Download Pedoman Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020

Sinau-Thewe.com - Pedoman Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020 - Pedoman ini dibuat dan dipublikasikan oleh Badan Akreditasi Sekolah / Madrasah (BANSM) yang bertujuan untuk menciptakan Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu melalui proses yang Profesional, Terpercaya dan Terbuka.

Apa Itu Akreditasi?


Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat (22).

Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.


Sekolah/madrasah adalah bentuk satuan pendidikan formal yang meliputi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Luar Biasa (SLB), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), dan satuan pendidikan formal lain yang sederajat.

Didalam panduan ini dijelaskan beberapa hal antara lain :

  1. Pengertian dan Landasan Hukum Akreditasi Sekolah / Madrasah
  2. Sistem Akreditasi 2020
  3. Manajemen, Organisasi dan Tata Kelola
  4. Rekrutmen dan Pembinaan Asesor
  5. Sistem Data, Informasi dan Monitoring

A. Sistem Akreditasi Sekolah / Madrasah 2020

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) mulai tahun 2018 sudah mulai merancang perubahan sistem akreditasi, mulai dari tatanan perubahan paradigma lama ke paradigma baru, dari paradigma berbasis compliance menjadi paradigma berbasis performa.


Kemudian, dengan paradigma baru tersebut telah diturunkan menjadi instrumen akreditasi baik yang berbasis compliance maupun instrumen akreditasi yang berbasis performance. Instrumen tersebut diberi nama Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 disingkat IASP2020. Instrumen ini akan digunakan pada pilot-implementasi (pilot implementation) pada akhir Tahun 2020.

B. Mekanisme dan Alur Kerja Sistem Akreditasi Sekolah / Madrasah 2020

Secara kongkret, mekanisme pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah yang baru, seperti terlihat dalam gambar dibawah ini :

Pada Gambar tersebut terdapat 3 (tiga) bagian besar yang sangat penting, yakni:

  1. Database Sekolah/Madrasah Terakreditasi. Daftar Sekolah/madrasah yang sudah terakreditasi sebelumnya. Sekolah/madrasah yang terdapat dalam database ini setelah sistem ini diberlakukan, maka secara reguler diwajibkan untuk memasukan data dan informasi ke dalam sistem monitoring terkait kinerja satuan pendidikan (indikatornya akan ditetapkan oleh BAN S/M).
  2. Proses monitoring (dashboard), proses ini dilakukan dengan mekanisme otomatis (machine generated), dan tidak melibatkan asesor untuk mencegah konflik kepentingan.
  3. Proses Akreditasi; apabila sekolah/madrasah sudah dinyatakan sebagai sasaran akreditasi, maka kemudian masuk pada tahap proses akreditasi.


C. Mekanisme Akreditasi Sekolah / Madrasah 2020

Mekanisme akreditasi sekolah/madrasah ditunjukkan pada gambar berikut :

Alur mekanisme akreditasi sekolah/madrasah seperti tampak pada diagram gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi IASP dan Pelaksanaan Akreditasi
  2. Asesmen Kecukupan Sasaran Akreditasi
  3. Visitasi Ke Sekolah/Madrasah
  4. Validasi Proses dan Hasil Visitasi
  5. Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi
  6. Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi
  7. Pengumuman Hasil Akreditasi
  8. Penerbitan Sertifikat Akreditasi dan Rekomendasi


D. Download Pedoman Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah link Pedoman Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020. DOWNLOAD DISINI.

Demikian informasi tentang Download Pedoman Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi lainnya dari Sinau-Thewe.com silahkan klik tombol Ikuti. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Pedoman Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel