40 Soal AKM IPA Kelas 9 SMP/MTs

Contoh Soal HOTS / Soal Asesmen Mapel IPA Kelas 9 SMP/MTs K13 Revisi Tahun 2022 - Asesmen Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Peserta Didik. Untuk itu, kompetensi tersebut harus dikembangkan secara lintas mata pelajaran, salah satunya adalah Soal Asesmen Mata Pelajaran IPA Jenjang SMP.




Contoh Soal Asesmen Mapel IPA Kelas 9 K13 Tahun 2022



1. Perhatikan kutipan berikut!

Perkawinan lebah madu berlangsung tragis dan dramatis. Perkawinan bagi lebah madu jantan ibarat menyambut kematian. Saat musim kawin para lebah madu jantan berkerumun untuk menarik perhatin betina. Tahapan selanjutnya pejantan yang terpilih akan kawin dengan ratu lebah dengan memasukkan endophallus atau „ujung penis‟nya. Perkawinan terjadi kurang dari 5 detik di udara atau sekitar 10 – 40 m di atas tanah. Setelah ejakulasi lebah pejantan akan menarikdiri dari ratu, sedangkan endophallus menempel pada ratu yang baru saja dibuahi. Akibatnya bagian bawah perut pejantan robek lalu mati dan jatuh ke tanah. Ratu lebah akan mengabaikan peran lebah jantan yang tewas. Ketika endophallus masih menempel pada alat kelaminnya, lebah betina belum dapat kawin dengan pejantan lain hingga proses penyaluran sperma selesai. Lebah jantan berikutnya yang akan kawin dengan ratu harus menghilangkan endophallus sebelumnya sebelum kehilangan endophallusnya sendiri setelah ejakulasi. Setelah beberapa kali kawin dalam satu periode musim kawin, ratu mampu menyimpan 100 juta sperma dalam saluran sel telurnya. Meskipun demikian hanya 5 – 6 juta yang dapat disimpan dalam spermatheca. Oleh karena itu tidak semua sel telur dapat dibuahi. Sel telur yang tidak dibuahi tetap dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru seperti digambarkan pada skema berikut.


Berdasarkan pernyataan tersebut, pilihlah B jika pernyataan yang diberikan Benar dan S jika pernyataan yang diberikan Salah.
Pernyataan :
1. B/S : Lebah pekerja yang berkelamin jantan berasal dari sel telur yang dibuahi
2. B/S : Lebah ratu berjenis kelamin betina dan hanya berjumlah satu ekor dalam satu koloni
3. B/S : Lebah ratu mempunyai kromosom diploid sehingga dapat menghasilkan keturunan
4. B/S : Lebah betina pekerja dapat menjadi lebah ratu jika mendapatkan makan kaya vitamin dan gizi seperti royal jelly


2. Perhatikan wacana berikut!

Perkembangbiakan aseksual Planaria secara alami terjadi dengan pembelahan transversal ketika tubuhnya sudah mencapai ukuran maksimum. Saat terjadi pemisahan bagian tubuh, bagian tubuh posterior atau belakang dilekatkan pada substrat secara kuat kemudian bagian anterior atau tubuh depan akan ditarik sehingga putus menjadi 2 bagian seperti ditunjukkan pada gambar.


Regenerasi buatan dapat dilakukan dengan memotong tubuh Planaria menjadi beberapa bagian. Variasi potongan pada Planaria dalam bentuk apapun akan menghasilkan individu baru yang lengkap. Planaria mempunyaiSurvival Rate (S) yang menyatakan kemampuan bertahan hidup yang dimulai saat pemotongan bagian tubuh sampai bagian tubuh yang hilang kembali tumbuh lengkap. Angka Survival Rate dinyatakan sebagai berikut.
  • S < 33% rendah
  • 33 % < S < 66 % sedang
  • 66 % < S < 100 % tinggi
Selama proses regenerasi, pemberian makan tidak dilakukan karena Planariamembutuhkan lingkungan berupa air yang segar, jernih, dan berudara sejuk. Pemberian makanan pada tahap regenerasi akan menyisakan kotoran dan merubah kondisi lingkungannya.

Suatu percobaan untuk mengetahui Survival Rate dilakukan denganmembagi tubuh Planaria menjadi 2 bagian (anterior dan posterior) dan 3 bagian (anterior, tengah, dan posterior). Hasil percobaan disajikan dalam tabel berikut.

Tabel Data Hasil Pengamatan Survival Rate dan Gerakan Planaria Hasil Regenerasi Buatan


Berdasarkan wacana tersebut, pilihlah pernyataan yang benar (boleh memberikan tanda ✔ lebih dari satu).
▯ Survival Rate bagian anterior lebih rendah dibanding posterior karena bagian tubuh depan menggunakan banyakenergi untuk aktivitas pergerakan dibandingkan untuk pertumbuhan dan perkembangan
▯ Bagian posterior mempunyai lebih banyak energi yang tersimpan untuk pertumbuhan dan perkembangan sehingga regenerasi lebih cepat
▯ Jika Planaria dipotong dengan arah melengkung maka akan dihasilkan Planaria baru dengan bagian tubuh melengkung
▯ Pada saat regenerasi bagian anterior membutuhkan lebih banyak makanan karena mempunyai organ mulut


3. Perhatikan wacana berikut!

Sejak zaman dahulu telah disadari bahwa sifat-sifat seseorang diwariskan dari orang tua ke anak. Dapat diketahui melalui ungkapan pepatah “Buah apel jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Selain itu sejak zaman dahulu orang tua selalu mengingatkan mencari pasangan yang terbaik untuk memperoleh keturunan yang baik pula. Setiap sifat dan karakteristik yang ada pada setiap orang adalah warisan dari orang tua yang diwariskan melalui materi genetik.

Manakah pernyataan berikut ini yang benar tentang pewarisan sifat?
A. Ayah akan mewariskan materi genetiknya melalui sel sperma sedangkan ibu akan mewariskan materi genetik melalui sel ovum.
B. Keseluruhan informasi genetik yang menentukan karakteristik makhluk hidup disimpan dalam sitoplasma.
C. Seorang anak perempuan akan mewarisi 25% sifat ayah dan 75% sifat dari ibu
D. Seorang anak laki – laki akan mewarisi 100% sifat ayah.


4. Persilangan antara tanaman bunga kamboja warna merah dengan warna kuning menghasilkan tanaman (F1) berbunga oranye. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya dan menghasilkan tanaman F2 sebanyak 24 tanaman. Kemungkinan tanaman F2 yang dihasilkan sebagai berikut :
(1) Tanaman berbunga putih sebanyak 6 pohon
(2) Tanaman berbunga merah sebanyak 18 pohon
(3) Tanaman berbunga oranye sebanyak 24 pohon
(4) Tanaman berbunga oranye sebanyak 12 pohon

Kemungkinan tanaman F2 yang benar ditunjukkan nomor...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)


5. Fitra menyilangkan kuda coklat dengan kuda putih dan hasil keturunannya memperlihatkan perbandingan fenotipe satu coklat dan satu putih. Apabila kuda coklat dikembangbiakkan sesamanya, dihasilkan keturunan dengan perbandingan tiga coklat dan satu putih. Hal tersebut menandakan bahwa genotipe kuda coklat adalah...
A. Intermediet
B. homozigot resesif
C. homozigot dominan
D. heterozigot dominan


6. Semangka berwarna hijau berbuah bulat (HHBB) disilangkan dengan semangka berkulit kuning berbuah lonjong (hhbb). Jika F1 disilangkan dengan sesamanya dan dihasilkan 96 pohon semangka, Berilah tanda (✔) pada kemungkinan tanaman F2 yang benar (boleh memilih lebih dari 1)!
▯ Semangka berwarna hijau berbuah bulat 96 pohon
▯ Semangka berwarna hijau berbuah bulat 54 pohon
▯ Semangka berwarna kuning berbuah bulat 18 pohon
▯ Semangka berwarna kuning berbuah lonjong 6 pohon


7. Pak Slamet seorang peternak sapi. Beliau ingin memiliki sapi berkualitas unggul dengan mengawinkan sapi berbadan gemuk berpostur pendek (GGtt) dengan sapi berbadan kurus berpostur tinggi (ggTT) menghasilkan F1 sapi berbadan gemuk berpostur tinggi. Bila F1 disilangkan sesamanya, Berdasarkan pernyataan tersebut, pilihlah B jika pernyataan yang diberikan Benar dan S jika pernyataan yang diberikan Salah.
Pernyataan
1. B/S : Sapi berbadan gemuk berpostur tinggi F1 bergenotipe GgTt
2. B/S : Kemungkinan Sapi berbadan gemuk berpostur tinggi F2 = 56,25%
3. B/S : Kemungkinan Sapi berbadan gemuk berpostur pendek F2 = 6,25%
4. B/S : Kemungkinan Sapi berbadan kurus berpostur pendek F2 = 18,75%


8. Buta warna adalah kelainan seseorang yang tidak dapat membedakan beberapa warna dengan baik, biasanya antara merah, oranye, biru, dan hijau. Penyakit buta warna diakibatkan gen yang berada pada kromoson kelamin X. Buta warna termasuk kelainan yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Perhatikan silsilah keluarga berikut:


Dari silsilah keluarga di atas kita dapat menentukan kemungkinan genotip nenek Wati, kakek Surya dan bapak Adi , Berilah tanda (✔) yang benar (boleh memberi tanda (✔) lebih dari 1)!


9. Rafi memiliki beberapa benda mainan P, Q, R, dan S di rumahnya. Suatu ketika Rafi ingin mengetahui jenis-jenis muatan yang mungkin dimiliki oleh benda-benda tersebut. Ia mengambil penggaris plastik dan menggosoknya dengan kain wol. Selanjutnya ia mendekatkan penggaris tersebut ke benda R. Rafi juga mencoba mendekatkan benda satu dengan lainnya. Hasil interaksi dari percobaan Rafi tertera pada tabel berikut.


Berdasarkan hasil-hasil interaksi ini, jenis-jenis muatan listrik yang dimiliki oleh P, Q, R, dan S adalah...


10. Berikut disajikan data-data hasil simulasi tentang Hukum Coulomb.


Berdasarkan data pada tabel tersebut pilihlah pernyataan yang benar dengan memberi tanda (✔)! (boleh memberi tanda (✔) lebih dari 1)
▯ Simulasi ke-1 dan ke-2 menunjukkan bahwa besarnya gaya coulomb tidak dipengaruhi oleh jarak antara muatan listrik A dan B.
▯ Besarnya gaya coulomb pada simulasi ke-2 lebih kecil dibanding simulasi ke-1 karena jarak antara muatan listrik A dan B lebih besar.
▯ Besarnya gaya coulomb pada simulasi ke-4 lebih besar dibanding simulasi ke-3 karena besar muatan listrik A lebih kecil.
▯ Simulasi ke-3 dan ke-4 menunjukkan bahwa besarnya gaya coulomb dipengaruhi oleh besarnya muatan listrik A dan B.


Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan soal diatas, silahkan Unduh Contoh Soal AKM Mapel IPA Kelas 9 pada tautan berikut :



Catatan :
  • Soal AKM diatas tidak dilengkapi dengan Jawaban, jadi yuk sama-sama berdiskusi dengan cara menuliskan jawaban pada kolom komentar. Jangan lupa tuliskan Kelas, Nomor Soal dan Jawaban yang benar ya... Jawaban kalian akan membantu orang lain juga lho. hehehe Sebelumnya, terima kasih telah berperan aktif dengan cara memberikan komentar ya.
  • File diatas dikemas dalam bentuk (.pdf), jadi bagi Bapak / Ibu yang mengalami kesulitan mengunduh dokumen diatas atau menginginkan file dokumen word (.doc), silahkan cantumkan alamat email yang aktif, Sinau-Thewe.com akan mengirimkan melalui email.


Demikian informasi tentang Soal AKM IPA Kelas 9 SMP/MTs yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "40 Soal AKM IPA Kelas 9 SMP/MTs"

  1. Assalamualaikum pak,maaf boleh kirim jawaban untuk tes asesmen literasi numerasi tingkat SMP pelajaran ipa

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel