Cara Memindahkan Siswa Dalam Rombel / Tidak Naik Kelas di Dapodik Versi 2021

Cara Memindahkan Siswa Dalam Rombel di Dapodik - Aplikasi Dapodik dikemas dalam bentuk installer ataupun updater yang disesuaikan dengan Kalender Pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan. Penyesuaian bentuk aplikasi tersebut berfungsi untuk memudahkan dalam pendataan di Satuan Pendidikan, baik kurikulum, penjadwalan, pengelolaan kelas dan lain sebagainya.

Pengelolaan kelas yang bisa dilakukan oleh Satuan Pendidikan contohnya adalah menaikan Peserta Didik pada tingkat yang lebih tinggi yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu Cara Menaikan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Proses kenaikan kelas / tingkat Peserta Didik ke tingkat yang lebih tinggi ditentukan sepenuhnya oleh Satuan Pendidikan berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya keaktifan proses belajar mengajar, pengolahan nilai pengetahuan, pengolahan nilai keterampilan sehingga pada akhirnya Peserta Didik tersebut akan mendapatkan nilai rapor.

Namun apabila dalam kondisi tertentu, Peserta Didik tersebut dinyatakan tinggal kelas, maka Satuan Pendidikan wajib menurunkan kelas bagi Peserta Didik tersebut di Aplikasi Dapodik Versi 2020.

Berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Silahkan buka dan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021
2. Klik menu Rombongan Belajar kemudian klik sub menu Reguler.
3. Klik salah satu Rombel dimana terdapat Peserta Didik yang akan di turunkan kelas / tingkatnya. Sebagai contoh, Peserta Didik akan diturunkan dari tingkat XII ke tingkat XI.


4. Kemudian klik tombol Anggota Rombel dan akan keluar Edit Anggota Rombel, perhatikan gambar berikut :


5. Daftar siswa yang berada di kolom sebelah kiri merupakan daftar anggota rombel tersebut, sedangkan yang berada di kolom sebelah kanan merupakan siswa yang belum masuk rombel.

6. Klik data Peserta Didik yang akan di pindahkan atau di turunkan ke tingkat bawahnya kemudian klik tombol Keluarkan dari Rombel.

7. Otomatis data Peserta Didik tersebut akan berpindah ke kolom daftar Peserta Didik yang belum masuk rombel. Selanjutnya tutup Edit Anggota Rombel.

8. Kemudian pilih Rombel baru dan klik tombol Anggota Rombel.
9. Sebelum memasukan anggota rombel, pada opsi Pendaftaran ubah terlebih dahulu menjadi "Mengulang".


10. Kemudian pilih salah satu dan drag / geser Peserta Didik pada kolom Daftar Peserta Didik yang Belum Masuk Anggota Rombel ke kolom Daftar Anggota Rombel, maka hasilnya seperti gambar berikut :


11. Selesai

Demikian informasi tentang Cara Memindahkan Siswa Dalam Rombel / Tidak Naik Kelas di Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memindahkan Siswa Dalam Rombel / Tidak Naik Kelas di Dapodik Versi 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel