Panduan SISPENA Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020

Sinau-Thewe.com - Panduan SISPENA Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020 - Panduan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana menggunakan aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah.)

Aplikasi Sispena-S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer aplikasi juga bisa diakses menggunakan handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil. 

Panduan menggunakan Sispena-S/M untuk Tahun 2020 masih sama persis dengan panduan tahun sebelumnya, jadi kali ini Sinau-Thewe.com sedikit mengulas dari panduan tahun sebelumnya. Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi
Sispena-S/M adalah sebagai berikut :

Panduan SISPENA Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020

1. Kunjungi laman https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login menggunakan browser, maka akan keluar halaman login seperti gambar dibawah ini :


2. Secara default, Username dan Password menggunakan NPSN Satuan Pendidikan.
3. Setelah Username dan Password di isi, ketikan kode captcha yang ditampilan kemudian klik tombol Login.
4. Jika Login berhasil, maka Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data Dapodik / EMIS seperti gambar dibawah ini :


5. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu Program Keahlian. 


6. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah adalah status akreditasi terakhir, tahun akreditasi serta visi dan misi.
7. Setelah terisi selanjutnya klik tombol Submit.
8. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi. 


9. Terdapat beberapa menu pada isian akreditasi diantaranya: Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan Kartu Kendali.


10. Langkah awal pengisian DIA klik menu Pernyataan Kepala Sekolah maka akan muncul jendela seperti gambar diwabah ini :


11. Klik tombol download (unduh) format, apabila belum memiliki format pernyataan kepala sekolah/madrasah, lalu Save (Simpan). Bentuk Pernyataan Kepala Sekolah bisa dilihat dari gambar dibawah ini :


12. Setelah format tersebut diisi, ditandatangan dan distempel, selanjutnya discan/dipindai dan dimasukan ke dalam Sispena-S/M dengan mengklik Tombol Choose File (Pilih File) lalu tekan tombol Simpan.


13. Apabila file sudah terkirim ke dalam sistem, maka akan muncul tombol sudah terunggah, seperti gambar di bawah ini.


14. Kemudian lakukan pengisian data DIA pada menu-menu lainnya.
15. Untuk lebih jelasnya silahkan klik Download Panduan SISPENA Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020.

Demikian informasi tentang Panduan SISPENA Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi lainnya dari Sinau-Thewe.com silahkan klik tombol Ikuti. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan SISPENA Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel