Cara Cek Keaktifan & Cetak NUPTK 2020 Melalui HP atau Laptop

NUPTK Online - Cek keaktifan NUPTK secara online memiliki banyak manfaat, tidak hanya memastikan bahwa NUPTK tersebut aktif dan tercatat pada Database Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), tetapi juga memastikan NUPTK tersebut dan identitas didalamnya adalah benar miliknya.



PDSPK merupakan Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan. Proses pengelolaan data tersebut diantaranya adalah melakukan verifikasi, validasi dan integrasi data melalui VervalPTK, yang salah satunya adalah NUPTK.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan tutorial cara cek keaktifan NUPTK secara online, baik menggunakan HP ataupun menggunakan laptop.


Cek Keaktifan NUPTK 2020 Melalui HP dan Laptop

Langkah-langkah cek keaktifan NUPTK 2020 menggunakan HP atau Laptop atau komputer sebanarnya sama, hanya saja  medianya yang berbeda. Berikut rincian langkah-langkahnya.
1. Silahkan buka Web Browsernya, bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox ataupun lainnya yang mendukung.
2. Kunjungi laman http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status, kemudian akan terbuka laman seperti gambar dibawah ini :



3. Langkah berikutnya, silahkan masukan 16 digit NUPTK dan klik tombol Search seperti ditunjukan pada kotak berwarna merah.
4. Jika dalam proses pencarian NUPTK tersebut data ditemukan, maka akan menampilkan data identitas pemilik NUPTK tersebut, perhatikan gambar dibawah ini :



5. Dari gambar diatas, hasil pencarian NUPTK dengan status NUPTK Aktif dan Terdata di Dapodik.


Cara Cetak NUPTK 2020 Melalui HP atau Laptop

Setelah proses pengecekan keaktifan NUPTK berhasil, langkah selanjutnya adalah mencetak NUPTK tersebut. Perlu diketahui bahwa, sampai saat ini belum ada aplikasi resmi yang digunakan untuk mencetak kartu NUPTK, terutama pada jenjang pendidikan menengah. Sehingga, belum ada contoh bentuk baku dari kartu NUPTK tersebut.

Namun, kita tidak perlu khawatir, hasil pencarian NUPTK tersebut bisa digunakan sebagai bukti fisik yang Absah untuk proses pelaporan data seperti Sertifikasi Guru dan lain sebagainya selama bukti fisik tersebut di sahkan oleh Kepala Sekolah dengan cara ditanda tangani dan di cap basah Satuan Pendidikan tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
1. Setelah hasil pencarian NUPTK berhasil, kita cetak NUPTK tersebut dengan cara tekan tombol CTRL+P pada keyboad atau klik kanan pada layar kemudian pilih cetak. Maka akan keluar halaman seperti gambar dibawah ini :



2. Pada kotak berwarna Merah, kita bisa memilih apakah akan langsung di cetak atau akan disimpan.
3. Jika ingin di cetak, silahkan pilih jenis Printer yang aktif, kemudian klik tombol Cetak.
4. Jika ingin menyimpan, silahkan pilih Simpan Sebagai PDF dan klik tombol Simpan. Maka pencarian NUPTK tersebut akan tersimpan.

Catatan, cara cetak NUPTK tersebut menggunakan browser Google Chrome, jadi kalau menggunakan browser yang lain, kemungkinan akan berbeda hasil. 

Demikian informasi tentang Cek Keaktifan & Cetak NUPTK 2020 Melalui HP atau Laptop yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Keaktifan & Cetak NUPTK 2020 Melalui HP atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel