Rangkuman IPAS BAB 7 Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Ringkasan Materi IPAS Kelas 5 BAB 7 "Daerahku Kebanggaanku" Kurikulum Merdeka - Indonesia memiliki wilayah sangat luas, yaitu 7,81 juta km2 yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Wilayah tersebut dihuni 1. 340 suku bangsa yang tersebar di 34 provinsi, lengkap dengan keragaman budayanya.

Pernahkah kalian melihat peta? Coba perhatikan ada di bagian manakah tempat tinggal kalian sekarang! Apakah nama daerah kalian? Berasal dari suku manakah penduduknya? Dan apakah kalian sudah mengetahui keunikan dan keistimewaan yang dimiliki daerah kalian? Yuk, kita pelajari hal-hal tersebut di bab ini!




Materi BAB 7 IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka



Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku?

Indonesia merupakan negara maritim. Laut merupakan bagian yang menyatukan setiap pulau yang ada di Indonesia. Jauh sebelum bangsa asing datang ke nusantara, masyarakat sudah terlebih dahulu mengarungi lautan untuk berdagang dan melakukan kerja sama antarkerajaan di nusantara.

Pedagang dari Tionghoa, Arab, India, Portugis, Inggris, dan Belanda juga melakukan interaksi dengan masyarakat Nusantara. Mereka banyak yang tinggal dan menetap lalu memperkenalkan budaya yang mereka bawa dari negara asal. Budaya-budaya tersebut lambat laun diterima oleh masyarakat setempat sehingga memengaruhi budaya lokal dan membentuk budaya yang merupakan percampuran dari keduanya. Proses percampuran dua budaya ini disebut sebagai akulturasi.

Jenis Warisan Budaya

Indonesia memiliki berbagai keragaman warisan budaya. Ada dua jenis warisan budaya, yaitu warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda. Warisan budaya benda adalah warisan budaya yang bisa kita lihat dan raba. Contohnya bangunan, pakaian, makanan, senjata tradisional, alat musik, dan alat-alat produksi.

Warisan budaya tak benda adalah warisan budaya yang tidak bisa kita raba, namun bisa kita lihat di sekitar kita. Contohnya musik, tarian, kebiasaan, keterampilan, bahasa, dan adat istiadat.

Cara Menjaga Warisan Budaya

Warisan budaya tentu akan rusak, bahkan hilang jika kita tidak menjaganya dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga warisan budaya tersebut agar kelak masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Lantas bagaimana cara menjaga warisan budaya? Pelestarian warisan budaya dapat dilakukan dengan cara :
  • Pemugaran
  • Mempelajari warisan budaya yang ada.


Topik B: Kondisi Perekonomian di Daerahku


Aktivitas ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Apa saja aktivitas ekonomi yang dilakukan masyarakat? Yuk, kita pelajari bersama.

Aktivitas ekonomi di masyarakat sangat beragam. Ada pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perdagangan, jasa, pertambangan, dan perindustrian. Ada yang bekerja di perkantoran, bank, sawah, ladang, tempat-tempat perbelanjaan, pabrik, pelabuhan, dan tempat lainnya.

SDA dan Jenis Aktivitas Ekonomi

Kondisi geografis dan sumber daya yang dimiliki suatu tempat akan sangat berpengaruh kepada jenis aktivitas perekonomian masyarakatnya. Semakin banyak sumber daya yang dimiliki maka semakin mudah pula pemenuhan kebutuhan masyarakatnya. Jika kondisinya berlimpah, sumber daya tersebut akan didistribusikan ke daerah-daerah lain. Sebaliknya, jika di daerah setempat sumber daya yang diperlukan tidak tersedia atau sedikit maka sumber daya tersebut akan didatangkan dari tempat lain. Dengan demikian semua kebutuhan masyarakat setempat dapat terpenuhi.

Saat suatu barang kebutuhan masyarakat dapat diproduksi di daerah sendiri menggunakan sumber daya alam yang ada maka barang tersebut dapat dikatakan sebagai barang asli atau barang khas daerah tersebut. Jika produksinya memiliki kualitas unggul maka akan menjadi produk kebanggaan daerah.

Faktor Pendukung Kondisi Perekonomian Daerah

Selain kondisi geografis dan kesediaan sumber daya, faktor lain yang mendukung kondisi perekonomian yaitu :
  • Bangunan, jembatan, dan jalan (infrastruktur)
  • Teknologi
  • Sumber Daya Manusia


Topik C: Wah, Ternyata Daerahku Luar Biasa


Setiap kota memiliki ciri khas masing-masing, misalnya bangunan, makanan, dan sebagainya. Lalu, apa saja ya ciri khas yang ada di daerah tempat tinggal kalian?

Produk Unggulan Daerah

Setiap daerah memiliki ciri khas dan keistimewaan atau keunggulan baik itu berupa hasil warisan budaya, sumber daya alam, atau produk hasil daerah. Ciri khas, keistimewaan atau keunggulan tersebut membuat daerah yang memilikinya dikenal masyarakat.

Produk Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki berbagai produk yang mendunia. Berikut beberapa produk Indonesia yang mendunia.
  • Rendang. Makanan khas Minangkabau ini tidak hanya terkenal di seluruh Indonesia, tetapi juga dikenal di banyak negara di dunia. Rendang mulai dikenal melalui wisatawan mancanegara yang datang ke Minangkabau. Melalui mereka, rendang mulai dikenal di luar negeri. Bahkan, rendang pun akhirnya dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia versi CNN.
  • Gamelan. sekumpulan alat musik tradisional ini sudah dikenal luas di seluruh dunia. Banyak orang asing yang khusus datang untuk belajar memainkan gamelan. Bahkan, gamelan juga banyak dipelajari di sekolah-sekolah dan universitas-universitas di luar negeri. Alat musik ini juga menjadi mata kuliah yang diajarkan para mahasiswanya, seperti di University of Sydney-Australia.


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 5 IPAS Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman IPAS BAB 7 Kelas 5 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman IPAS BAB 7 Kelas 5 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel