Buku Siswa & Guru Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Unduh Buku Siswa dan Buku Guru Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka - Mata pelajaran Sejarah kelas XI dalam buku ini mengkaji perkembangan sejarah sejak masa perjumpaan bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa hingga peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Berbagai peristiwa sejarah dalam buku ini disajikan secara kronologis untuk memudahkan peserta didik mempelajarinya. Selain itu, buku ini juga berusaha memperlihatkan dinamika berbagai aspek kehidupan manusia, misalnya ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya (aspek sinkronis) dalam lintasan sejarah.

Melalui buku ini, peserta didik juga diajak untuk memahami kompleksitas kehidupan manusia di masa lalu dengan menelusuri keterkaitan antara peristiwa pada tingkat lokal, nasional, hingga global. Hal ini selaras dengan Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran Sejarah terutama pada Fase F yang mengarahkan peserta didik untuk mampu mengembangkan berbagai konsep dasar sejarah yang telah dipelajari di kelas X untuk mengkaji berbagai peristiwa sejarah secara kritis dan kolaboratif.




Buku ini disusun berdasar kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar dan membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan abad ke-21. Sejarah dalam buku ini berusaha disampaikan secara menarik dan kontekstual.

Harapannya adalah agar peserta didik tidak hanya belajar sejarah karena keterpaksaan, namun karena ketertarikan akan berbagai pengetahuan baru tentang masa lalu yang bisa memberikan inspirasi untuk kehidupan di masa kini dan masa yang akan datang. Secara sederhana, sejarah dalam buku ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran sejarah pada diri peserta didik yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.


Materi Sejarah Kelas 11 Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka


Bab 1 Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia
A. Keterkaitan Sejarah antara Situasi Regional dan Global
B. Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme
C. Dampak Penjajahan di Negara Koloni

Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia
A. Kebangkitan Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)
B. Munculnya Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme
C. Akhir Masa Negara Kolonial Belanda

Bab 3 Di Bawah Tirani Jepang
A. Masuknya Jepang dan Jatuhnya Hindia Belanda
B. Penjajahan Jepang dan Transformasi Pemerintahan di Indonesia
C. Dampak Penjajahan Jepang di Berbagai Bidang
D. Strategi Bangsa Indonesia Menghadapi Tirani Jepang

Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan
A. Kekalahan-Kekalahan Jepang
B. Menuju Proklamasi Kemerdekaan
C. Detik-Detik Proklamasi
D. Sambutan Terhadap Proklamasi Kemerdekaan


Bagi yang memerlukan Buku Sejarah Kurikulum Merdeka Kelas 11 Semester Ganjil dan Genap, silahkan unduh pada tautan berikut :


Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Untuk mata pelajaran lainnya dapat di unduh dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Buku Siswa & Guru Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Siswa & Guru Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel