Cara Cek Keaslian Surat Secara Online

Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemdikbudristek - Terkadang media sosial disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab hanya untuk kepentingan pribadi atau golongan. Salah satunya adalah untuk menyebarkan Surat Palsu / Hoax kepada khalayak umum.

Sudah tentu hal tersebut membuat panik bagi orang yang melihat. Tapi sekarang sudah jamannya serba digital, jadi agar tidak menjadi bagian dari penyebar Hoax, alangkah baiknya cek terlebih dahulu benar tidaknya berita yang kita konsumsi agar tidak menyesal nantinya.

Informasi seputar pendidikan yang sumbernya adalah dari Kemdikbudristek tidak luput dari Hoax. Jadi jika teman-teman menemukan informasi dari media sosial yang mengatasnamakan Kemdikbudristek dan ragu akan informasi tersebut, maka teman-teman dapat memastikan informasi tersebut secara online.

Seperti yang akan Sinau-Thewe.com bahas kali ini adalah Cara Cek Keaslian Surat Kemendikbud Secara Online Menggunakan HP / Laptop.


Cara Cek Asli Tidaknya Surat Kemendikbud



Untuk memeriksa keaslian surat dari lingkup Kemendikbudristek caranya cukup mudah, yaitu melalui SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik), ikuti langkah-langkah berikut :
  • Buka browsernya, bisa menggunakan Goo gle Chrome, Mozilla atau sejenisnya.
  • Kunjungi laman SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik) di https://persuratan.kemdikbud.go.id/ dan akan muncul seperti gambar berikut :
  • Kemudian isikan / ketik Nomor Surat (tanpa spasi) dan Kode Pengaman.
  • Lalu Klik tombol Cek Surat Keluar.
  • Jika surat ditemukan, maka datanya akan ditampilkan secara rinci, baik itu Tanggal surat, Penandatangan, Perihal, Unit Kerja, dan Penerima Surat.
  • Tapi jika surat tidak ditemukan, maka akan muncul keterangan "Tidak Ada Surat Keluar Dengan Nomor Ini". Perhatikan gambar berikut :


Demikian informasi tentang Cara Cek Surat Resmi Kemendikbudristek Secara Online yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Keaslian Surat Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel