4 Tips / Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2021.b

Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2021.b - Tidak sedikit yang mengalami kendala sulitnya melakukan sinkron atau bahkan gagal sinkron setelah melakukan Pembaruan atau Update Aplikasi Dapodik 2021.b. Hal ini terjadi tidak hanya sekali, tetapi ada yang mengalami sampai puluhan kali.

Jelas membuat lelah tenaga, hati dan pikiran. Tapi hal tersebut tidak mematahkan semangat para pejuang data yaitu Operator Dapodik. Banyak hikmah yang dapat diambil, salah satunya adalah meningkatnya komunikasi antar pejuang data dengan beramai-ramai menyampaikan trouble tersebut pada media sosial.


Dengan harapan bahwa pengembang Aplikasi Dapodik dapat mengetahui dan segera memperbaiki kendala yang ada. Untuk itu, pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan tips atau cara mengatasi gagal sinkron pada Aplikasi Dapodik Versi 2021.b.


3 Tips / Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2021.b



A. Melakukan Hapus Data Penjelajahan / History Browser


Banyaknya data penjelajahan yang tersimpan pada web browser menyebabkan lambatnya akses, baik download maupun upload. Untuk mengatasinya, pengguna diharapkan selalu memanajemen penggunaan web browser secara berkala. Berikut ini adalah cara menghapus history browser pada Google Chrome.
  • Klik tombol CTRL+H.
  • Klik hapus data penjelajahan.
  • Pada opsi rentang waktu, pilih semua.
  • Klik Hapus Data.
  • Setelah selesai, silahkan tutup browsernya.
  • Lanjutkan dengan login kembali di Aplikasi Dapodik dan sinkron.
  • Catatan : untuk web browser lainnya menyesuaikan.


B. Refresh Web dan DB Dapodik


  • Tutup terlebih dahulu Web Browsernya.
  • Klik tombol Start.
  • Ketik dan klik Services, maka akan terbuka seperti gambar berikut :


  • Cari DapodikDB pada daftar Serrvice dan klik kanan pilih Restart.
  • Cari DapodikWebSrv pada daftar Serrvice dan klik kanan pilih Restart.
  • Buka kembali Web Browsernya dan lanjutkan dengan login Dapodik.
  • Silahkan lakukan sinkron.


C. Ganti Koneksi Internet


Tips ke tiga adalah mengganti koneksi internet. Tapi sebelum itu, cek secara fisik modem internet yang digunakan dengan cara dipegang. Apakah suhu modem tersebut "hangat / panas"? Jika iya, silahkan off terlebih dahulu modem tersebut minimal 15 menit. Kemudian nanti dinyalakan lagi.

Suhu yang cukup tinggi pada modem menyebabkan koneksi internet menurun, jadi untuk menstabilkan koneksinya adalah dengan cara tersebut. Jika cara tersebut masih gagal, cobalah dengan tathering dengan HP yang digunakan, cara ini lebih stabil.


D. Lakukan Sinkron di Luar Jam Kerja


Tips yang terakhir adalah, lakukan sinkron Aplikasi Dapodik Versi 2021.b di luar jam kerja, atau di jam banyak orang yang sedang melakukan aktivitas pribadi. Misalnya tengah malam atau pagi hari. Dengan lebih sedikit pengguna yang mencoba sinkron, maka koneksi ke server Dapodik akan lebih terbuka.

Jika menu sinkron tidak muncul, hal tersebut dikarenakan belum di berikan hak akses untuk Kepala Sekolah. Untuk memunculkan menu sinkron, silahkan simak Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah Hilang di Dapodik Versi 2021.b.


Demikian tutorial tentang 4 Tips / Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2021.b yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera di bawah tutorial ini, dan apabila ingin mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan tentang informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tips / Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2021.b"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel