RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021

RPP 1 Lembar SD - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 
Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1-6 jenjang SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : II / Genap
Materi Pokok : Membaca Teks Pendek dan Menemukan Penggunaan Huruf Kapital
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 35 menit.

1. Tujuan Pembelajaran 

  • Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
  • Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
  • Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
  • Dengan mengamati kata ganti Tuhan, siawa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) yang benar.
  • Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
  • Dengan penugasan, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua dengan benar.


2. Langkah-Langkah Pembelajaran 

A. Kegiatan Pendahuluan 

  • Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)

B. Kegiatan Inti

  • Guru membimbing siswa hingga benar-benar paham dengan cara membaca tanda waktu.

(Critical Thingking and Problem Solving) 
  • Guru memberikan arahan dan motivasi terkait dengan hasil jawaban siswa (Hots).
  • Siswa membaca teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan lafal dan intonasi yang tepat. Guru dapat mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks sehingga siswa dapat menyimpulkan dengan benar.
(Communication) 
  • Guru membimbing siswa tentang aturan penggunaan huruf kapital, terutama penulisan nama “Tuhan” dan pengganti nama “Tuhan”. 
  • Siswa menulis 5 kalimat yang berhubungan dengan penulisan kata ganti “Tuhan”, yaitu Yang Maha Esa, Yang Mahakuasa, Yang Mahabesar, Yang Maha Pengasih, dan Yang Maha Penyayang.
  • Siswa membacakan kalimat yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
(Creativity and Innovation) 
  • Guru menjelaskan tentang tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu hingga siswa benar-benar paham.

(Creativity and Innovation) 
  • Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.

C. Penutup

  • Kerjasama dengan Orang Tua Orang tua membimbing anak dalam menyusun jadwal kegiatan di rumah agar siswa terbiasa disiplin. (Mandiri)


3. Penilaian 

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel