Mengatasi Gagal Registrasi EDS 2020 Covid-19 "Sekolah Tidak Ditemukan..."

Gagal Registrasi PMP 2020 Covid-19 - Tahapan proses mengerjakan PMP 2020 Covid-19 adalah diawali dengan Download dan Install berdasarkan kriteria dan petunjuk yang ada. Pada tahap ini diperlukan literasi terhadap panduan serta wawasan yang cukup menjadi dasar sukses tidaknya proses tersebut.

Apabila proses install selesai, tahapan berikutnya dilanjutkan dengan proses Registrasi. Dimana pada versi saat ini yaitu EDS 2020 Covid-19 terdapat dua metode registrasi antara lain Tarik Data Dapodik ataupun Registrasi dengan Prefill.

Tetapi apabila pada saat proses registrasi gagal dengan keterangan "Proses Registrasi Gagal! Sekolah Tidak Ditemukan! Silahkan Coba Kembali Dengan Memastikan Isian NPSN dan Alamat Dapodik Telah Sesuai!".


Apabila teman-teman menemukan kendala seperti gambar diatas, maka tidak perlu bingung, solusinya adalah cukup mengulangi proses Registrasi EDS 2020 Covid-19 dengan memastikan datanya telah sesuai.

Permasalahan diatas muncul karena isian data saat registrasi salah. Apa saja data yang dibutuhkan? Data yang diperlukan antara lain :
  1. NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  2. Kode Registrasi Dapodik
  3. URL Aplikasi Dapodik


URL Dapodik bisa kita dapatkan dari mana? URL Dapodik adalah alamat untuk membuka Aplikasi Dapodik, jadi URL-nya otomatis akan muncul apabila Aplikasi Dapodik sudah dibuka. URL-nya adalah localhost:5774. 

Bagaimana jika Kode Regisitrasi-nya lupa? Sinau-Thewe.com telah membahas pada artikel Cara Mengatasi Lupa Kode Registrasi Dapodik.

Terus bagaimana jika NPSN juga lupa atau tidak tahu? hahaha masa lupa-lupa terus sih? wakakakaka... Berikut adalah langkah-langkah mencari NPSN :
1. Silahkan kunjungi Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ maka akan terbuka halaman utama seperti gambar berikut :


2. Klik menu Data Master Pendidikan, pada bagian Satuan Pendidikan (NPSN) pilih salah satu Jenjang Pendidikan kemudian akan muncul halaman pencarian seperti gambar berikut :


3. Silahkan ketik nama sekolah yang di cari dan tekan tombol enter maka NPSN Satuan Pendidikan tersebut akan muncul.

Jika ketiga data tersebut sudah disiapkan, silahkan lanjutkan proses Registrasi EDS 2020 Covid-19 kembali. Jangan lupa clear history browser.

Demikian tutorial tentang Mengatasi Gagal Registrasi EDS 2020 Covid-19 "Sekolah Tidak Ditemukan..." yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah tutorial ini. Apabila ingin mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan artikel / informasi / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengatasi Gagal Registrasi EDS 2020 Covid-19 "Sekolah Tidak Ditemukan...""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel