Cara Setting Peserta Didik Tidak Naik Kelas di Dapodik 2021

Siswa Tidak Naik Kelas di Dapodik 2021 - Peserta Didik tidak naik kelas disebabkan oleh beberapa alasan, yang salah satu alasannya adalah Peserta Didik tersebut belum bisa menguasai materi pembelajaran sehingga mendapatkan nilai dibawah standar minimal atau Kriteria Ketuntasan Minimal / KKM Mata Pelajaran. Oleh karena itu Peserta Didik dinyatakan tinggal kelas atau tidak naik kelas.

Proses mengatur Peserta Didik yang tidak naik kelas berbeda dengan proses mutasi atau tarik data baru dikarenakan Peserta Didik tersebut sudah terdapat pada database Dapodik Satuan Pendidikan tersebut. Meskipun demikian, perlu ketelitian atau ke hati-hatian dalam melakukan proses ini agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Contoh kasus, misalnya ada satu Peserta Didik yang dinyatakan tinggal kelas pada rombel XI TKR.3. Secara sistem di Aplikasi Dapodik Versi 2021, data Peserta Didik tersebut berada di rombel XII TKR.3. Maka dari itu, Operator Dapodik wajib menurunkan tingkat pendidikan Peserta Didik tersebut ke rombel XI TKR.3.

Dan berikut ini Sinau-Thewe.com akan membagikan langkah-langkah mengatur Peserta Didik yang dinyatakan tidak naik kelas.
1. Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021
2. Klik menu Rombongan Belajar, klik Reguler.
3. Keluarkan Peserta Didik tersebut dari keanggotaan rombel XII TKR.3.
4. Kemudian buka rombel XI TKR.3.


5. Masukan Peserta Didik ke dalam rombel tersebut dengan catatan pada opsi Pendaftaran pilih jenis Mengulang.
6. Silahkan lanjutkan dengan proses sinkron Dapodik Versi 2021
7. Selesai

Demikian informasi tentang Cara Setting Peserta Didik Tidak Naik Kelas di Dapodik 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat di dalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Setting Peserta Didik Tidak Naik Kelas di Dapodik 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel