Laporan Pengembangan Diri Guru Belajar Pendidikan Inklusif

Laporan Pengembangan Diri Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif - Bagi Bapak / Ibu yang telah mengikuti salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Program Diklat Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif dan telah memperoleh Sertifikat, tentunya langkah selanjutnya adalah Bapak / Ibu menyusun laporan pengembangan diri untuk diajukan supaya memperoleh angka kredit untuk keperluan naik pangkat.

Laporan Kegiatan Diklat Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif berisi rincian kegiatan yang meliputi :
  1. Pendahuluan : Berisi rincian latar belakang dan tujuan.
  2. Rincian Kegiatan : Berisi Nama Kegiatan, Waktu Pelaksanaan, Tujuan Diklat, Isi Materi, Tindak Lanjut, Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dan Penutup.
  3. Bagian Akhir : Berisi Matrik Kegiatan Pengembangan Diri dan Lampiran / Screen Shoot Undangan Diklat Seri Pendidikan Inklusif, Sertifikat Bimtek dan screen shoot Kegiatan Pasca Bimtek.

Agar Laporan tersebut bisa menjadi point tambah Angka Kredit, maka dibuktikan dengan tanda tangan Bapak / Ibu dan disahkan oleh Kepala Satuan Pendidikan. Berikut ini rincian laporannya :




Rincian Kegiatan Pengembangan Diri



Judul : Laporan Kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Nama Kegiatan : “Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif”.
Waktu :
  • Pendaftaran (Angkatan 1: 23 April - 3 Mei 2021)
  • Bimtek (Angkatan 1: 3 - 10 Mei 2021)
  • Pelatihan (Angkatan 1: 19 - 26 Mei 2021).
  • Microlearning (Semua Angkatan 26 Mei - 31 Juli 2021)
  • Pengimbasan (Semua Angkatan 26 Mei - 31 Juli 2021)
  • Tempat : Online (sim-gurubelajar.simpkb.id)
Penyelenggara : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.


Tujuan Diklat



a) Secara umum Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


b) Secara khusus, Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif bertujuan, antara lain:
  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.


Isi/Materi



Secara ringkas, Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif dilaksanakan secara daring dan terbagi menjadi beberapa Angkatan dan serangkaian tahapan pelaksanaan. Masing-masing peserta di setiap angkatan diharapkan dapat menuntaskan kegiatan yang meliputi, diantaranya:

Tahap 1 - Bimtek Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
  • Keberagaman Peserta Didik
  • Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
  • Sistem Layanan Pembelajaran
Tahap 2 - Pelatihan Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
  • Identifikasi
  • Asesmen
  • Planning Matrix
  • Program Pembelajaran Individual
  • Microlearning


Microlearning
  • Mengikuti kegiatan Microlearning setelah menyelesaikan tahap Tahap 1 Bimtek dan 2 Pelatihan.
Pengimbasan
  • Melakukan Pengimbasan AKM dengan mengunggah hasil kegiatan berupa video yang di unggah melalui YouTube dan kemudian dikirimkan melalui link URL yang telah disediakan
Setiap pokok sub materi kegiatan, peserta diwajibkan melaksanakan secara berurutan untuk dapat mengikuti ke tahap selanjutnya.


Tindak Lanjut



Setelah mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif, peserta dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memahami konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus, sehingga guru dapat melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI) pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).



Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru



Setelah memahami karakteristik masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus, sebagai guru sekolah inklusif maka kita perlu untuk memahami juga kebutuhan pembelajaran dari masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghargai keberagaman peserta didik di kelas dan mengembangkan kualitas hidup seluruh peserta didik.


Untuk lebih jelas dan lengkapnya, Bapak Ibu yang memerlukan dapat Unduh Laporan Pengembangan Diri Guru Belajar Pendidikan Inklusif pada tautan berikut :



Demikian informasi tentang Laporan Pengembangan Diri Guru Belajar Pendidikan Inklusif yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Pengembangan Diri Guru Belajar Pendidikan Inklusif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel