Apa Fungsi Pengajuan Tukar NUPTK di VervalPTK 2020?

Pengajuan Tukar NUPTK di VervalPTK 2020 - VervalPTK pada Tahun Pelajaran 2020/2021 banyak mengalami perubahan dan penambahan fitur. Selain Pengajuan Klaim NUPTK, fitur lainnya yang ditambahkan adalah menu Pengajuan Tukar NUPTK. Fasilitas tersebut tidak dijumpai pada VervalPTK di tahun sebelumnya. Mengapa demikian? Dan apa fungsi menu tersebut?

Sampai saat ini belum ada informasi resmi terkait Buku Panduan VervalPTK Tahun 2020, sehingga menyebabkan timbulnya berbagai argumen dari hasil analisis pengguna (Operator Dapodik) terhadap uji coba yang dilakukan untuk mengetahui fungsi setiap menu yang ada. Sehingga belum bisa menjawab secara detail terhadap pertanyaan diatas.

Menurut penulis, fungsi Pengajuan Tukar NUPTK hampir sama dengan Pengajuan Klaim NUPTK yang digunakan untuk mengatasi tertukarnya NUPTK milik salah satu PTK dengan PTK lainnya. Hal ini kemungkinan terjadi saat isian NUPTK pada Aplikasi Dapodik masih dibuka, sehingga Operator Dapodik mengisi NUPTK secara manual.

Kurang telitinya Operator Dapodik dan kebanyakan PTK yang terkadang bersikap pasrah terhadap isian datanya di Dapodik menyebabkan masalah tersebut. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah cara pengajuan tukar NUPTK.


Cara Pengajuan Tukar NUPTK di VervalPTK Tahun 2020

1. Silahkan buka Web Browsernya menggunakan Google Chrome.
3. Login menggunakan akun Dapodik dan jika berhasil login, maka akan keluar halaman utama seperti gambar diatas.
4. Silahkan klik menu Pengajuan Tukar NUPTK.
5. Klik tombol Ajukan Tukar NUPTK yang berada di sebelah kanan data individu pada salah satu PTK yang NUPTK-nya tertukar.
6. Kemudian akan keluar halaman isian data seperti gambar berikut :


7. Identitas PTK yang ditampilkan antara lain Nama, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung.
8. Ketikkan NUPTK yang "BENAR" pada isian data NUPTK Diajukan.
9. Bukti fisik yang digunakan untuk Pengajuan Tukar NUPTK adalah "SK Sertifikasi" atau "Sertifikat Pendidik". Scan dokumen tersebut dan simpan dalam file (.pdf) dengan kapasitas maksimal adalah 2Mb.
10. Unggah file (.pdf) tersebut dengan cara klik tombol Pilih Berkas.
11. Jika seluruh data dipastikan sesuai dan benar, silahkan klik tombol Ajukan.
12. Untuk memantau perkembangan Pengajuan Tukar NUPTK, silahkan klik menu Status Pengajuan Tukar.
13. Selesai

Demikian tutorial tentang Apa Fungsi Pengajuan Tukar NUPTK di VervalPTK 2020? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang berada di bawah tutorial ini. Apabila ingin mengetahui dan mendapatkan notifikasi tentang artikel / tutorial / informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Fungsi Pengajuan Tukar NUPTK di VervalPTK 2020?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel