Jawaban Esai Program Calon Guru Penggerak

Contoh Jawaban Esay Dalam Program Calon Guru Penggerak - Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Apabila Calon Guru Penggerak (CGP) telah memahami instruksi yang ada pada menu Beranda serta telah menyelesaikan tahap pengisian Curriculum Vitae, proses berikutnya adalah tahap kedua yaitu mengisikan Essai.

Sebelum CGP menjawab seluruh pertanyaan yang ada, tentunya terdapat tips yang perlu diketahui oleh CGP. Atas dasar berbagi informasi, kali ini Sinau-Thewe.com akan menyajikan beberapa model pertanyaan dan tips menjawab yang dapat dijadikan gambaran kepada Calon Guru Penggerak agar bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.




A. Tips Menjawab Esai Calon Guru Penggerak



Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak


1. Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

Tips Dalam Menjawab : Pada pertanyaan ini CGP menguraikan motivasi dan latar belakang mengikuti seleksi calon guru penggerak. Para calon guru penggerak diminta menjelaskan langkah-langkah strategis dalam mencapai tujuan menjadi guru penggerak nantinya. Para calon peserta sebaiknya memaparkan motivasi secara jelas dan tegas serta alasan-alasan yang kuat.

2. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Tips Dalam Menjawab : Selain memaparkan motivasi yang kuat, para calon guru penggerak juga diminta menuliskan esai tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki selama menjadi guru. Kelebihan-kelebihan ini nantinya diharapkan dapat menjadi pendukung dalam menjalankan tugas sebagai guru penggerak. Untuk menuliskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki, para calon guru penggerak dapat menyebutkan secara terperinci tentang prestasi-prestasi yang dimiliki. Selain itu dapat disebutkan semua jenis pelatihan-pelatihan yang diikuti selam menjadi guru. Hal ini sangat penting karena akan menjadi penilaian bagi asesor guru penggerak.

3. Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Tips Dalam Menjawab : Pada pertanyaan ini, calon guru penggerak wajib menguraikan perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang pernah dilakukan selama menjadi guru berdasarkan inisiatif sendiri di luar tugas pokok. Calon guru penggerak harus menjelaskan secara sederhana jenis perubahan atau inovasi apa yang dilakukan, kapan dilaksanakan, dan bagaiman dampaknya dalam pelaksanaan tugas di sekolah.
Contoh, mengikuti program Guru Penggerak merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi seorang guru untuk perbaikan karier dan kinerja. Dalam program ini seorang guru mendapatkan berbagai macam manfaat dan keuntungan untuk masa depan yang lebih baik. Untuk menjadi guru penggerak yang profesional maka seorang guru harus mampu memberikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif sendiri. Selain itu, faktor yang mendorong guru melakukan hal tersebut harus mampu diidentifikasi dengan baik.


Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.


1. Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Tips Dalam Menjawab : Pada bagian ini, calon guru penggerak diminta menjelaskan tantangan selama menjalankan tugas sebagai guru. Kesulitan-kesulitan selama menjalin interaksi dengan orang lain harus disebutkan. Selain itu, waktu kejadian juga harus disebutkan secara jelas. Situasi yang dihadapai juga dijelaskan secara sederhana seperti kesulitan membuat kesepakatan atau perjanjian dengan tim kerja.
Contoh, ketika anda diminta bekerja secara tim kemudian beberapa anggota tim sulit diajak kerja sama maka anda harus mampu mengelola situasi demikian agar tim dapat bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, situasi berbeda juga dapat dijelaskan seperti kesulitan membuat kesepahaman dengan wali murid, dan lain sebagainya.
Pada dasarnya, calon guru penggerak akan dinilai kemampuan managerial dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi secara baik sehingga dapat mewujudkan tujuan bersama dalam sebuah organisasi.

2. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

Tips Dalam Menjawab : Calon guru penggerak harus menuliskan langkah-langkah strategis atau upaya efektif apa yang harus dilakukan dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi sehingga kerja sama dapat berjalan baik dan tujuan bersama dapat dicapai.
Contoh, dalam menghadapi tantangan, Anda dapat melakukan upaya merangkul, mengakomodir, dan memfasilitasi berbagai kepentingan atau kebutuhan anggota dengan baik. Upaya ini akan mempengaruhi tingkat motivasi kerja para pihak yang terlibat semakin tinggi.

3. Bagaimana hasilnya?

Tips Dalam Menjawab : Langkah yang dijelaskan sebelumnya harus dipaparkan hasilnya. Calon guru penggerak harus menjelaskan hasi yang dicapai selama menerapkan strategi yang diterapkan dalam mengatasi berbagai kesulitan dan tantangan yang dihadapi.
Contoh, setelah menerapkan langkah-langkah mengatasi tantangan berhasil mewujudkan sistem kerja yang baik, kinerja semakin meningkat, motivasi anggota semakin baik, hubungan dengan berbagai pihak semakin intensif, dan sebagainya. Intinya Anda harus menjelaskan berhasi tidaknya sebuah strategi yang diterapkan.


Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.


1. Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

Tips Dalam Menjawab : Calon guru penggerak harus memaparkan permasalahan yang pernah dihadapi selama menjalankan tugas sebagai guru dan waktu kejadian wajib disebutkan secara jelas. Kita menyadari bersama bahwa setiap pekerjaan atau profesi akan selalu ada rintangan dan permasalahan yang dihadapai.
Contoh, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai guru yang mengajar di kelas tentu Anda akan dihadapkan dengan berbagai karakteristik siswa yang beragam. Beragamnya karakteristik siswa akan memuculkan berbagai permasalahan yang beragam seperti siswa yang bolos, merokok di sekolah, dan lainnya. Dalam hal ini Anda harus menjelaskan waktu kejadian berlangsung.

2. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?

Tips Dalam Menjawab : Masalah yang dihadapi calon guru penggerak selama melaksanakan tugas mengajar harus dapat diselesaikan dengan baik. Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut juga harus dipaparkan secara rinci.

3. Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda

Tips Dalam Menjawab : Pada bagian ini calon guru penggerak harus menguraikan berbagai pertimbangan yang dalam membuat sebuah keputusan pada saat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Keputusan yang anda buat harus menggambarkan kepuasan berbagai pihak dalam sebuah organisasi.
Sebagai contoh, ketika Anda akan menyelesaikan permasalahan, maka setidaknya harus melibatkan berbagai pihak terkait untuk memberikan masukan, kritik, maupun saran sebelum keputusan ditetapkan.

4. Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?

Tips Dalam Menjawab : Selanjutnya, calon guru penggerak harus menguraikan tindakan-tindakan penyelesaian masalah yang dilakukan dan hasilnya seperti apa. Dalam menguraikan hasil penyelesaian masalah berdasarkan keputusan yang dibuat, calon guru penggerak harus menguraikan yang sebenarnya sesuai dengan pengalaman sendiri.


Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.


1. Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut

Tips Dalam Menjawab : Calon guru pengerak diminta menjelaskan pengalaman sendiri dalam proses pengembangan diri. Pengembangan diri yang dimaksud dapat berupa kegiatan-kegiatan berharga yang pernah diikuti seperti kompetisi maupun pelatihan-pelatihan dengan menyebutkan waktu kejadian.
Sebagai contoh, Anda dapat menceritakan secara jelas pengalaman mengikuti kompetisi (sebutkan nama dan jenis kompetisi) dan apa saja umpan balik yang didapatkan seperti komentar, saran, masukan, maupun perbaikan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan.

2. Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

Tips Dalam Menjawab : Kegiatan-kegiatan yang diikuti dan umpan balik seperti komentar, saran, masukan, maupun perbaikan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan harus disikapi dengan bijak dan dewasa.
Contohnya, calon guru penggerak hendaknya memiliki sikap dewasa dalam menghadapi umpan balik yang didapatkan dari orang lain. Sikap lapang dada dan menerima semua masukan harus ditunjukkan dengan bijak.

3. Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Tips Dalam Menjawab : Selain pengembangan diri melalui saran, masukan, maupun perbaikan yang didapatkan dari orang lain selama mengikuti kegiatan, calon guru penggerak diminta menguraikan hal-hal lain yang dianggap dapat mendukung proses pengembangan diri. Seperti pengalaman mengajar dan pendekatan yang unik dengan siswa.
Pengalamn mengajar dan pendekatan unik yang dimaksud adalah hal-hal sederhana yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran namun membuat siswa nyaman dan antusias dalam belajar. Calon guru penggerak dapat mengidentifikasi dengan sendiri sesuai pengalaman yang dilakukan.

4. Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

Tips Dalam Menjawab : Setelah menguraikan pengalaman unik selama proses pembelajaran, calon guru penggerak juga harus menguraikan hasil yang didapatkan selama menerapkan pengalaman-pengalaman unik dalam mengajar.


Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.


1. Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?

Tips Dalam Menjawab : Pada bagian soal terakhir, calon guru penggerak harus menguraikan hal apa saja yang pernah dilakukan dalam upaya pengembangan orang lain. Calon guru penggerak harus menyebutkan waktu terjadinya peristiwa atau kegiatan pengembangan terhadap orang lain.
Sebagai contoh, calon guru penggerak dapat menyebutkan pengalaman menjadi tutor, narasumber, maupun lainnya dalam kegiatan-kegiatan tertentu.

2. Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.

Tips Dalam Menjawab : Dalam melakukan pengembangan terhadap orang lain calon guru harus secara tegas dan lugas menjelaskan fokus pengembangan yangg dilakukan, apakah dalam hal pengembangan skill, keterampian atau yang lainnya.
Calon guru penggerak juga harus menjelaskan bagaimana proses melaksanakan pengembangan orang lain sehingga hasilnya dapat diperoleh sesuai harapan.

3. Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

Tips Dalam Menjawab : Setiap melakukan pengembangan terhadap orang lain maka hal yang paling penting dilakukan adalah memberikan dukungan kepada orang atau kelompok yang dibina/dibimbing. Sebagai contoh, dalam memberikan pemahaman terkait kompetensi baru, Anda dapat memotivasi orang lain dan memberikan dukungan materil jika diperlukan.

4. Bagaimana hasilnya?

Tips Dalam Menjawab : Pada bagian ini calon guru penggerak harus menjelaskan hasil dari dukungan yang diberikan selama melakukan upaya pengembangan terhadap orang lain. Anda dapat menceritakan dengan sederahana dan apa adanya tentang hasil yang diperoleh. Sebagai contoh, setelah memberikan dukungan moril dan materil para peserta bimbingan semakin semangat dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan atau lainnya.


B. Jawaban Esai Calon Guru Penggerak



Berikut ini adalah referensi jawaban esay calon guru penggerak :



Demikian informasi tentang Jawaban Esai Program Calon Guru Penggerak yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Esai Program Calon Guru Penggerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel