Cara Mencari Nomor UKG Yang Lupa

Cara Mencari Nomor UKG di SIMPKB Terbaru - Tutorial ini sangat penting bagi Guru, terutama yang lupa akan Nomor UKG miliknya. Nomor UKG / Uji Kompetensi Guru (istilah dulu) yang sekarang telah berganti menjadi Nomor Pre-Test merupakan nomor yang diberikan kepada peserta untuk dapat mengikuti Seleksi PPG / Sertifikasi Guru.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Kemendikbud selalu melakukan pembenahan dan pembaruan terhadap sistem pendataan yang ada, baik data Satuan Pendidikan maupun data GTK. Sehingga memudahkan para Guru untuk memantau atau mengecek data miliknya secara online dengan cara yang sangat mudah. Seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu Cara Mencari Nomor UKG Guru.


Mencari nomor UKG dapat dilakukan menggunakan laman SIMPKB (Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian & Berkelanjutan).

SIM PKB sendiri merupakan sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. PKB pada dasarnya menjadi kendaraan utama dalam upaya membawa para guru pendidik pada perubahan yang diinginkan.


Langkah-Langkah Mencari Nomor UKG Guru



1. Pastikan data Guru yang bersangkutan telah terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Satuan Pendidikan dan pastikan sudah sinkron dengan Dapodik Pusat.

2. Jika Dapodik Satuan Pendidikan belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi Operator Dapodik Satuan Pendidikan. Setelah Dapodik Satuan Pendidikan disinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu minimal 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB.

3. Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan oleh Satuan Pendidikan, silahkan kunjungi laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.

4. Kemudian klik menu Pencarian Data GTK, maka akan keluar tampilan seperti gambar berikut :


5. Masukan Nama GTK, pilih Provinsi dan Kota dimana Guru berada dan klik tombol Cari GTK.


6. Jika data GTK ditemukan, maka akan keluar data seperti gambar berikut :


7. Selamat, Nomor UKG telah ditemukan yang terletak di pojok kanan bawah.

8. Jika Nomor UKG tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan yang pertama adalah terdaftar aktif di Dapodik Satuan Pendidikan. Untuk mendapatkannya, silahkan hubungi Operator Dapodik Satuan Pendidikan agar di inputkan ke Aplikasi Dapodik. Faktor yang kedua adalah isian data dalam pencarian salah, silahkan ulangi langkah diatas.

9. Selesai


Demikian informasi tentang Cara Mencari Nomor UKG Yang Lupa yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencari Nomor UKG Yang Lupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel