Tiga Cara Membatalkan Mutasi Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2021

Membatalkan Mutasi Peserta Didik - Salah memutasi Peserta Didik dari Aplikasi Dapodik Versi 2021 adalah hal yang menjengkelkan. Bagaimana tidak, proses mutasi di Dapodik tidak bisa dibatalkan. Hadewwww... Ibarat sudah terjatuh, tertimpa tangga pula, wakakakaka.


Biasanya kasus seperti ini terjadi karena beberapa hal :
  • Salah informasi dari wali kelas atau pihak yang bertanggungjawab.
  • Salah memilih identitas Peserta Didik karena ada kemiripan nama Peserta Didik, misal Susanti dan Susanto.
  • Dan lain sebagainya
Meskipun proses mutasi tidak bisa dibatalkan, tetapi ada trik tertentu agar Peserta Didik tersebut masuk kembali ke Aplikasi Dapodik Satuan Pendidikan. 

Berikut ini adalah tiga cara membatalkan mutasi Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2021 :

A. Uninstal Aplikasi Dapodik Versi 2021

Apa hubungannya proses mutasi dengan Uninstall Aplikasi Dapodik? Proses mutasi dilakukan secara offline menggunakan Aplikasi Dapodik yang datanya masih tersimpan di dalam database Dapodik di sistem komputer pengguna. Jadi proses mutasi tersebut tidak akan terkirim ke server Dapodik apabila setelah memutasi tidak dilakukan sinkron.

Artinya, pengguna cukup melakukan Uninstall Aplikasi Dapodik kemudian Instal kembali menggunakan prefill terbaru. Dengan catatan, prefill tersebut telah berisi data terbaru. Bagaimana cara Uninstall Dapodik yang baik dan benar? Silahkan simak artikel Dua Cara Uninstall Dapodik Versi 2021.

B. Hubungi Dinas Pendidikan Setempat

Cara yang kedua adalah berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat. Langkah ini dilakukan apabila Operator Dapodik telah melakukan sinkron pasca memutasi Peserta Didik.

Biasanya untuk mengajukan pembatalan mutasi Peserta Didik ke Dinas Pendidikan setempat, Operator Dapodik diminta untuk menyiapkan beberapa berkas pendukung seperti :
  • Surat Tugas
  • Surat Permohonan Pembatalan Mutasi
  • FC Ijazah pada jenjang sebelumnya
  • FC Akta Kelahiran
  • Surat Keterangan Aktif Belajar di Satuan Pendidikan
Daftar berkas pendukung tersebut bisa berbeda, tergantung aturan dari Dinas Pendidikan setempat.

C. Baik-Baiklah Dengan Operator Tetangga

Langkah ketiga adalah langkah yang paling menarik, kenapa demikian? Kita bisa meminta tolong kepada Operator Satuan Pendidikan terdekat untuk menarik Peserta Didik yang terlanjur termutasi. Kemudian dilanjutkan untuk memutasikan kembali Peserta Didik dari Satuan Pendidikan tersebut.

Jadi, kita hanya tinggal menarik data dari Satuan Pendidikan tersebut tanpa harus repot-repot ke Dinas Pendidikan dengan membawa banyak berkas.hehe

Bagaimana cara menambah Peserta Didik mutasi? Silahkan simak artikel Cara Tambah Peserta Didik Mutasi Dapodik Versi 2021.

Demikian informasi tentang Tiga Cara Membatalkan Mutasi Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tiga Cara Membatalkan Mutasi Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel