Syarat Mutasi / Pindah Sekolah Induk Bagi PTK CPNS, PNS dan GTY 2020

Syarat Mutasi atau Pindah Sekolah Induk PTK- Mutasi atau pindah Satuan Pendidikan melibatkan dua instansi yaitu Satuan Pendidikan lama dan Satuan Pendidikan induk baru. Proses ini diawali dengan Memutasi PTK / Mengeluarkan Data PTK tersebut dari database Dapodik di Satuan Pendidikan lama. 

Yang dilanjutkan dengan proses Tarik Data PTK oleh Operator Dapodik ke Satuan Pendidikan yang baru melalui laman manajemen Dapodik. Khusus untuk Dikmen (SMA dan SMK), agar tarik data PTK tersebut masuk ke dalam database Dapodik, operator Dapodik wajib melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan Provinsi melalui Cabang Dinas Wilayah setempat dengan membawa beberapa syarat / berkas pendukung.

Berikut ini adalah beberapa berkas yang dibutuhkan untuk proses mutasi PTK, baik untuk status kepegawaian CPNS, PNS dan GTY.


A. Syarat Mutasi PNS 

  1. Surat Tugas
  2. Surat Permohonan yang ditandatangani Kepala Sekolah dan PNS bersangkutan.
  3. Surat Pengantar dari Cabang Dinas.
  4. Salinan Surat Perintah Tugas dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPT & SPMT) yang dilegalisir.
  5. Salinan SK pembagian tugas mengajar/penugasan di sekolah baru.

B. Untuk CPNS:

  1. Surat Tugas.
  2. Surat Permohonan.
  3. Surat Pengantar dari Cabang Dinas.
  4. Salinan SK CPNS dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) yang dilegalisir.
  5. Salinan SK pembagian tugas mengajar/penugasan di sekolah baru.

C. Untuk Swasta / GTY

  1. Surat Tugas.
  2. Surat Permohonan.
  3. Surat Pengantar dari Cabang Dinas.
  4. Surat Lepas/Mutasi dari Yayasan/Satuan Pendidikan lama.
  5. Salinan Legalisir SK Pengangkatan dari Ketua Yayasan di sekolah baru.
  6. Salinan SK pembagian tugas mengajar/penugasan di sekolah baru.

Demikian informasi tentang Syarat Mutasi / Pindah Sekolah Induk Bagi PTK CPNS, PNS dan GTY 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan dan semoga ada manfaat didalamnya.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini. Apabila ingin mendapatkan dan mengetahui informasi lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

30 Responses to "Syarat Mutasi / Pindah Sekolah Induk Bagi PTK CPNS, PNS dan GTY 2020"

  1. Apakah bisa mutasi sekolah induk baru bagi CPNS tanpa berhubungan dengan sekolah lama??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Yg penting data PTK ybs sudah di mutasi dengan benar oleh SP lama.

      Delete
  2. setelah gty pindah dapodik sekilah apa masih bisa ikut tes p3k?

    ReplyDelete
  3. Kalau kita mutasi dr smp ke smk unyuk gty apakah harus ke dinas propinsi?

    ReplyDelete
  4. Saya dulu mengajar di sekolah swasta kemudian resign dan sekarang honorer di skolah negeri. Tapi di data dapodik sekarang riwayat mengajar sy selama 6thn tdk Ada Dan dihitung baru di sekolah yg sekarang. Mnurut info operator yg skrg data sy tdk ada di server kemendikbud. Mohon pencerahannya apa bisa data riwayat mengajar sy dimasukkan ke dapodik yg baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi seperti ini terjadi apabila di sekolah lama mengeluarkan datanya bukan dengan keterangan "Mutasi". Tapi lainnya, misalnya "Mengundurkan Diri" dan lain sebagainya. Jadi riwayat mengajar di anggap kosong, karena datanya di Database Kemendikbud terhapus. Atau bisa juga, di sekolah yang baru dalam proses menambahkan datanya bukan dari hasil Tarik Data, tapi tambah data baru. Sehingga dianggap juga sebagai PTK baru yang belum memiliki riwayat mengajar

      Delete
  5. Kl untuk sekolah induk yg tidak beroperasi lagi, apakah perlu menyertakan surat lepas/mutasi yayasan sementara untuk mencari tanda tangan kepsek dibekas sekolah induk sulit dilacak posisinya. Apakah bila pindah induk beda provinsi berarti ngurusnya ke dinas pendidikan provinsi sekolah yg ingin dijadikan induk ya pak..??

    ReplyDelete
  6. Halo kak.. Saya GTT di SMP negeri dan sudah masuk dapodik, saya ingin pindah krn mengikuti suami, tp sekolah yg baru ini beda provinsi.. Cara mengurusnya perpindahannya bagaimana dan berkas2 yg diperlukan apa saja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga kak... Yang pertama di Satpen lama datanya telah di Mutasi dari Dapodik. Untuk syaratnya hampir sama dengan tambah PTK kak, cuma bedanya dilampirkan SK Mutasi. Dan biasanya juga diminta screen shoot proses tarik data di Satpen yang baru (di cap basah). Untuk SK GTT di Satpen baru, SK Mengajar dll masih tetap sama kak. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak ya.

      Delete
    2. Halo kak, saya GTT di SMP Negeri dulu saya GTY di SMK Swasta dan beda provinsi. Kemarin sdh tarik dapodik oleh operator dan berhasil, setelah saya lihat info kepegawaian TMT saya masih aktif riwayat mengajar saya selama 7tahun masih di hitung tp data saya masih yg dlu. Saya mau bertanya apakah riwayat mengajar saya bisa saya lanjutkan dg data terbaru sekarang. Apakah harus mengurus ke dinas dan apa saja Syarat nya?
      Terimakasih

      Delete
    3. Halo kak, saya GTT di SMP Negeri dulu saya GTY di SMK Swasta dan beda provinsi. Kemarin sdh tarik dapodik oleh operator dan berhasil, setelah saya lihat info kepegawaian TMT saya masih aktif riwayat mengajar saya selama 7tahun masih di hitung tp data saya masih yg dlu. Saya mau bertanya apakah riwayat mengajar saya bisa saya lanjutkan dg data terbaru sekarang. Apakah harus mengurus ke dinas dan apa saja Syarat nya?
      Terimakasih

      Delete
    4. Untuk Riwayat Mengajar sebaiknya berisi riwayat dari pertama kali mengajar kak, agar masa kerja terhitung dari awal. Kalau Riwayat Mengajar yg sekarang belum terhitung, ada kemungkinan karena di individual PTK pada laman ptk.datadik ataupun di InfoGTK belum tarik data terbaru meski Dapodik telah di sinkron. Paling pastikan Riwayat Mengajar yg sekarang telah di entry dan selalu pantau perkembangan datanya. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak

      Delete
  7. Halo kak..saya lolos cpns 2019 penempatan di SMP dan sebelumnya saya mengajar 9 tahun di SMA.nah untuk mutasi data saya ke Sekolah baru gimana caranya...soalnya udah 2 minggu kata operator sekolah lama saya katanya masih sinkron terus..mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  8. Saya sudah 6 tahun mengajar di SMP swasta, dan sekarang saya keterima CPNS di SMA, bagaimana proses mutasi data saya pak? apa ada proses yg berbeda karena beda jenjang, atau sama saja... mohon bimbingan dan petunjuknya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua proses sama kak. Tidak ada perbedaan. Intinya di sekolah lama datanya telah di mutasi, sekolah baru tinggal tarik data

      Delete
  9. Saya guru sertifikasi non pns disalah satu SMK di Jakarta Barat, saya mau pindah ke salah satu SMK yg lbh dekat dengan tempat tinggal saya di Bekasi Jawa Barat. Bagaimana proses pengurusan pindah sertifikasi antar propinsi? Apakah sulit/ lama prosesnya? Mohon dibantu pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Saya guru sertifikasi non pns disalah satu SMK di Jakarta Barat, saya mau pindah ke salah satu SMK yg lbh dekat dengan tempat tinggal saya di Bekasi Jawa Barat. Bagaimana proses pengurusan pindah sertifikasi antar propinsi? Apakah sulit/ lama prosesnya? Mohon dibantu pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama tidaknya tergantung proses mutasinya kak. Misalnya, dari sekolah lama datanya sudah di mutasi, kemudian disekolah baru sudah tarik data dan di ACC oleh Admin Prov. Kalo langkah itu cepat selesai ya utk sertifikasinya juga bisa ikut cepat kak. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak

      Delete
  11. Teman saya 2015 awal mengajar di sekolah swasta A kemudian pindah mengajar disekolah swasta B yg lebih dekat dgn rumahny di tahun 2019, jika seperti itu utk TMT dihitung 2015 atau 2019 dan bagaimana prosedur mengurusnya?
    Mohon bantuanya..terimakasih...

    ReplyDelete
  12. Maaf pak tanya kalau sebelumnya saya ngajar dibawah naungan kemenag kmudian diangkat cpns ini apa saya harus mengajukan nuptk lagi... Karena di aplikasi siaga belum muncul nuptk saya begitu juga di dapodik.. Sekedar info saya guru agama SD

    ReplyDelete
  13. Apakah Boleh mutasi ptk dari sekolah SDN ke SMK..???

    ReplyDelete
  14. Selamat malam admin, mau tanya, teman saya mau pindah unit pendidikan tapi masih dalam satu yayasan. Dia sudah tedaftar dapodik, nah sekolah tujuannya itu adalah sekolah baru dan perizinannya masih dalam proses. Apakah jika dia pindah, data dapodiknya akan hilang? Untuk masa kerjanya, apakah dihitung mulai dia mengajar di sekolah baru? Terima kasih admin sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data di Dapodik PTK tersebut tidak akan hilang dan masa kerja akan terhitung dari pertama kali PTK tersebut mengajar. Hanya sedikit saran kak, lebih baik pindah Satuan Pendidikannya nanti saja ketika perijinan sudah beres, sudah mendapatkan NPSN dan lain sebagainya.

      Delete
  15. Mohon pencerahannya
    Saya guru non pns, sertifikasi sudah impassing, honor disekolah swasta
    Ada kesempatan mutasi kesekolah negeri (smp)
    Pertanyaan saya
    1. Apakah sertifikasi saya tetap bisa lanjut ?
    2. Seandainya bisa syaratnya apa saja?

    ReplyDelete
  16. apakah jika GTT mutasi sekolah tetap bisa daftar p3k

    ReplyDelete
  17. Apakah GTT yg pindah mengajar masih bisa ikut p3k

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum saya gty di SD swasta, lalu berencana resign dari sekolah swasta ini tahun ajaran baru dan pindah ke SD negeri. Pertanyaan sy apakah bulan Juni ini bisa daftar p3k dan apakah seleksi administrasi p3k nya akan terkendala??

    ReplyDelete
  19. Mau tanya min
    Saya GTT di SMP Negeri dan sudah ber NUPTK, apakah bisa mutasi dari SMP Negeri ke SMK swasta dan NUPTK.nya apakah mengikuti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kak, saya juga pernah mengalami dan berhasil. Yg ptg ada surat mutasi dari sekolah lama

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel