Cara Instal dan Registrasi Dapodik Versi 2021

Dapodik Versi 2021 - Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama Versi 2021. Secara sistem, pembaruan versi 2021 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester ganjil ini. Aplikasi Dapodik Versi 2021 dikemas dalam bentuk installer.


Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021 di antaranya penggabungan aplikasi antara Dapodikdasmen dengan Dapo PAUD-Dikmas, penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi untuk menurunkan perubahan data yang terjadi di server ke lokal, perubahan proses bisnis untuk perekaman GTK baru, perubahan proses bisnis untuk penambahan dan perbaikan akun GTK, penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP), dan perbaikan-perbaikan lainnya.

Dari sekian banyak perubahan yang ada, tentunya Operator Dapodik Satuan Pendidikan wajib belajar dan wajib mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, agar tidak ada kendala. Salah satunya adalah proses instalasi dan registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021

Sebelum proses instal Aplikasi Dapodik Versi 2021 dimulai, silahkan Uninstal terlebih dahulu Aplikasi Dapodik Versi sebelumnya yaitu Versi 2020 dan restart komputer anda.

1. Langkah yang pertama adalah silahkan download aplikasi Dapodik Versi 2021 DISINI.

2. Jika proses download sudah selesai, klik kanan pada file Aplikasi Dapodik Versi 2021 kemudian pilih Run as Administrator. Perhatikan gambar berikut :


3. Kemudian akan keluar tampilan pertama proses instalasi, perhatikan gambar dibawah ini :


4. Klik tombol Lanjut dan ikuti instruksi yang ada. 

5. Jika proses instal Aplikasi Dapodik Versi 2020 telah selesai, maka akan keluar notifikasi seperti gambar dibawah ini :

6. Klik tombol Selesai dan lakukan Restart komputer atau laptop yang digunakan sebelum melakukan registrasi Dapodik.

Cara Registrasi Dapodik Versi 2021

Registrasi Dapodik Versi 2021 bisa dilakukan dengan cara Offline maupun Online, berikut adalah langkah-langkah lengkapnya :

A. Registrasi Dapodik Versi 2021 Online

1. Silahkan buka Aplikasi Dapodik Versi 2021 dengan cara double klik icon Dapodik di desktop atau ketik localhost:5774 di browser, maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini :


2. Pada pilihan Jenis Registrasi pilih Online, kemudian ketikan Kode Registrasi, Username / Email, dan Password. Jika semuanya sudah di isi dan dipastikan bernar, silahkan klik tombol Submit. Tunggu proses Registrasi Online sampai selesai. Perhatikan gambar dibawah ini :


B. Registrasi Dapodik Versi 2021 Offline

1. Download terlebih dahulu Prefill Dapodiknya dengan cara kunjungi laman ini https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

2. Klik Tab Data Prefill dan pilih salah satu Provinsi, kemudian akan keluar link generate Prefill seperti gambar berikut :


3. Pilih salah satu link generate prefill yang tersedia kemudian akan keluar halaman generate prefill seperti gambar berikut :


4. Isikan Username / Email, Password dan Kode Registrasi kemudian klik tombol gerenate dan tunggu sampai proses generate prefill selesai.
5. JIka prefill sudah di Download, Copy prefill tersebut dan letakkan pada direktori C tepatnya di folder Prefill_Dapodik.
6. Aplikasi Dapodik Versi 2021 siap untuk di registrasi.


Demikian artikel tentang Cara Instal dan Registrasi Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Instal dan Registrasi Dapodik Versi 2021"

  1. Mohon info min, untuk username sama password ini apakah harus menggunakan alamat email yang sudah terverifikasi di diknas setempat ataukah kita bisa menggunakan username lain yg sebelumnya terverifikasi...?

    terus soal kode regis ini, kita dapatnya darimana...? makasih sebelumnya min... sukses selalu.. God Bless You

    ReplyDelete
    Replies
    1. Username+Password pada tahap ini menggunakan akun Operator Dapodik yang berhasil di verifikasi secara mandiri, jadi ngga bisa pakai akun lain.
      Bisa menggunakan akun lain dengan catatan apabila akun OP Dapodik lama tidak aktif atau alamat email sudah tidak aktif, sehingga memerlukan reset akun lama dan diganti dengan akun baru di Dinas setempat.
      Utk Kode Registrasi bisa didapatkan melalui Dinas setempat.
      Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak ya kak...

      Delete
  2. Pak kenapa pas registrasi ofline pake prefill pas mau 100% ada notif MOHON MAAP DATA TIDAK MASUK SEMUA itu kenapa ya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau, jaringan internet pakai apa ya kak? Biasanya karena Internet kurang stabil, kalo ngga ya masih ada file bawaan dapodik sebelumnya. Jadi baiknya setelah Dapodik di uninstal, folder Dapodik di direktori C:\Program Files (x86) sudah terhapus, lalu restart komputer dan lakukan instal dan registrasi kembali.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel