MENGATASI NIK GANDA DI VERVALPD


Mengatasi NIK ganda di VervalPD – Permasalahan tersebut pada saat ini sering dilontarkan oleh rekan-rekan operator Dapodik. Mencari solusi dari berbagai sumber belum mendapatkan hasil. Timbul tanda Tanya, apakah VervalPD hanya berfungsi untuk memperbaiki data Peserta Didik ataukah bisa digunakan untuk mengatasi NIK ganda? Seperti halnya NISN ganda? Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan memfokuskan pada perbaikan NIK Ganda. Berikut langkah-langkahnya :
1.    Pertama-tama, kita cek terlebih di VervalPD tepatnya ada di menu Residu. Langkah-langkah membukanya silahkan baca artikel (VERVALPD – Verifikasi dan ValidasiPeserta Didik).


2.    Pada kolom validasi NIK terdapat dua indikator validasi,tanda centang () hijau mengindikasikan NIK peserta didik lolos verifikasi. Namun jika bertanda silang (x) berwarna merah, maka di indikasikan NIK tersebut bermasalah.
3.    Klik icon (gambar orang) pada sebelah kiri residu untuk menampilkan rincian data Peserta Didik.
4.    Pada rincian data Peserta Didik, terdapat 4 tab menu yaitu Data Atribut, Orang Tua, Longitudinal dan Quality Control.
5.    Klik tab paling terakhir yaitu Quality Control (Verifikasi).
6.    Quality Control merupakan hasil verifikasi dari beberapa data yaitu, Keterisian Sekolah, Terdaffat Lebih dari 1 Rombel atau 1 Sekolah, Keunikan NISN, Kelogisan Nama, Kelogisan Tempat Lahir, Kelogisan Tanggal Lahir, Kelogisan Nama Ibu Kandung, Keterisian Jenis Kelamin dan yang paling terakhir adalah Keunikan NIK.


7.    Dari gambar diatas, ada 4 verifikasi Keunikan NIK yaitu Unik (jika tercentang disini, berarti NIK sudah sesuai), Ganda (jika tercentang disini, NIK PD tersebut digunakan oleh PD lain dalam satu Satuan Pendidikan ataupun Satuan Pendidikan lain), Tidak Sesuai Format (jika tercentang disini, pengisian NIK tidak sesuai missal di isi dengan angka nol semua) dan Kosong (jika tercentang di sini berarti belum mengisikan NIK pada Aplikasi Dapodikdasmen).
8.    Jika NIK Peserta Didik tersebut salah, maka perbaiki dengan melampirkan Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK) asli. Baca juga artikel (Perubahan Data PesertaDidik Melalui Verval PD). Jika NIK sudah dipastikan benar, cek dulu kesesuaian NIK tersebut di Database Onlie Disdukcapil (sesuaikan dengan asal Kabupaten). Misal Kabupaten Cilacap bisa di cek dilaman eakta.cilacapkab.go.id.


9.    Ketika antara bukti fisik seperti Kartu Keluarga, data di Dapodik dan Database Online Disdukcapil sudah benar, langkah berikutnya gunakanlah Layanan Informasi dan Pengaduan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Unit Layanan Terpadu (ULT). Tenang, tidak perlu kesana, kita cukup mengakses secara online dilama ult.kemdikbud.go.id.
10.  Pastikan sudah mempunyai akun, jika belum maka lakukan pendaftaran dan isikan sesuai dengan identitas anda kemudian login.
11.  Pada menu Layanan, klik sub menu Pengaduan,


12.  Untuk mengkonfirmasi Pengaduan, aka ada e-mail yang masuk, cek dan buka linknya. Maka laporan anda sudah diterima. Cobalah untuk menunggu dalam rentang waktu 1x24 jam, setelah itu cek kembali di VervalPD untuk progress perubahan datanya.



Tutorial selengkapnya, klik video dibawah:


Demikian artikel Mengatasi NIK ganda di VervalPD yang bisa saya jelaskan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "MENGATASI NIK GANDA DI VERVALPD"

  1. bagaimana jika di residu verval pd terlihat data NIK silang tertulis NIK ganda namun pas di liat menu qualitu control NIK sudah valid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK ganda kalo saya diabaikan kak, yg penting acuannya NIK tersebut sesuai dengan database Capil.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel