Unduh RPP 1 Lembar SD,SMP,SMA,SMK Terbaru

RPP 1 Lembar Semua Jenjang - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap Pendidik di setiap Satuan Pendidikan wajib menyusun RPP untuk kelas di mana Pendidik tersebut mengajar. Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai perkembangan dan kebutuhan Peserta Didik.

Penyusunan RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.




RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi Peserta Didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis Peserta Didik.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing Pendidik atau kelompok Pendidik mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh Kepala Sekolah atau Pendidik senior yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh Pengawas atau Dinas Pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, Pendidik harus memperhatikan silabus, buku teks Peserta Didik, dan buku Pendidik.


Komponen RPP Berdasarkan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014



Mengacu pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus. Komponen RPP mencakup:
  1. Identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester;
  2. Alokasi waktu;
  3. KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi;
  4. Tujuan pembelajaran;
  5. Materi pembelajaran;
  6. Pendekatan, model dan metode;
  7. Media/alat, bahan, dan sumber belajar;
  8. Langkah-langkah pembelajaran, dan
  9. Penilaian pembelajaran.

Secara operasional, Komponen RPP digambarkan dalam bentuk format sebagai berikut.



Komponen RPP Berdasarkan SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019



Tetapi semenjak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang  Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru hanya menyusun tiga (3) komponen inti yaitu :
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Kegiatan Pembelajaran
  3. Penilaian
Selain komponen tersebut, di masukan dalam komponen pelengkap.


Download RPP 1 Lembar SD,SMP,SMA,SMK



Untuk membantu Bapak / Ibu dalam menyusun Administrasi Pembelajaran, pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh RPP 1 Lembar Seluruh Jenjang Pendidikan. Bagi yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :
A. RPP 1 Lembar SD/MI
B. RPP 1 Lembar SMP/MTs
C. RPP 1 Lembar SMK/MAK
D. RPP 1 Lembar SMA/MA

Sinau-Thewe.com juga menyediakan informasi lainnya, klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Unduh RPP 1 Lembar SD,SMP,SMA,SMK Terbaru yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini. Dan apabila ingin mendapatkan notifikasi / pemberitahuan tentang informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Unduh RPP 1 Lembar SD,SMP,SMA,SMK Terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel