Cara Daftar Email di SDM Kemdikbud

Langkah-Langkah Verifikasi Email di laman https://sdm.data.kemdikbud.go.idBagi operator satuan Pendidikan yang sudah terdaftar sebagai anggota pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id hendaknya melakukan verifikasi Email agar dapat mengakses berbagai laman verval yang telah disediakan, seperti halnya laman Verval PD, Verval PTK, Verval SP dan sebagainya.

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) merupakan Walidata Kemendikbudristek yang memiliki tugas dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data serta menyebarluaskan data. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pusdatin mengembangkan “Jaringan Pengelola Data Pendidikan” sebagai media komunikasi antar pengelola data pendidikan.




Sehubungan dengan hal tersebut, untuk Operator Dapodik yang sudah melakukan verifikasi pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/, jangan lupa untuk dapat melakukan verifikasi email dan kemudian melakukan pemutakhiran data berupa Update Profil, Update Password, Update Foto Profil, dan Pengajuan Tambah Penugasan (jika Anggota Instansi dari Satuan Pendidikan diberi tugas mengelola data di lebih dari 1 Satuan Pendidikan).

Perlu diketahui bahwa terdapat tiga tahapan utama registrasi akun pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id, yaitu:
1. Pengisian formulir pendaftaran anggota
2. Verifikasi Email oleh pendaftar
3. Persetujuan pengajuan pendaftaran anggota

Hal yang perlu diperhatikan setelah selesai melakukan tahap pertama, jangan lupa untuk melakukan verifikasi email dengan cara membuka tautan yang dikirimkan ke email yang didaftarkan. Jika tidak dilakukan, pengajuan tidak akan masuk daftar antrian persetujuan dan untuk waktu verifikasi email hanya dibatasi 2x24 jam. Jika melewati waktu yang ditentukan maka pengajuan pendaftaran akan secara otomatis dibatalkan dan harus melakukan pendaftaran ulang.


Berikut adalah Langkah-Langkah Verifikasi Email


1. Buka Browser pada laptop dan akses laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/;

2. Klik tombol LOGIN di sebelah kanan atas. Kemudian setelah masuk ke tampilan login, isi username dan password yang sudah diregistrasi sebelumnya, setelah itu klik Login;

3. Tampilan menu setelah berhasil Login. Jika muncul notifikasi Info Pembaruan, silahkan baca terlebih dahulu, kemudian klik tombol TUTUP;

4. Setelah itu klik nama di sebelah kanan atas, kemudian klik menu Profil dan Klik tombol Kirim Verifikasi apabila email yang terdaftar masih silang/centang merah;

5. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi Berhasil! Silahkan cek email beberapa saat untuk lakukan verifikasi email;

6. Cek tautan email verifikasi pada alamat email yang sudah di daftarkan, kemudian klik Verifikasi Email;

7. Jika verifikasi email berhasil, maka akan muncul notifikasi Berhasil! Verifikasi email berhasil;

8. Cek kembali di menu Profil, pastikan email yang terdaftar sudah centang hijau. Jika sudah, maka verifikasi email selesai.


Demikian informasi tentang Cara Daftar Email di SDM Kemdikbud yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar Email di SDM Kemdikbud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel