Buku Siswa & Guru PPKn Kelas 2 Kurikulum Merdeka

Unduh Buku Siswa dan Buku Guru PPKn Kelas 2 Kurikulum Merdeka - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang salah satu misinya sebagai pendidikan nilai (Winataputra, 2008). PPKn merupakan wahana pendidikan watak dan karakter peserta didik.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 yang menyatakan bahwa, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”




Secara umum tujuan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah mengembangkan potensi peserta didik dalam seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni: 
(1) sikap kewarganegaraan termasuk keteguhan, komitmen dan tanggung jawab kewarganegaraan (civic confidence, civic commitment, and civic responsibility);
(2) pengetahuan kewarganegaraan;
(3) keterampilan kewarganegaraan termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan (civic competence and civic responsibility).

Ketiga dimensi kewarganegaraan tersebut harus terinternalisasikan dalam setiap elemen pembelajaran pada setiap jenjang. Pada jenjang Sekolah Dasar, mata pelajaran PPKn bertujuan untuk menanamkan dan membangun karakter melalui keteladanan yang tersaji dari konten materi dasar PPKn yang cenderung berorientasi pada pengembangan sikap.

Hasil belajar PPKn di pendidikan dasar yang lebih berorientasi pada afeksi tersebut tetap harus diukur secara holistic pada kemampuan (Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Dispotition).


Materi PPKn Kelas 2 Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka


Materi PPKn Semester 1 dan Semester 2 Kelas 2 SD terdiri dari empat unit, yaitu :
a. Unit 1 Pancasila Dasar Negaraku
b. Unit 2 Menaati Aturan di Sekitarku
c. Unit 3 Kita Beragam Tetapi Tetap Satu
d. Unit 4 Negara Kesatuan Republik Indonesia


Bagi yang memerlukan Buku PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 11 Semester Ganjil dan Genap, silahkan unduh pada tautan berikut :

Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Untuk mata pelajaran lainnya dapat di unduh dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Buku PPKn Kelas 2 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Siswa & Guru PPKn Kelas 2 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel