Aplikasi Raport K13 [Excel] Tahun Pelajaran 2020/2021

Aplikasi Raport K13 SMK Semester 1 dan 2 - Bagi Satuan Pendidikan yang akan mengolah nilai Peserta Didik pada Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat menggunakan Aplikasi Electronik Raport atau E-Raport, baik E-Raport untuk Jenjang Pendidikan SD, E-Raport SMP, E-Raport SMA/SMK. Tetapi apabila Satuan Pendidikan belum menggunakan Aplikasi E-Raport, dapat menggunakan alternait lainnya misalnya adalah Aplikasi Raport K13 ini.

Aplikasi Raport ini dikemas dalam bentuk file Excel atau (.xls), jadi bukanlah sebuah software atau program yang harus di instal terlebih dahulu. Tetapi cukup dibuka dan dapat di simpan pada seluruh direktori komputer terutama Flashdisk. Cukup simple kan? 

Isi file ini sudah diatur sedemikian rupa secara otomatis, sehingga memudahkan Guru dalam mengisi identitas serta nilai Peserta Didik pada Semester Gasal dan Genap.




Fitur Aplikasi Raport K13 [Excel] Tahun 2020/2021



Dalam File Raport ini terdiri dari beberapa Sheet yang memiliki fungsi berbeda-beda, antara lain :
A. Data
Pada sheet Data berfungsi untuk menginputkan seluruh identitas Peserta Didik diantaranya adalalah NIS, NISN, Nama, Tempat / Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama dan lain sebagainya.

B. Cover Raport
Fitur ini berfungsi untuk mencetak halaman awal atau Cover Raport dimana didalamnya terdapat identitas Satuan Pendidikan dan identitas Peserta Didik yang berasal dari sheet Data diatas.

C. Petunjuk
Berisi petunjuk penggunaan.

D. Lembar Identitas Peserta Didik.
Digunakan untuk menampilkan secara detail setiap Indentitas Peserta Didik berdasarkan data yang di inputkan pada tab Data.

E. Leger 1
Digunakan untuk menginputkan Nilai Raport yang terdiri dari Nilai Pengetahuan dan Nilai Keterampilan dari seluruh mata pelajaran yang ada. Selain itu, peringkat akan ditentukan secara otomatis, jadi Guru akan lebih mudah memantau perkembangan akademik Peserta Didik. Guru juga dapat memberikan Deskripsi Pengembangan Karakter untuk setiap Peserta Didik pada Semester Gasal.

F. Raport 1 Sementara
Digunakan untuk mencetak file Raport Sementara yang akan dibagikan kepada orang tua atau wali Peserta Didik sebagai laporan perkembangan akademis Peserta Didik tersebut pada Semester Gasal. Data pada sheet ini berdasarkan data dari sheet Leger 1.

G. Raport Asli (Raport 1A, 1B dan 1C)
Fitur ini digunakan untuk mencetak Raport Asli, baik rincian Nilai Akademis, Ekstrakurikuler dan Deskripsi Pengembangan Karakter Semester Gasal. Data pada sheet ini berdasarkan data dari sheet Leger 1.

H. Catatan Siswa 1
Digunakan untuk mengisi Deskripsi Pengembangan Karakter Peserta Didik Semester Gasal. Data pada sheet ini berdasarkan data dari sheet Leger 1.

I. Leger 2
Digunakan untuk menginputkan Nilai Raport yang terdiri dari Nilai Pengetahuan dan Nilai Keterampilan dari seluruh mata pelajaran yang ada. Selain itu, peringkat akan ditentukan secara otomatis, jadi Guru akan lebih mudah memantau perkembangan akademik Peserta Didik. Guru juga dapat memberikan Deskripsi Pengembangan Karakter untuk setiap Peserta Didik pada Semester Genap.

J. Raport 2 Sementara
Digunakan untuk mencetak file Raport Sementara yang akan dibagikan kepada orang tua atau wali Peserta Didik sebagai laporan perkembangan akademis Peserta Didik tersebut pada Semester Genap. Data pada sheet ini berdasarkan data dari sheet Leger 2.

K. Raport Asli (Raport 2A, 2B dan 2C)
Fitur ini digunakan untuk mencetak Raport Asli, baik rincian Nilai Akademis, Ekstrakurikuler dan Deskripsi Pengembangan Karakter Semester Genap. Data pada sheet ini berdasarkan data dari sheet Leger 2.

L. Catatan Siswa 2
Digunakan untuk mengisi Deskripsi Pengembangan Karakter Peserta Didik Semester Gasal. Data pada sheet ini berdasarkan data dari sheet Leger 2.

M. Keterangan Keluar
Sebagai fitur tambahan, Sinau-Thewe.com juga menyediakan bentuk Surat Mutasi yang diberikan oleh Satuan Pendidikan apabila terdapat Peserta Didik yang akan pindah ke Satuan Pendidikan lainnya. Surat Mutasi Juga Dapat Dicetak Melalui Dapodik.


Catatan :
Aplikasi Raport K13 ini digunakan pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk Jenjang Pendidikan lainnya dapat mengolah identitas Mata Pelajaran didalamnya sesuai dengan kebutuhan Satuan Pendidikan.




Demikian informasi tentang Aplikasi Raport K13 [Excel] Tahun 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.


Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share / bagikan ke teman dekat atau keluarga yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia dibawah informasi ini. Dan apabila ingin mendapatkan pemberitahuan / notifikasi tentang informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Aplikasi Raport K13 [Excel] Tahun Pelajaran 2020/2021"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel