Soal & Jawaban Reviu Pembelajaran 2 Bahasa Indonesia SD Seri PPPK

Kunci Jawaban Guru Belajar PPPK Bahasa Indonesia - Berdasarkan Materi Guru Belajar Calon ASN PPPK Jenjang SD, terdapat materi PGSD yang terdiri dari 5 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn.

Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa materi antara lain :

Pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan membagikan Soal dan Jawaban Reviu Pembelajaran 2 Mata Belajaran Bahasa Indonesia Jenjang SD Program Guru Belajar dan Berbagi Calon Guru ASN PPPK. Reviu Pembelajaran berisi beberapa soal yang harus dikerjakan oleh Peserta Guru Belajar PPPK. Berikut ini rincian soalnya :




A. Pembelajaran 2 : Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi



Teks fiksi adalah teks yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan imajinasi pengarang.Teks fiksi merupakan satu organisasi yang didukung oleh berbagai unsur yang terjalin satu sama lain dan yang secara bersama-sama membangun cerita, seperti tema, perwatakan, latar, alur, dan amanat. Teks fiksi memiliki struktur seperti 1) orientasi, berisi pengenalan tema, tokoh, dan latar; 2) komplikasi, berisi cerita tentang masalah yang dialami tokoh utama. Pada bagian ini peristiwa-peristiwa di luar nalar ini biasanya terjadi; 3) resolusi, merupakan bagian penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh. Adapun kaidah kebahasaan teks fiksi adalah Teks fiksi memiliki kaidah kebahasaan menggunakan kata-kata yang menyatakan urutan waktu, menggunakan kata kerja tindakan, menggunakan kata kerja yang menggambarkan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan para tokohnya, menggunakan kata-kata yang menggambarkan keadaan atau sifat tokohnya, dan menggunakan dialog. Teks fiksi terdiri dari cerita rakyat, cerita fantasi, cerita pendek, cerita inspiratif, puisi rakyat, puisi baru, dan drama.


Bahan Belajar

1. Pagi tadi Eyang menyuruh Bi Jum, pembantunya, mengantar Via berobat ke Puskesmas. Sudah dua hari Via pilek. Biasanya Eyang sendiri yang mengantar Via berobat. Namun tetangga sebelah meninggal. Eyang melayat ke tetangga sebelah.
Analisislah teks di atas kemudian tentukan kalimat mana yang menggunakan keterangan waktu...
a. Keempat dan kelima
b. Ketiga dan keempat
c. Pertama dan kedua
d. Kedua dan ketiga
e. Pertama dan kelima


2. Pada suatu hari, Si Bongkok dan si Buta bersama-sama pergi ke pasar untuk berbelanja. Setiba di pasar, si Buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si Bongkok. oleh si Bongkok disuruh memberi nasi dan sepotong daging yang agak keras.
Yang termasuk kata sandang dalam kutipan di atas adalah...
a. Oleh
b. Agak
c. Si
d. Pada
e. Di


B. Riviu Pembelajaran 2 Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi



1. “Mengapa pagi ini waktu sangat kacau?” ucap induk gagak. Ia lalu segera mencari anaknya. Namun, ia tidak menemukannya. Ia pun kembali ke sarang. Cemas dan sedih menjadi satu.
Kutipan di atas termasuk ke dalam bagian...
a. Resolusi
b. Komplikasi
c. Evaluasi
d. Orientasi
e. Amanat

2. Puisi berikut yang termasuk syair adalah...
a. Wajah yang manis pucat berseri. Laksana bulan bersiang hari. Berjalan tunduk memikirkan diri. Tiada memSaudarang kanan dan kiri
b. Kalau terpelihara mata. Kurangilah cita-cita. Kalau terpelihara kuping. Kabar jahat tiada damping.
c. Jalan-jalan ke pasar baru. Jangan lupa beli celana. Kalau punya teman baru. Jangan lupa teman lama
d. Rasanya ingin bermain gitar. Lagu sendu gubahan dariku. Saudara ingin menjadi pintar. Jangan lupa membaca buku
e. Mata air di dalam kolam. Kucari teka-teki alam. Di awan-awan kian kemari. Di situ juga jawab kucari


3. Pesan baginda kepada anaknya, “Hai anakku! Hati-hati engkau, jangan tergoda oleh harta sebab engkau akan menyesal kalau ajal telah datang. Kejujuran lebih berharga dan mulia dari segalanya.”. Pelajaran yang dapat dipetik dari kutipan tersebut adalah...
a. Harta yang harus dijaga
b. Kejujuran lebih mulia dan berharga
c. Harta lebih mulia
d. Anak yang sombong
e. Pesan Baginda Raja pada anaknya


4. Eyang mengangguk-angguk (1) mulai (2) memahami persoalan Via. Namun (3) beliau belum menanggapi (4) pertanyaan cucunya. Eyang tersenyum (5).
Kata yang menyatakan urutan waktu ditandai dengan nomor...
a. (4)
b. (5)
c. (3)
d. (1)
e. (2)


5. Via menunggu (1) pembantu baru. Via ikut Bunda ke kantor sepulang (2) sekolah. Mula-mula (3) semua berjalan lancar. Lalu Via mulai sakit-sakitan (4). Akhirnya ia harus opname. Dokter menduga Via kurang istirahat dan makannya tidak teratur. Bunda menangis mendengarkannya. Ia merasa bersalah (5). Kata kerja tindakan ditandai dengan nomor...
a. (4)
b. (2)
c. (5)
d. (3)
e. (1)

6. Pagi tadi E yang menyuruh Bi Jum, pembantunya, mengantar Via berobat ke Puskesmas. Sudah dua hari Via pilek. Biasanya Eyang sendiri yang mengantar Via berobat. Namun tetangga sebelah meninggal. Eyang melayat ke tetangga sebelah.
Kutipan cerita di atas termasuk ke dalam bagian...
a. Komplikasi
b. Rekomendasi
c. Orientasi
d. Resolusi
e. Evaluasi


7. Dari Jakarta menuju Semarang. Jangan lupa beli papaya. Engkau senang, aku senang. Karena kita memang saudara. Balasan yang tepat untuk pantun tersebut adalah...
a. Jika engkau pergi ke Pati. Belikan aku sekilo duku. Jika engkau berbaik hati. Bantulah aku bawakan buku
b. Makan gulai di atas batu. Kerasnya batu tak terasakan. Jika boleh aku bertemu. Datang bertamu dambil berjalan
c. Kalau ada sumur di lading. Boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umurku panjang. Boleh kita berjumpa lagi
d. Jika kenyang karena makan. Janganlah lupa akan minumnya. Jika datang dengan ancaman. Akan ku terima dengan gembira
e. Buah lengkung enak rasanya. Beli murah di Temanggung. Kita memang saudara. Susah senang kita tanggung


Bapak Ibu yang memerlukan Soal dan Jawaban diatas, silahkan Unduh Soal & Jawaban Reviu Pembelajaran 2 Bahasa Indonesia SD Seri PPPK pada tautan berikut :




Demikian informasi tentang Soal & Jawaban Reviu Pembelajaran 2 Bahasa Indonesia SD Seri PPPK yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal & Jawaban Reviu Pembelajaran 2 Bahasa Indonesia SD Seri PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel