Cara Memperbaiki Riwayat Pendidikan PTK di Dapodik Versi 2021

Riwayat Pendidikan PTK Dapodik 2021 - Salah satu perubahan yang terjadi di Aplikasi Dapodik Versi 2021 adalah pengguna tidak bisa merubah riwayat pendidikan formal PTK melalui aplikasi Dapodik. Hal tersebut dikarenakan riwayat pendidikan dengan kualifikasi S1 pada GTK merupakan salah satu data yang dimanfaatkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan terkait proses transaksional tunjangan profesi guru.

Untuk dapat melakukan perbaikan atau perubahan pada riwayat pendidikan formal PTK, pengguna cukup mengakses melalui laman individual PTK secara online atau melalui manajemen Dinas Pendidikan.

Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki riwayat pendidikan PTK :
1. Silahkan buka browsernya terlebih dahulu. Bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain sebagainya.
2. Kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun PTK yang bersangkutan. Jika login berhasil maka akan keluar laman seperti gambar berikut :


3. Selanjutnya klik menu Pendidikan.
4. Klik Pendidikan Formal dan kemudian klik tanda pensil, maka akan keluar rincian riwayat pendidikan PTK seperti gambar berikut :


5. Isikan Jenjang, Satuan Pendidikan, Fakultas, Bidang Studi, Kependidikan, Gelar dan Tahun masuk, Tahun Lulus dan NIS/NISN/NIM.
6. Jika PTK tersebut sedang meneruskan pendidikan, maka isikan data Masih Studi / Kuliah, Semester dan Rata-Rata Ujian Akhir / IPK / GPA.


7. Klik Simpan
8. Silahkan lanjutkan dengan proses sinkron Aplikasi Dapodiknya agar perubahan riwayat pendidikan PTK tersebut masuk ke dalam Aplikasi Dapodik.
9. Selesai

Demikian tutorial tentang Cara Memperbaiki Riwayat Pendidikan PTK di Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

31 Responses to "Cara Memperbaiki Riwayat Pendidikan PTK di Dapodik Versi 2021"

  1. kalo error gaga \l simpan solusinya gmn?

    ReplyDelete
  2. mengapa ketika klik simpan, tidak ada reaksi atau pemberitahuan apapun apakah gagal simpan atau berhasil ? Solusinya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh gimana ya solusimya,,,klik simpan tidak ada respon,,,,

      Delete
  3. tampilannya ( gagal autentik password dan username tidak cocok )
    bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di reload atau Clear history browser atau ganti browser lain dan atau ganti dengan perangkat lain. Kemarin saya juga gitu

      Delete
  4. Replies
    1. Coba reload atau klik menu lain terus coba cek kembali riwayat pendidikannya

      Delete
  5. tombol deletnya error yah jdi ini d tmpat saya ada GTK yg klik simpan berkali2 jadi banyak s1nya, mau sya hapus tpi tidak bsa

    ReplyDelete
  6. Sy juga gitu , malah muncul S1 nya sampe 7 kali.., berubahnya pendidikan terakhir ini apakah ada campur tangan OPS juga???.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika klik simpan tidak ada muncul centang atau memberitahu bahwa perubahan sudah disimpan sampai akhirnya saya klik berulang kali, setelah saya reload ternyata perubahan riwayat pendidikan muncul 14 riwayat pendidikan. bagaimana cara menghapus agar tersimpan satu data saja, karena saya klik tanda silng merah tidak ada perubahan bahwa data sudah dihapus

      Delete
  7. TERSIMPAN SAMPAI 36 X TAPI TIDAK BISA DIHAPUS.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, bagaimana solusinya ya?

      Delete
    2. SAMA SAYA JUGA KARENA TIDAK ADA RESPON KETIKA DISIMPAN, PAS LIHAT SUDAH SAMPAI 69 KALI ... BAGAIMANA MENGHAPUSNYA ,MOHON BANTUANNYA.

      Delete
    3. Delete riwayat pendidikan di dapodik, lalu sinkron atau tarik data. setelah itu tunggu 1x24 jam, cek kembali di laman ptk.datadik. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete
    4. cara deletenya gmana yah soalnya ga ada tombol delete riwayat?

      Delete
  8. Saya juga sama klik simpan muncul sampai 15 pendidikan S1 nya. Itu bagaimana cara menghapusnya ya agar tersisa 1 saja? Mohon solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Delete riwayat pendidikan di dapodik, lalu sinkron atau tarik data. setelah itu tunggu 1x24 jam, cek kembali di laman ptk.datadik. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete
  9. kak gimana pengisian nim nya terbatas

    ReplyDelete
  10. kak gimana ya punya saya susah disimpannya
    padahal udah berkali-kali mencoba gagl terus

    ReplyDelete
  11. tidak pernah bisa,klik simpan tapi tidak ada respon..direload data tidak berubah..

    ReplyDelete
  12. Setelah di edit disimpan berulang'' Menu simpan tidak merespon,stelah sinkron dapodik muncul pendidik S1 buanyaak bgt

    ReplyDelete
  13. Cara mengahapus riwat pendidikan bgaimana caranya gan... Soalnya riwayat pendidikan saya SMA nya dobel ada 9 baris.... Mhon penjelasannya gan..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara blm aktif fasilitas delete datanya kak...

      Delete
  14. Iya kok tidak bisa disimpan....mohon sklusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di Edit di Dapodik kak, Versi 2021.b, silahkan kontak Operator Dapodik di sekolah utk perbaikan data kak

      Delete
  15. Cara mengisi bidang studi S-1 di dapodik tapi bid studi tersebut tidak ada.. seperti administrasi publik.. itu diisi apa ya pak?

    ReplyDelete
  16. Gimana yah cara ngisi bidang studi S-1 yang tidak ada di dapodik.. seperti administrasi publik 😌

    ReplyDelete
  17. Punyaku klik simpan berkali" ndk bisa tersimpan,aku dah pkek yg versi 2021 b kemudian tak sinkron..kog tetap ndk muncul juga..gmn solusinya mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel