Buku Panduan ARKAS Versi 3.2 Tahun 2021

Buku Petunjuk Penggunaan ARKAS Versi 3.02 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (Aplikasi RKAS) adalah sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah / (BOS) di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Manajemen keuangan dapat pula diartikan sebagai tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan pada suatu lembaga pendidikan disegala bidang, baik segi Sarana & Prasarana Pendidikan, Fasilitas Kerja ataupun Kesejahteraan bagi seluruh PTK.


Untuk itu, Satuan Pendidikan perlu biaya yang cukup serta administrasi yang tertib. Salah satu bentuk pendanaan yang diberikan oleh pemerintah kepada Satuan Pendidikan adalah adanya Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh Kepala Sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah.

Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolah terutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalah RKAS.




Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.


Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.


Daftar Pembaruan Aplikasi ARKAS Versi 3.2



1. Perbaikan perubahan sesuai penyaluran tahap 3
2. Perbaikan Bos Afirmasi & Bos Kinerja (bagi yang menerima)
3. Perbaikan urutan No bukti
4. Perbaikan tampilan Aktivasi BKU menumpuk
5. Perubahan Dashboard 2021
6. Perbaikan tutup BKU tidak masuk ke Dinas
7. Penambahan cek barang pada saat membuat kertas kerja
8. Patch BKU Hilang
9. Penambahan report Penggunaan per Bulan
10. Penambahan report Realisasi anggaran
11. Perbaikan nilai uang lebih dari 2 Miliar
12. Optimasi aplikasi


Unduh Buku Panduan ARKAS Versi 3.2 Tahun 2021



Bagi Satuan Pendidikan yang menginginkan Buku Panduan ARKAS Terbaru, silahkan klik tautan berikut :



Demikian informasi tentang Buku Panduan ARKAS Versi 3.2 Tahun 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Panduan ARKAS Versi 3.2 Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel