Tips Mengatasi Registrasi Offline Dapodik 2020.b Gagal "Prefill Tidak di Temukan"

Kesempatan kali ini Sinau Thewe akan sedikit menjelaskan langkah-langkah cara mengatasi gagal registrasi Dapodik Offline dengan keterangan prefill tidak ditemukan, berikut penjelasan lengkapnya:

Penyebab Gagal Registrasi Dapodik Offline


Sesuai dengan petunjuk cara instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b khususnya bagi Satuan Pendidikan yang menggunakan perangkat baru di anjurkan melakukan registrasi Dapodik secara offline menggunakan prefill terbaru. Maksud dari prefill terbaru adalah Satuan Pendidikan melakukan generate prefill setelah rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b, bukan download prefill saat masih aktif Dapodikdasmen versi 2020.a. Hal ini dimaksudkan agar prefill dengan database di Aplikasi Dapodikdasmen menggunakan versi yang sama.
Beberapa kendala yang terjadi saat melakukan registrasi offline adalah file prefill hilang. Sebenarnya penyebabnya sepele yaitu lupa menonaktifkan anti virus. Permasalahan tersebut sering terjadi pada pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10. Proteksi yang masih on menyebabkan file prefill dianggap sebagai file yang berbahaya, sehingga ter-delete secara otomatis oleh anti virus.

Langkah-Langkah Registrasi Offline Dapodik Versi 2020.b


Sebelum melakukan registrasi sebaiknya non-aktifkan seluruh anti virus yang ada seperti Windows Firewall dan Windows Defender secara permanen, berikut langkah-langkahnya :
1. Buka Control Panel, kemudian klik Windows Firewall


2. Dari gambar diatas mengindikasikan bahwa Windows Firewall masih aktif. Klik Turn Windows Firewall on or off di menu sebelah kiri kemudian akan keluar halaman seperti gambar dibawah ini :


3. Pada pilihan Private Network Settings dan Public Network Setting, pilih opsi Turn off Windows Firewall kemudian klik Ok.
4. Tahapan berikutnya adalah me-nonaktifkan Windows Defender secara permanen dengan cara klik tombol Windows / Start kemudian ketikan "gpedit.msc". Tanda petik di hilangkan. Kemudian akan keluar Local Group Policy Editor seperti gambar dibawah ini :


5. Pada pilihan Computer Configuration, double klik Administrative Template.
6. Kemudian double klik Windows Component.
7. Cari dan double klik Windows Defender
8. Selanjutnya adalah double klik Real Time Protection
9. Kemudian double klik lagi pada pilihan Turn Off Real Time Protection seperti gambar dibawah ini :


10. Berikutnya adalah tentukan opsi Disable yang tertera pada nomor dua diatas.
11. Klik Apply dan klik Ok.
12. Klik tombol Windows kembali kemudian ketikan Services.msc
13. Restart komputernya kemudian cobalah lakukan registrasi offline kembali.
14. Jika kondisi diatas telah sesuai tetapi masih gagal dalam melakukan registrasi offline, kemungkinan besar perangkat komputer yang digunakan telah terinfeksi virus, lakukan scan secara total dan hapus seluruh virus yang ada. Dan ketika masih gagal kembali, cobalah atasi dengan cara melakukan registrasi secara online.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan selamat mecoba. Terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mengatasi Registrasi Offline Dapodik 2020.b Gagal "Prefill Tidak di Temukan""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel