Edaran Pendaftaran Calon Guru Penggerak & Calon Pengajar Praktik Pendidikan Angkatan 2, 3 dan 4 Periode Tahun 2021

Pendaftaran Calon PGP dan Calon Pengajar Praktik PGP Angkatan 2, 3 dan 4 Periode Tahun 2021Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4704/B.B3/GT/2020 Perihal Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021 untuk Angkatan 2, 3, dan 4 Tanggal 15 Oktober 2020 dijelaskan beberapa hal berikut :

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode Kelima Guru Penggerak, Dirjen GTK Kemendikbud Tahun 2020 telah melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) untuk angkatan 1 dengan jumlah sasaran 2.800 orang dari 56 kabupaten/kota untuk jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. 

Selanjutnya, pada tahun 2021 akan dimulai rekrutmen dan pendaftaran untuk angkatan berikutnya. Berkenaan dengan pelaksanaan PGP Tahun 2021 tersebut, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut.
  • Pelaksanaan PGP pada tahun 2021 dibagi dalam 3 angkatan, yaitu angkatan 2, 3, dan 4 dengan jumlah sasaran 13.600 orang calon Guru Penggerak dan 2.788 orang calon Pengajar Praktik Guru Penggerak.
  • Kabupaten/kota yang akan diundang untuk PGP tahun 2021 sejumlah 290 kabupaten/kota pada 33 provinsi. Kabupaten/kota yang belum teralokasikan pada tahun 2020 dan 2021 akan diundang pada rekrutmen PGP tahun 2022.
  • Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan mengikuti proses rekrutmen melalui 2 tahapan seleksi.
  • Informasi proses rekrutmen calon Peserta dan calon Pengajar Praktik PGP dapat dilihat pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.


Rekrutmen dan pendaftaran calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak periode tahun 2021 akan dimulai pada bulan Oktober 2020. Pendidikan Guru Penggerak angkatan 2 akan dilaksanakan pada awal bulan April 2021 yang akan berlangsung selama 9 (sembilan) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh instruktur, fasilitator, dan pengajar praktik (pendamping) Guru Penggerak. PGP tahun 2021 akan dilaksanakan dalam 3 angkatan yaitu angkatan 2, 3, dan 4.

Proses rekrutmen calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan dilakukan melalui tahapan seleksi sebagai berikut.

a. Calon Peserta Guru Penggerak
  • Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata dan esai, serta tes bakat skolastik;
  • Tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.
b. Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak
  • Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, dan esai;
  • Tahap 2 : simulasi mengajar, Studi Kasus, dan wawancara.
Tim rekrutmen calon Peserta dan calon Pengajar Praktik PGP adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

Jadwal Calon PGP


Jadwal Calon Pengajar Praktik PGP


Daftar Kuota Sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2, 3, 4 dapat dilihat secara lengkap dengan mengunduh 
Edaran Pendaftaran Calon Guru Penggerak & Calon Pengajar Praktik Pendidikan Angkatan 2, 3 dan 4 Periode Tahun 2021.

Demikian informasi tentang Edaran Pendaftaran Calon Guru Penggerak & Calon Pengajar Praktik Pendidikan Angkatan 2, 3 dan 4 Periode Tahun 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Edaran Pendaftaran Calon Guru Penggerak & Calon Pengajar Praktik Pendidikan Angkatan 2, 3 dan 4 Periode Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel