Cara Mengatasi Invalid Sarpras di Dapodik Versi 2021.C

Invalid Sarpras Dapodik 2021.C - Bagi Operator Dapodik yang sudah berpengalaman tentunya tidak akan kaget dengan istilah "Invalid". Bisa dikatakan istilah tersebut merupakan hal yang wajar terjadi terhadap data Dapodik. Invalid tidak hanya terjadi pada data Peserta Didik, tetapi juga pada data PTK, Sarana Prasarana, Data Rinci Sekolah dan lain sebagainya.

Tetapi jangan sampai keliru dalam mengdefinisikan invalid sebagai tanda terhadap data yang salah, tetapi invalid juga sebagai indikator atau sebagai tanda agar Satuan Pendidikan melakukan pembaruan data.

Proses pembaruan data terjadi sesuai dengan kondisi Satuan Pendidikan, data ini biasanya terjadi pada data umum misalnya Sarana Prasarana (Sarpras), Kondisi Gedung dan lain sebagainya. Nah, fokus pada pembahasan kali ini adalah cara mengatasi invalid sarpras pada Aplikasi Dapodik Versi 2021.C.




Jumlah data invalid ataupun warning akan muncul setelah Operator Dapodik Satuan Pendidikan telah berhasil Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Dapodik Versi 2021.C serta melakukan Validasi Lokal.

Perbedaan antara Invalid dengan Warning adalah proses sinkronisasi akan gagal jika data invalid belum diperbaiki. Artinya data invalid wajib diperbaiki sebelum melakukan sinkron, tetapi tidak untuk data warning. Sebanyak apapun jumlah data Warning, sinkronisasi akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini berarti bahwa, data warning dapat diperbaiki kapanpun dan tidak akan mengganggu proses sinkronisasi Dapodik.


Langkah-Langkah Mengatasi Invalid Sarpras di Dapodik Versi 2021.C dengan Cepat



1. Lakukan validasi data terlebih dahulu dengan cara klik menu Validasi dan pilih sub menu Valikasi Lokal.
2. Klik seluruh tab data mulai dari data Sekolah, Sarpras, Peserta Didik dan lain sebagainya.
3. Jika sudah selesai, klik menu Sarpras dan klik sub menu Tanah & Bangunan dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut :




4. Klik data Tanah, kemudian klik Menu Aksi dan pilih Salin Data Periodik.
5. Akan muncul Peringatan Salin Data Periodik, klik tombol Ya.
6. Tunggu proses salin data Sarpras dari Semester Gasal ke Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 selesai.
7. Lakukan Validasi Lokal kembali.
8. Selesai

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Invalid Sarpras di Dapodik Versi 2021.C yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah tutorial ini. Dan apabila ingin mendapatkan pemeritahuan / notifikasi tentang informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Invalid Sarpras di Dapodik Versi 2021.C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel