : Pengukuran (1), (2) dan (3) menggunakan satuan baku dan setiap orang yang melakukan pengukuran akan memperoleh hasil yang sama.
3. B/S : Hasil pengukuran (2) dan (3) berbeda untuk setiap orang, karena merupakan pengukuran dengan satuan tidak baku.
4. B/S : Hasil pengukuran (2) dan (3) menggunakan satuan tak baku dengan hasil yang sama untuk setiap orang.


3. Pak Andre mengendarai sepeda motor untuk mengantar anaknya ke sekolah. Ia berangkat dari rumah pukul 06. 30 sehingga sampai di sekolah tidak terlambat dengan kelajuan seperti gambar berikut!


Jika jarak antara rumah pak Andre dengan sekolah 6 km, maka pak Andre sampai di sekolah pada pukul...
A. 06.36
B. 06.40
C. 06.50
D. 06.54


4. Ibu Karisma Kurniawati mengajar di kelas VII D SMP Bina Bakti Surya. Beliau mengajar Mata Pelajaran Matematika pada materi bangun ruang. Anak anak diharapkan membawa mistar yang akan digunakan untuk melakukan pengukuran seperti gambar.


Berikut mengenai pengukuran, manakah hasil pengukuran yang benar dalam satuan SI? Beri tanda (✔)
▯ Hasil pengukuran panjang balok (1) = 5,0 x 10-² m
▯ Hasil pengukuran lebar balok (2) = 2,0 x 10-² m
▯ Luas permukaan balok paling kecil = 1,0 x 10-² m²
▯ Volume balok 3,0 x 10-³ m²


5. Perhatikan teks berikut ini!

Pengukuran

Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut massa benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, massa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg. Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknya, berat sangat bergantung pada kedudukan di mana benda tersebut berada. Mengapa? Karena benda akan memiliki gravitasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, saat astronot berada di bulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat di bumi. Dalam SI, massa menggunakan satuan dasar kilogram (kg), sedangkan berat menggunakan satuan Newton (N). Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinumiridium yang disimpan di Sevres, Paris, Prancis. Massa 1 kg setara dengan 1 liter air pada suhu 4⁰C..

Manakah pasangan pernyataan dan jawaban yang tepat untuk tabel berikut!
Pernyataan
1. Massa benda terukur
2. Skala 4⁰C
3. Massa benda di lokasi berbeda
4. Berat benda di lokasi berbeda

Jawaban
A. tetap
B. 197,5 kg
C. Skala 269⁰K
D. berubah
E. Skala 277⁰K
F. 197,5 gram


6. Perhatikan teks berikut ini!

Laju Pertumbuhan

Proses perkecambahan benih jagung terjadi saat terdapat radikula yang muncul dari kulit benih. Proses perkecambahan jagung dimulai saat terjadi penyerapan air yang dilakukan oleh benih yaitu dengan melalui proses ambibisi. Proses ini akan menjadikan benih menjadi bengkak dan akan diikuti oleh peningkatan enzim serta respirasi. Awal perkecambahan jagung yaitu koleoriza akan memanjang dan menembus pericarp, lalu radikula akan menembus koleoriza. Besaran panjang dan waktu dapat digunakan untuk menentukan pertumbuhan tanaman. Secara umum, fase tasseling berlangsung antara 42- 52 hari sejak jagung berkecambah. Hal itu ditandai dengan terdapatnya cabang terakhir dari bunga jantan sebelum bunga betina muncul. Tahap ini dimulai sejak 2-3 hari sebelum rambut tongkol muncul.


Pada saat menanam jagung, hasil pengukuran hari ke-2 dan selang 2 minggu diperoleh tinggi seperti pada gambar. Laju pertumbuhan jagung tersebut setelah 2 minggu adalah...
A. 4,14 cm/hari
B. 4,42 cm/hari
C. 30,00 cm/minggu
D. 31,00 cm/minggu


7. Perhatikan cuplikan artikel berikut ini!
Salah satu cara perbanyakan secara vegetatif adalah menyambung. Prinsip dasar dalam menyambung adalah menyambungkan batang bawah dengan batang atas dari tanaman lain yang sejenis, sehingga akan diperoleh tanaman baru yang sifatnya lebih unggul. Dalam penyambungan harus diperhatikan tanaman yang akan disambungkan, harus diketahui batang yang baik untuk batang bawah dan batang atas. Batang bawah berasal dari tanaman yang mempunyai sifat-sifat perakaran yang baik, anatara lain: tahan terhadap serangan hama dan penyakit, tahan terhadap sifat-sifat tanah serta keadaan air tanah tertentu yang buruk, dan sebagainya. Sedang batang atas diambil dari tanaman yang mempunyai sifat-sifat hasil yang diinginkan.

Berdasarkan artikel di atas, perkembangbiakan vegetatif dengan cara menyambung dapat dilakukan dengan menyambung dua jenis tanaman sebagai berikut... (jodohkan jenis tanaman batang bawah dan batang atas)
Jenis tanaman batang bawah :
1. rambutan
2. kuweni
3. kentang
4. apel

Jenis tanaman batang atas:
a. tomat
b. Kelengkeng
c. mangga
d. pear


8. Perhatikan cuplikan artikel berikut ini. Gunakan untuk menjawab soal nomor 7, dan 8! Klasifikasi makhluk hidup memiliki peran penting bagi kepentingan manusia. Manfaat klasifikasi makhluk hidup antara lain memudahkan kita mempelajari organisme yang beraneka ragam. Klasifikasi dapat digunakan untuk melihat hubungan kekerabatan antar makhluk hidup yang satu dengan yang lain. Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah adanya persamaan dan perbedaan ciri-ciri fisiknya. Semakin banyak persamaan, maka akan semakin dekat hubungan kekerabatannya. Sedangkan semakin sedikit persamaannya, makin jauh kekerabatannya. Klasifikasi makhluk hidup juga bisa dipelajari dari manfaat makhluk hidup itu sendiri. Dengan manfaat-manfaat itu maka bisa dilakukan pengelompokan makluk hidup, seperti tanaman sirih dan kencur yang masuk dalam tanaman obat.

Berdasarkan artikel di atas, silahkan jodohkan jenis makhluk hidup dengan manfaatnya.
Jenis makhluk hidup :
1. Jamur Pinisillin
2. Jamur Saccaromyces cereviceae
3. Jamur merang (Volvaria volvacea)
4. Cacing Pita (Taenia solium)

Manfaat :
a. Fermentasi ketela menjadi tape
b. Bahan pangan
c. Antibiotika
d. Hewan Patogen


9. Tumbuhan monokotil sendiri memiliki beberapa ciri-ciri, berikut beberapa diantaranya:
a) Memiliki biji berkeping satu atau tunggal.
b) Memiliki kambium yang terletak diantara floem dan xilem.
c) Terdapat berkas vaskuler (pembuluh angkut) pada bagian batang yang bertipe kolateral tertutup atau diantara xilem dan floem tidak memiliki kambium.
d) Xilem dan floem letaknya tersebar dan tidak teratur.
e) Di bagian batang dan akar tidak memiliki kambium sehingga tidak dapat terjadi pertumbuhan sekunder dan tidak akan tumbuh membesar. Akan tetapi ada juga tumbuhan monokotil yang berkambium, seperti sisal (Agave sisalana).
f) Berakar serabut.
g) Pada bagian ujung akar dilindungi oleh koleoriza sedangkan ujung batangnya dilindungi oleh koleoptil.
h) Secara umum monokotil berdaun tunggal kecuali jenis tanaman palem.
i) Secara umum monokotil berurat daun sejajar atau melengkung dan berpelepah daun.
j) Bagian bunga terdiri atas kelopak, mahkota, benang sari yang jumlahnya tiga atau kelipatan tiga.
k) Pada umumnya di bagian batang tidak bercabang, terdapat rambut-rambut halus, dan ruas-ruas pada batang terlihat jelas.
l) Secara umum berdaun tunggal, kecuali pada kelompok tumpuhan Pada urat daun sejajar atau melengkung dan berpelepah daun.

Berdasarkan ciri-ciri di atas, silahkan pilih pernyataan dibawah ini benar atau salah dengan cara klik “B” jika benar dan “S” jika salah.
Pernyataan :
1. B/S : Tumbuhan bertulang daun sejajar, batang tidak bercabang adalah ciri monokotil
2. B/S : Tumbuhan bertulang daun menyirip, batang bercabang adalah ciri tumbuhan monokotil
3. B/S : Tumbuhan mempunyai mahkota bunga jumlah 5, berakar tunggang adalah ciri tumbuhan dikotil
4. B/S : Tumbuhan berakar serabut, mempunyai mahkota bunga jumlah 3 adalah ciri tumbuhan monokotil


10. Pengaturan suhu menjadi kunci agar minyak tak meletup saat menggoreng ikan atau daging. Anda bisa mengaturnya perlahan agar minyak tak terlalu panas saat proses penggorengan dilakukan. Pertama-tama panaskan minyak hingga suhu maksimum lalu atur suhu secara perlahan dengan cara mengecilkan api. Baru masukan ikan yang akan digoreng secara perlahan. Pada peristiwa tersebut, terjadi beberapa perubahan kondisi partikel zat, hal ini merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Proses menggoreng ikan tersebut digambarkan seperti di bawah ini!


Berdasarkan pengamatanmu, pilihlah pernyataan yang benar / salah di bawah ini.
Contoh Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia :
1. B/S : Uap minyak, bata membara, kayu terbakar merupakan perubahan kimia
2. B/S : Kayu terbakar dan ikan gosong termasuk perubahan kimia
3. B/S : Minyak mendidih, kayu terbakar dan uap minyak merupakan perubahan fisika
4. B/S : Minyak mendidih, bata membara dan uap minyak termasuk perubahan fisika


Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan soal diatas dan soal lainnya, silahkan Unduh Contoh Soal AKM Mapel IPA Kelas 7 pada tautan berikut :



Catatan : 
  • Soal AKM diatas tidak dilengkapi dengan Jawaban, jadi yuk sama-sama berdiskusi dengan cara menuliskan jawaban pada kolom komentar. Jangan lupa tuliskan Kelas, Nomor Soal dan Jawaban yang benar ya... Jawaban kalian akan membantu orang lain juga lho. hehehe Sebelumnya, terima kasih telah berperan aktif dengan cara memberikan komentar ya.
  • File diatas dikemas dalam bentuk (.pdf), jadi bagi Bapak / Ibu yang mengalami kesulitan mengunduh dokumen diatas atau menginginkan file dokumen word (.doc), silahkan cantumkan alamat email yang aktif, Sinau-Thewe.com akan mengirimkan melalui email.

Demikian informasi tentang Soal AKM IPA Kelas 7 SMP/MTs yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "40 Soal AKM IPA Kelas 7 SMP/MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel