Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik Karena Reload Browser

Kali ini Sinau Thewe akan membagikan tips mengatasi gagal sinkron Dapodikdasmen Versi 2020.b karena reload browser, berikut penjelasan lengkapnya :

Jangan Browsing atau Reload Browser Saat Sinkron Dapodik



Pernahkah saat sinkron Dapodik membutuhkan waktu yang sangat lama? Penulis pernah mengalami hal itu, bukan hanya membutuhkan waktu beberapa menit tapi bahkan sampai berjam-jam. Terkadang penulis menunggu sinkron Dapodik dengan melakukan aktifitas lain seperti mengajar, service komputer dan lain sebagainya tetapi masih gagal. Terkadang juga penulis sambil melihat video youtube hehehe.
Gagal sinkron karena reload browser terjadi bukan berarti faktor kesengajaan, tapi bisa juga faktor lainnya. Tetapi tahukah rekan-rekan bahwa sinkron Dapodik dengan melakukan browsing menjadi salah satu faktor permasalahan diatas? Yups, bandwidth jadi berkurang, internet tidak stabil dan ketika kita me-reload salah satu tab di browser, sistem membaca reload tersebut secara keseluruhan, bukan hanya salah satu tab browser saja. Jadi saran dari penulis, lebih baik fokuskan pada sinkronisasi Dapodik terlebih dahulu sampai berhasil.

Tips Mengatasi Gagal Sinkron Karena Reload Browser


Salah satu cara mengatasi permasalahan diatas adalah dengan menghapus histori penjelajahan atau histori browser. Langkah-langkah menghapus tergantung pada browser yang digunakan. Berikut langkah-langkah menghapus history browser Google Chrome :
1. Buka Google Chrome-nya.
2. Pada pojok kanan atas, klik tanda seperti gambar dibawah ini :


3. Kemudian pilih dan klik Riwayat. Atau bisa juga dengan cara tekan tombol CTRL+H pada keyboard.
4. Kemudian akan keluar halaman histori penjelajahan. Klik Hapus Data Penjelajahan yang terletak pada pojok kiri atas seperti gambar dibawah ini :


5. Kemudian pada opsi Rentang Waktu, pilih Semua. Perhatikan gambar dibawah ini :


6. Klik tombol Hapus Data dan tunggu proses sampai selesai.
7. Jika sudah selesai, tutup browsernya setelah itu restart komputer.
8. Cobalah lakukan sinkron Dapodik kembali.

Demikian artikel yang bisa dibagikan Sinau Thewe, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik Karena Reload Browser"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel