Juknis dan POS Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Jawa Timur Tahun 2020

Juknis & POS KSMO Jawa Timur Tahun 2020 - Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Nomor 807 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis dan Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur Tahun 2020 dijelaskan beberapa hal berikut :

Dalam rangka memberikan kesempatan siswa madrasah untuk tetap melakukan kegiatan belajar, berkompetisi dan berprestasi di masa pandemic covid-19 serta meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah terutama dalam bidang sains, agama, dan bahasa, perlu menyelenggarakan kegiatan kompetisi sains madrasah online.


Tujuan Kompetisi Sains Madrasah Online 

Secara umum KSMO Jawa Timur tahun 2020 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Secara khusus tujuan Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama;
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah;
  4. Memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa dan menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia.

Mata Pelajaran Yang Dilombakan


Waktu dan Tempat Pelaksanaan


Bentuk Tes


Penjelasan:
Tes tulis online disesuaikan pada standar Silabus MI, MTs, dan MA khusus untuk sains, tes teori pada Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur.

Tahapan Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah

A. Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan
Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan menjadi tahapan awal seleksi Kompetisi Sains Madrasah di tingkat satuan pendidikan madrasah. Tahapan Kompetisi Sains Madrasah Online ini dimaksudkan untuk menentukan siswa terbaik mewakili masing-masing satuan pendidikan madrasah yang dikirim untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur. Adapun ketentuan dan mekanisme seleksi Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan adalah:
  • Peserta Kompetisi Sains Satuan Pendidikan adalah siswa terbaik di tiap madrasah yang diseleksi melalui satu dari dua cara yaitu pelaksanaan seleksi khusus untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa yang memenuhi persyaratan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur. Penunjukan langsung oleh guru berdasarkan hasil prestasi akademik selama proses pembelajaran di madrasah.
  • Madrasah menyelenggarakan seleksi khusus Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan, penyiapan soal seleksi dan penilaian menjadi tanggung jawab madrasah yang bersangkutan.
  • Siswa terbaik tiap bidang studi akan mewakili madrasahnya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di tingkat nasional.
  • Kepala Madrasah dapat mengirimkan maksimal 3 siswa untuk jenjang MI dan maksimal 5 siswa untuk jenjang MTs dan MA berdasarkan hasil Kompetisi Sains Madrasah tingkat satuan pendidikan tiap bidang studi ke Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur.
  • Biaya kegiatan Kompetisi Sains Madrasah satuan pendidikan dapat dibebankan pada anggaran BOS dari madrasah yang bersangkutan atau sumber lain yang sah.

2. Kompetisi Sains Madrasah Provinsi
Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur merupakan puncak tahapan seleksi Kompetisi Sains Madrasah di tingkat Provinsi yang didahului oleh kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik tiap bidang studi Kompetisi Sains Madrasah yang akan mendapatkan piagam penghargaan.
Adapun ketentuan dalam tahapan Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut:
  • Madrasah dapat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur diikuti maksimal tiga (3) siswa tiap bidang studi dari MI, dan maksimal lima (5) siswa tiap bidang studi untuk jenjang MTs dan MA;
  • Seleksi Kompetisi Sains Madrasah Provinsi dilaksanakan secara serentak menggunakan system online yang disiapkan dan di bawah kendali Panitia Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur berbasis elektronik;
  • Pelaksanaan seleksi secara terpusat di beberapa Titik Pusat Kegiatan (TPK) yang ditetapkan oleh Panitia KSMO Provinsi Jawa Timur dan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.
  • Penilaian soal Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Panitia Kompetisi Sains Madrasah Online Provinsi Jawa Timur dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes;
  • Hasil kompetisi akan selanjutnya dilakukan pemeringkatan tiap kabupaten/kota dan pemeringkatan tingkat Provinsi.
  • Hasil Kompetisi Sains Madrasah Provinsi dipublikasikan di Portal Resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur;
  • Siswa terbaik hasil Kompetisi Sains Madrasah Provinsi Jawa Timur akan diberi hadiah/penghargaan, sedang siswa terbaik tiap kabupaten kota akan diberikan piagam penghargaan.
  • Pembiayaan Kompetisi Sains Madrasah Online dapat bersumber dari DIPA tahun 2020 atau sumber lain yang sah.

Ketentuan Persyaratan Peserta Kompetisi Madrasah Online Jawa Timur.

Peserta Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  • Siswa berkewarganegaraan Indonesia yang terdaftar secara resmi di madrasah yang dibuktikan dengan kartu pelajar dan surat keterangan Kepala Madrasah serta raport terakhir;
  • Siwa MI kelas 4, 5 dan 6; siswa MTs kelas 7, 8 dan 9; dan siswa MA kelas 10, 11 dan 12 pada tahun pelajaran 2020/2021;
  • Setiap siswa yang diusulkan oleh Kepala Madrasah berdasarkan hasil seleksi Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan hanya dapat mengikuti satu kategori bidang lomba;
  • Peserta yang melanggar ketentuan di atas, akan didiskualifikasi secara otomatis oleh system Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur;
  • Pendaftaran Kompetisi Sains Madrasah dilakukan secara daring/online dengan cara mengakses alamat link website: ksmo-jatim.usmart.id

Jumlah Peserta Tiap Madrasah

Setiap madrasah berhak mengirimkan peserta paling banyak untuk setiap jenjang sebagai berikut:


Demikian informasi tentang Juknis dan POS Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Jawa Timur Tahun 2020 yang Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Juknis dan POS Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Jawa Timur Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel