Kenali Macam-Macam Metode dan Status Verval Ijazah

Status Verval Ijazah - Pada artikel sebelumnya, Sinau-Thewe.com telah membahas tentang munculnya informasi Hasil Verval Ijazah Belum di Update ke Dapodik. Dan pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan membahas tentang macam-macam metode dan status Verval Ijazah pada laman InfoGTK.

Mengenali dan memahami macam-macam Metode Verval dan Status Verval pada Verval Ijazah adalah hal yang penting bagi PTK. Mengapa demikian? Yang jelas tujuannya adalah untuk mengetahui progres dan memastikan bahwa Verval Ijazah yang dilakukannya telah benar-benar sesuai dan selesai.


Macam-Macam Metode Verval dan Fungsinya



Informasi ini terdapat di menu Status Verval Ijazah S1/D4 pada laman InfoGTK berdasarkan Data Verval Terakhir yang tertera pada kolom Uraian. Dimana disana terdapat dua keterangan Data yaitu Upload dan API.

A. Metode Verval Dengan Keterangan "Upload"

Jika Metode Verval dengan keterangan Data adalah "Upload", hal ini mengindikasikan bahwa PTK telah menyelesaikan tahap upload data berdasarkan hasil Verval Ijazah atau Perbaikan Hasil Verval. Dan hal tersebut akan berbarengan dengan keterangan Status Verval yaitu "Menunggu Proses Pemeriksaan Berkas Oleh Operator Pusat".

B. Metode Verval "API"

API atau Application Programming Interface merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan para developer untuk mengintegrasikan dan mengizinkan dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan untuk saling terhubung satu sama lain. Dua aplikasi tersebut memiliki sumber data yang berbeda yaitu ijazah dari PD Dikti dan Dapodik.

Perhatikan gambar berikut :



Macam-Macam Status Verval dan Fungsinya



Menu ini fungsinya hampir sama dengan Metode Verval, dimana terdapat dua keterangan Data yaitu "Menunggu Proses Pemeriksaan Berkas Oleh Operator Pusat" dan "Verval Selesai".

A. Status Verval "Menunggu Proses Pemeriksaan Berkas Oleh Operator Pusat".

Pada tahap ini, PTK menunggu hasil pemeriksaan oleh Operator Pusat. Apa yang diperiksa? Yang diperiksa adalah kesesuaian data saat memilih identitas Perguruan Tinggi, Program Studi dan lain sebagainya dengan bukti fisik berupa ijazah yang di unggah. Dan PTK hanya cukup memantau perkembangan Verval Ijazahnya pada laman InfoGTK.

B. Status Verval "Verval Selesai".

Jika keterangan Data adalah "Verval Selesai", maka proses Verval Ijazah yang dilakukan oleh PTK sudah dianggap selesai oleh Operator Pusat.

Perhatikan gambar berikut :



Macam-Macam Tombol Verval Ijazah



Terdapat dua tombol yaitu Lihat Hasil Validasi dan Perbaikan Hasil Validasi. Tombol Lihat Hasil Validasi digunakan untuk melihat hasil Verval Ijazah yang dilakukan sebelumnya. Dan hati-hati jika ingin mengklik tombol Perbaikan Hasil Validasi karena tombol tersebut digunakan untuk menghapus data hasil verval dan menggantinya dengan yang baru.

Apabila Metode Verval keterangan Data "API" serta Status Verval keterangan Data "Verval Selesai" tetapi banyak data yang tidak sesuai misalnya Nomor Ijazah Kosong, Tahun Lulus keliru dan lain sebagainya, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Cek data ijazah pada laman CIVIL, PD Dikti dan Forlap dan pastikan data yang ditampilkan telah lengkap dan benar.
  • Lakukan Verval Ijazah ulang.
  • Pastikan data yang ditampilan di InfoGTK telah lengkap dan benar.
  • Jika sudah lengkap, klik simpan, dan apabila belum lengkap, cek kembali di kemudian hari.


Demikian informasi tentang Kenali Macam-Macam Metode dan Status Verval Ijazah yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenali Macam-Macam Metode dan Status Verval Ijazah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel