Download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C

Panduan Dapodik 2021.C - Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen yang memuat data Satuan Pendidikan, Peserta Didik, GTK, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring. 

Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2021.c. Secara sistem, pembaruan versi 2021.c disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodik versi 2021.c dikemas dalam bentuk installer.




Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodik Versi 2021.c mulai dari persiapan, proses instalasi, serta langkah-langkah pengisian Aplikasi Dapodik Versi 2021.c.

Buku ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan pengisian data Sekolah melalui Aplikasi Dapodik. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang Aplikasi Dapodik Versi 2021.c dalam bentuk panduan.

Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar langkah-langkah pengisian, perbaikan dan pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c dapat dipahami dengan mudah.


Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik



Pada tahap ini, pengguna dalam hal ini adalah Operator Dapodik dapat memahami secara detail tentang Spesifikasi Komputer, Kode Registrasi & Akun Petugas Pendataan, Unduh Aplikasi Dapodik, Generate Prefill Aplikasi Dapodik dan lain sebagainya.


A. Spesifikasi Komputer



Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, yaitu:
  1. Prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
  2. Memori standar 4GB DDR3;
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  4. Sistem operasi Windows 10;
  5. Aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome, mozilla firefox, atau opera.


B. Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan



Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021.c, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK.


C. Generate Prefill Dapodik Versi 2021.C



Langkah-langkah secara lengkap telah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.C.


D. Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021.C



Langkah-langkah secara lengkap telah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021.C.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan Download  Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel