Masalah & Solusi Pendaftaran CASN 2021 Pada Portal SSCASN

Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CASN 2021 Pada Portal SSCASN - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan fasilitas Tanya Jawab Seputar Permasalahan CASN 2021 melalui akun instagram @BKNgoidofficial mulai tanggal 6 - 20 Juli 2021 Pukul 10.00 WIB - 10.30 WIB.

Fungsi dari fasilitas ini adalah sebagai wadah untuk menyampaikan informasi pemecahan masalah terkait dengan kendala-kendala yang terjadi pada saat melakukan pendaftaran CASN 2021. Berikut adalah rangkuman hasil Live IG BKN Tanggal 7 Juli 2021




Kendala dan Solusi Pendaftaran CASN 2021



1. Jika terdapat kesalahan dengan nomor NIK, solusinya adalah segera ke Dukcapil.

2. Jika Nama di KTP terdapat gelar, maka Nama yang di input menggunakan Nama yang tertera di Ijazah. Karena Ijazah bersifat lifetime, atau hanya dicetak sekali seumur hidup. Atau pada intinya, Nama yang dipakai adalah Nama tanpa gelar.

3. Jangan lupa mencatat pengisian Password, dan Pertanyaan Pengaman. Karena tidak sedikit pendaftar yang lupa akan hal tersebut.

4. Apabila pada awal Pendaftaran tertukar antara foto selfie dengan pas foto, hal tersebut tidak masalah. Silahkan lanjutkan saja, karena data yang akan masuk ke verifikator instansi adalah data unggahan dokumen. Jikapun upload foto nya terbalik, tidak masalah.

5. Jika terjadi kesalahan upload dokumen, seluruh keputusan berada ditangan instansi, bukan di BKN. Jika ingin mengajukan keluhan, bukan ke BKN, namun ke Instansi yang dilamar.

6. Data NIK yang di integrasi merupakan data NIK yg diambil dari Dirjen DUKCAPIL pusat.

7. Apabila sudah diakhir pendaftaran, dan sudah diakhiri, jika terjadi kesalahan upload atau sebagainya, sudah tidak bisa lagi di edit.

8. Akreditasi yang dipakai adalah akreditasi disaat lulus. Khusus untuk pelamar jalur Cumlaude, Program Studi / Prodi akreditasinya A, dan Universitas juga harus A.

9. Pendaftaran akun dilakukan dari awal semua. Jadi harus bikin akun baru. Lupakan akun lama saat pendaftaran di tahun 2019. Kenapa seperti ini? Dikarenakan data ASN sangat banyak, maka data pelamar yang gugur terdahulu otomatis sudah dihapus. Sehingga harus dimulai kembali dari awal.

10. Dapodik bukan kewenangan BKN, karena adanya di Dikbud. Jika ingin memperbaiki silahkan ke Dikbud.

11. Pertanyaan paling sering. Misal saya jurusan Ilmu Ekonomi, ternyata di formasi dimintanya Ekonomi. Untuk pendidikan harus SEJALAN. Jika diminta EKONOMI maka harus EKONOMI, jika diminta KOMUNIKASI, maka harus KOMUNIKASI ,jangan ILMU KOMUNIKASI masuk daftar. Cari yang sama persis dengan jurusan. Jangan berpikir karena satu rumpun, maka beranggapan boleh mendaftar. Jika memang ragu, silahkan ditanyakan ke instansi terkait, dan usahakan secara tulisan, jangan lisan, supaya bisa jadi pegangan.

12. Misalnya kita pilih formasi di daerah, apakah test harus di daerah juga? Tergantung kewenangan instansi. Karena BKN hanya menyediakan list lokasi untuk test, kemudian instansi lah yang memilih mereka mau tempat test dimana. Ada yang terpusat di satu tempat, dan ada yang di beberapa tempat.

13. Jika pada saat pendaftaran ada notifikasi "Anda Terdaftar Sebagai PNS Aktif", maka silahkan lapor ke helpdesk SSCASN, bisa jadi yang bersangkutan sebelumnya sudah mengundurkan diri, namun belum 2 periode pendaftaran, sudah mencoba daftar lagi.

14. Jika ada galat, di cek kembali galatnya dimana. Bisa saja saat mengisi tanggal lahir, yang di minta HHBBYYYY namun di isikan 08 maret 1998, ikuti aturannya.

15. Tahun ini jumlah pendaftar tidak bisa dilihat, karena tahun ini blind competition.

16. Jumlah ajuan pada helpdesk dalam sehari bisa 100ribuan. Diantaranya ada 21rb lupa password, 1100 lupa pengaman 1, dan 1000an lupa pengaman 2, lokasi lahir tidak ditemukan 2000an. Untuk mengatasinya mohon untuk password dan pertanyaan pengaman agar di catat.

17. Lokasi lahir yang digunakan yaitu pada tingkat Kabupaten/Kota, bukan Desa. Desa di khususkan untuk pelamar yang lahir di luar negeri.


Demikian informasi tentang Masalah & Solusi Pendaftaran CASN 2021 Pada Portal SSCASN yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Masalah & Solusi Pendaftaran CASN 2021 Pada Portal SSCASN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel