Format Penilaian Daring Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 1&2 K13 Tahun 2021

Format Penilaian Harian K13 SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 & 2 Tahun 2021 - Penilaian Harian dapat dilakukan oleh Guru kepada Peserta Didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar atau lebih yang bertujuan untuk mengukur pemahaman Peserta Didik terhadap Kompetensi Dasar yang telah dipelajarinya.

Penilaian hasil belajar Peserta Didik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kurikulum 2013 terdiri dari tiga bentuk penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan serta sesuai dengan prinsip yaitu sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria dan akuntabel.

Maka dari itu, dalam melakukan penilaian, Guru tentu membutuhkan perangkat administrasi yang mendukung, apalagi ditengah-tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang sedikit mempersulit aktifitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Salah satu Perangkat Administrasi yang wajib di siapkan sejak dini adalah format penilaian. Dimana format penilaian tersebut menyimpan rekap nilai harian setiap Peserta Didik.




Format Penilaian Harian SD



Untuk itu, pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Format Penilaian Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022. Format penilaian ini dikemas dalam bentuk Excel (xls), sehingga sangat mudah untuk di edit terutama identitas Satuan Pendidikan, identitas Peserta Didik dan lain sebagainya.


Selain itu, format penilaian ini dibagi menjadi tiga komponen yaitu cover, penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan untuk setiap semesternya.


Format Penilaian Kompetensi Pengetahuan



Pada Sheet Rekap KI-3 Pengetahuan Semester 1 dan 2 terdiri dari dari beberapa kolom antara lain :
  1. Nama Peserta Didik, digunakan untuk mengisi identitas nama Peserta Didik.
  2. Mata Pelajaran , digunakan untuk memuat identitas mata pelajaran.
  3. Kompetensi Dasar (KD), digunakan untuk memuat Nomor KD setiap mata pelajaran.
  4. Tema, digunakan untuk memuat tema.
  5. Nilai Penilaian Harian (NPH), digunakan untuk memuat rata-rata Nilai KD secara otomatis.
  6. Nilai Penilaian Tengah Semester (NPTS), digunakan untuk memuat Nilai PTS.
  7. Nilai Penilain Akhir Semester (NPAS), digunakan untuk memuat Nilai Penilaian Akhir Semester
  8. Nilai Akhir KD berisi dua kali NPH ditambah NPTS dan NPAS dibagi empat pada setiap Kompetensi Dasar. Pada kolom ini ditentukan secara otomatis.
  9. Nilai Rata-Rata K, digunakan untuk menentukan secara otomatis rata-rata Nilai Kompetensi Dasar.


Format Penilaian Kompetensi Keterampilan



Pada Sheet Rekap KI-4 Keterampilan Semester 1 dan 2 terdiri dari dari beberapa kolom antara lain :
  1. Nama Peserta Didik, digunakan untuk mengisi identitas nama Peserta Didik.
  2. Mata Pelajaran , digunakan untuk memuat identitas mata pelajaran.
  3. Kompetensi Dasar (KD), digunakan untuk memuat Nomor KD setiap mata pelajaran.
  4. Tema, digunakan untuk memuat tema.
  5. Skor Optimum NA KD, digunakan untuk menentukan secara otomatis nilai terbesar / nilai optimum setiap Kompetensi Dasar.
  6. Nilai Rapor, digunakan untuk menghitung secara otomatis rata-rata nilai Kompetensi Dasar yang sekaligus menentukan Nilai Rapor.



Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan Format Penilaian Harian (Daring) Kelas 1,2 3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat di unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Format Penilaian Daring Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 1&2 K13 Tahun 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini. Dan apabila ingin mendapatkan pemberitahuan / notifikasi tentang informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Format Penilaian Daring Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 1&2 K13 Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel