Langkah-Langkah Mengganti Akun Operator Dapodik 2020.b

Sinau-Thewe.com - Langkah-Langkah Mengganti Akun Operator Dapodik 2020.b - Pergantian operator Dapodik di sekolah atau Satuan Pendidikan adalah suatu hal yang umum terjadi / wajar. Mengapa? Kalau berbicara soal alasan tentunya karena banyak hal. Bisa karena manajemen Satuan Pendidikan tersebut sampai dengan alasan personal.

Tapi permasalahannya adalah bukan pada titik tersebut, tetapi langkah apa yang harus dilakukan oleh Satuan Pendidikan atau operator Dapodik yang baru untuk mengganti akun Dapodiknya dengan akun yang baru. Nah, pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan menjelaskan step by step langkah-langkah mengganti akun Dapodik.

Langkah-Langkah Mengganti Akun Operator Dapodik 2020.b

1. Langkah yang pertama adalah membuka laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php maka akan terbuka halaman utama seperti gambar dibawah ini :


2. Langkah berikutnya adalah klik Login yang tertera pada pojok kanan atas menggunakan akun yang lama seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini :


3. Setelah berhasil Login, maka pada menu Login akan tercantum nama operator Dapodik lama. Klik nama operator tersebut kemudian akan muncul beberapa sub menu pilihan diantaranya adalah Profil, Ubah Password dan Logout. Klik pada submenu Profil.


4. Kemudian akan terbuka laman identitas Operator tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini :


5. Tahapan berikutnya adalah siapkan terlebih dahulu Surat Tugas / Surat Penugasan untuk operator Dapodik yang baru. Tidak ada bentuk baku dalam Surat Penugasan, hal ini di serahkan sepenuhnya pada manajemen sekolah yang dibuktikan dengan tanda tangan Kepala Sekolah dan cap basah.
6. Kemudian scan Surat Tugas tersebut karena hasil scan akan di upload.
7. Dari gambar diatas, langkah berikutnya adalah klik menu Update Surat Tugas yang terdapat di sebelah kiri, maka akan terbuka halaman upload Surat Tugas yang baru seperti gambar dibawah ini :


8. Klik tombol Pilih File dan unggah hasil Scan Surat Penugasan Operator Dapodik yang baru, kemudian klik tombol Upload.
9. Setelah berhasil di upload, silahkan berkomunikasi dengan admin Dapodik Kabupaten / Kota setempat untuk me-reset akun dan kode registrasi yang lama dengan yang baru.
10. Setelah berhasil di reset dan mendapatkan akun serta kode registrasi yang baru, tahapan Berikutnya adalah memperbarui profil operator dengan cara klik Update Profil. Perhatikan gambar dibawah ini :


11. Jika sudah di update, dan di Aplikasi Dapodik yang terinstal di komputer masih tersimpan data lama, silahkan uninstal terlebih dahulu dan instal kembali menggunakan akun operator serta kode registrasi yang baru.
12. Pastikan tidak ada yang invalid dan lakukan sinkron untuk mengirim data terbaru.

Demikian tutorial tentang Langkah-Langkah Mengganti Akun Operator Dapodik 2020.b yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika tutorial / informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com silahkan klik tombol ikuti. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-Langkah Mengganti Akun Operator Dapodik 2020.b"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel