Fungsi Menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut di VervalPD

Apa itu VervalPD? - Verval PD adalah singkatan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik yang berfungsi untuk menampilkan data peserta didik pada tiap satuan pendidikan. Selain itu, laman VervalPD dapat digunakan juga untuk memperbaiki data pokok peserta didik, baik NISN ataupun identitas peserta didik.

Beberapa kendala terkait dengan NISN antara lain NISN ganda, NISN kosong dan lain sebagainya. Khusus untuk peserta didik yang tidak memiliki NISN pada jenjang pendidikan sebelumnya, Operator Dapodik dapat mengajukan NISN untuk peserta didik tersebut melalui Menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut pada VerlvalPD.




Apa sih fungsi dari Menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut pada VerlvalPD? Sebelum kita membahas fungsi menu tersebut, warga sekolah wajib tahu terlebih dahulu Apa itu NISN?.


Apa itu NISN?


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidaklah sulit. Cukup laporkan kepada sekolah dan sekolah akan memberikan formulir data diri untuk diisi. Selanjutnya data tersebut dientri oleh sekolah ke dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Setelah data dimasukkan, melalui aplikasi Vervalpd, operator sekolah melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. Penomoran dan pengelolaan NISN dilakukan dari aplikasi tersebut.

Nah, apabila terdapat peserta didik pada tingkat sebelumnya belum memiliki NISN apakah bisa diajukan? Tentu bisa! Operator Sekolah dapat mengajukan NISN melalui menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut. Apa sih fungsinya?

Menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut berfungsi dan ditujukan bagi Peserta Didik jenjang SMP/MTs/Sederajat hingga jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat termasuk pendidikan kesetaraan yang belum memiliki NISN.

Menu ini difungsikan untuk mengajukan penerbitan NISN dengan kondisi:
  • Peserta Didik belum pernah memiliki/mendapatkan NISN pada jenjang PAUD maupun Sekolah Dasar (NISN tidak tercatat di Ijazah).
  • Gagal melakukan Klaim NISN (Terkait residu NISN Kosong) dikarenakan NISN yang ingin diklaim berstatus aktif di pendataan satuan pendidikan.
  • Gagal melakukan Klaim NISN (Terkait residu NISN Kosong) dikarenakan NISN yang tertulis di Ijazah tidak tercatat di Arsip Kementerian.
  • Gagal melakukan Klaim NISN (terkait residu NISN kosong) dikarenakan terkendala indeks validasi.


Demikian informasi tentang Fungsi Menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut di VervalPD yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Menu Penerbitan NISN Tingkat Lanjut di VervalPD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel